Sukses

4 Drama Korea Bertema Sejarah yang Diangkat dari Kisah Nyata

Drama Korea bertema sejarah rupanya juga banyak diminat penggemar. Apa sajakah itu?

Liputan6.com, Seoul Drama Korea rupanya tak hanya menceritakan mengenai kisah cinta , keluarga, atau perebutan harta dan kekuasaan, tapi ada juga yang bertema sejarah. Rata-rata, drama tersebut mengambil setting waktu di era Joseon.

Drama bertema sejajarah biasanya disebut Saeguk. Menariknya dari saeguk, tema drama juga mengenai kekuasaan atau legenda yang banyak diminati penonton. Apa saja drama Korea bertema Saeguk yang diangkat dari kisah nyata?

Baca juga:

6 Kebodohan Konyol dalam Drama Korea

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dae Jang Geum (Jewel In The Palace)

Dae Jang Geum (Jewel In The Palace)

Drama ini diperankan oleh Lee Young-ae dan Ji Jin-hee 2003 silam. Drama yang juga dikenal sebagai Jewel in the Palace itu menceritakan mengenai seorang koki wanita istana yang sebatang kara bernama Seo Jang-geum (diperankan Lee young Ae).



Rupanya Seo Jang-geum memiliki keuletan dalam belajar. Ia berusaha keras mempelajari rahasia memasak dan meramu obat-obatan dari Korea untuk menyembuhkan Raja dari berbagai penyakit. Usaha Seo Jang Gaeum membuahkan hasil.



Ia berhasil menjadi dokter kerajaan wanita pertama dari Dinasti Joseon. Hal tersebut adalah sesuatu yang sangat menajkubkan di zaman tersebut. Drama ini diambil dari kisah nyata tabib wanita di zamannya dengan gelar Dae atau yang terhebat.

3 dari 5 halaman

Jang Ok Jung

Jang Ok Jung

Jang Ok Jung diperankan Kim Tae Hee mengisahkan tentang simpanan Raja Sukjong. Cerita dalam drama ini cukup unik karena mengisahkan wanita ambisius yang menjadi duri bagi masyarakat di zamannya, Jang Ok Jung yang juga memiliki sisi positif.



Di sini, Jang Ok Jung diceritakan mengenai kehidupannya yang juga sebagai desainer berbakat dan pembuat kosmetika. Jang Ok Jung yang merebut titel wanita tercantik itu juga disebut sangat modis saat itu.

Padahal, di pikiran masyarakan Jang Ok Jung dikenal sebagai wanita yang haus kekuasaan yang ingin mendapatkan titel Ratu. Ia juga dikabarkan sempat menganiaya putranya--menjadi raja Gyeongjong--hingga tak memiliki keturunan.

Kisah nyata mengenai Jang Ok Jung yang juga disebut sebagai Ratu Jang Hui-bin cukup tragis. Akibat menganiaya putranya yaang kemudian menjadi raja, ia dihukum mati dengan cara diracun 9 November 1701 pada usia 42 tahun.

4 dari 5 halaman

Queen Seondeok

Queen Seondeok

Queen Seondek diperankan oleh Lee Yo-won dan Kim Nam Gil. Cerita tentang perjalanan Ratu Seondeok sepanjang hidupnya yang menyentuh hati mulai dari awal hidupnya hingga akhir hayatnya. Queen Seondeok sebagai penguasa Kerajaan Silla harus menghadapi kenyataan hidup yang pahit.



Queen Seondeok yang di masa remaja bernama Deokman harus berjuang menjalani hidup yang keras. Tiba-tiba, ia mengetahui identitas rahasianya yang ternyata seorang putri yang terbuang.



Lebih mengejutkan lagi, ia harus menghadapi orang yang ingin membunuhnya. Ia pun harus kembali menyembunyikan identitasnya dengan menjadi seorang ksatria.

Queen Seondeok adalah pemimpin wanita di Asia Timur terhebat di zamannya. Di bawah kepemimpinannya dari 632 hingga 647, pemimpin ke 27 Kerajaan Silla itu berhasil mengembangkan kesustraan dan kesenian Silla.

5 dari 5 halaman

The Moon That Embraces the Sun


The Moon That Embraces the Sun

The Moon That Embraces the Sun diperankan Kim Soo-hyun dan Han Ga-in. Cerita dalam drama ini mengenai seorang putri yang hilang. Heo Yeon Woo--diperankan Han ga In--jatuh cinta pada pangeran pada usia 13 tahun. Akhirnya, mereka menikah dengan pesta pernikahan meriah. Sayangnya, itu semua tak bertahan lama.



Heo Yeon Woo akhirnya dipilih menjadi Puteri Mahkota Joseon sampai Ibu Suri membuat rencana keji melawannya. Dengan diam-diam memerintahkan untuk membunuh Heo Yeon Woo. Dengan bantuan dari sihir shaman yang sangat kuat, Yeon Woo berhasil meloloskan diri tapi kehilangan ingatannya. Semua orang percaya kalau dia sudah meninggal, termasuk Pangeran Mahkota Hwon yang sangat kehilangan istrinya.



Delapan tahun kemudian, Yeon Woo kembali ke kerajaannya. Yeon Woo memiliki tujuan untuk mendapatkan kembali apa yang telah dirampas dari dirinya. Takdir rupanya masih menyatukan Yeon Woo dengan Pangeran Hwon. Kisah dalam drama ini disebut-sebut persis dengan Raja Heonjong, Raja ke-24 Dinasti Joseon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.