Sukses

Jadi Personel Super Junior-M, Henry Sempat Kerepotan Beradaptasi

Henry Lau mengungkapkan dirinya sempat kerepotan saat mulai beradaptasi menjadi personel Super Junior-M. Seperti apa ceritanya?

Liputan6.com, Seoul Henry Lau adalah salah seorang personel Super Junior-M, sub-unit Super Junior yang bertugas menghibur penggemar di negara yang menggunakan bahasa Mandarin. Meski begitu, Henry yang berasal dari Tiongkok juga dikenal sebagai bagian dari industri K-Pop.

Wajar saja jika Korea Selatan dianggap negara keduanya. Henry kerap kali harus bulak-balik dari negara asalnya ke Korea Selatan. Henry debut bersama Super Junior-M sejak 2007 silam. Di awal, Henry mengungkapkan dirinya sempat kerepotan saat mulai beradaptasi menjadi personel Super Junior-M, khususnya karena terganjal masalah bahasa.

"Saya pergi ke Korea untuk pertama kali saat debut sebagai penyanyi, Jujur saja, awalnya, saya sama tak bisa bahasa Korea. Saya hanya tahu beberapa kata dalam Hangul, itu juga hanya kata-kata kotor yang tak baik didengar," ujar Henry, dilansir dari Nate, baru-baru ini.

(Henry saat berpose bersama rekan-rekannya di Seuper Junior-M, termasuk Zhoumi yang sama-sama berasal dari Tiongkok)


"Saya juga sempat memiliki kesulitan saat harus beradaptasi dengan budaya Korea, khususnya membedakan jarak antara senior, junior, kakak laki-laki, orang yang lebih muda, dan banyak lagi. Saya sempat mengalami stres hingga deprsesi karena belum bisa memahami semuanya. Tapi, saya berterima kasih kepada orang-orang di sekitar saya yang telah banyak membantu dengan mengajarkan saya banyak hal."

"Akhirnya, saya bisa mempelajari bahasa Korea dengan baik. Saya senang bisa berkomunikasi dan beradaptasi dengan semuanya. Saya akan bekerja lebih keras lagi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini