Menyeramkan, Tempat Paling Berhantu di Jakarta (Part 2)

Oleh Rommy Ramadhan pada 06 Jan 2015, 16:30 WIB
Diperbarui 06 Jan 2015, 16:30 WIB
Hati-hati, Tempat Ini Paling Berhantu di Jakarta (Part 2)
Perbesar
Jakarta sebagai megapolitan juga menyimpan kisah misteri di tiap sudutnya.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah kemegahan gedung-gedung tinggi di Jakarta, ternyata ada sudut-sudut yang dipercaya memiliki aura mistik yang sangat kuat, karena sering muncul penampakan hantu.

Cerita tempat berhantu di Jakarta tersebar dari mulut ke mulut. Bukannya ditakuti, justru tempat tersebut ramai dikunjungi orang yang sekedar ingin tahu atau memang sengaja ingin membuktikan keberadaan hantu di tempat tersebut. 

Kepopuleran tempat berhantu di Jakarta, menggoda para produser mengangkatnya menjadi sebuah film horor. Film horor berlatar belakang kisah nyata ini, ternyata laris di pasaran.

Di mana saja tempat paling berhantu yang melegenda di Jakarta yang diangkat menjadi film? Liputan6.com mencoba memaparkannya secara berseri untuk anda. Dan ini adalah bagian kedua yang merupakan seri terakhir dari tulisan yang dibuat. 

Baca juga:

Hati-hati, Tempat Ini Paling Berhantu di Jakarta (Part 1)

4 Hantu Paling Ditakuti di Film Indonesia

5 Artis yang Meninggal Dalam Kecelakaan Pesawat

Ini Ramalan Tepat Ki Kusumo Selama 2014

Kata Ki Joko Bodo tentang Kondisi Penumpang AirAsia

Ki Joko Bodo: Pesawat Air Asia Masuk Portal Gaib

Lucunya 10 Nama Asli Artis Indonesia

Pengakuan 5 Artis Cantik Soal Masturbasi

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Satu

Hati-hati, Tempat Ini Paling Berhantu di Jakarta (Part 2)
Perbesar
Jakarta sebagai megapolitan juga menyimpan kisah misteri di tiap sudutnya.

1. Mall di Klender, Jakarta Timur

Sebuah pusat perbelanjaan di kawasan Klender, Jakarta Timur disebut angker oleh masyarakat setempat, karena pernah terjadi kematian massal di dalam gedung saat terjadi kerusuhan dan penjarahan 15 Mei 1998. Peristiwa itu dikenal sebagai Tragedi Mei.

Gedung itu terbakar saat penjarahan dan kerusuhan massal terjadi. Padahal saat itu banyak orang di dalamnya.

Berselang berapa hari kemudian, banyak orang yang mengalami peristiwa ganjil saat melintas di sana. Para sopir angkot sering mengangkut penumpang berseragam dan turun tepat di depan pertokoan atau mall tersebut. Padahal saat itu kondisinya gelap gulita. Pusat perbelanjaan itu pun masih kosong. Berapa detik kemudian, para penumpang tersebut telah hilang dari pandangan.

Tim Mitos Urban Liputan6.com pun pernah menyusuri bekas SPBU yang ada di dekat pusat perbelanjaan itu. Tim mengalami beberapa peristiwa aneh yang membuktikan adanya interaksi dengan makhluk gaib. [Videonya lihat di sini]

Cerita-cerita seram tentang mall di Klender ini, diangkat menjadi film bergenre horor berjudul Mall Klender (2014) yang dibintangi Shandy Aulia dan Tasya Kamila.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Dua

Hati-hati, Tempat Ini Paling Berhantu di Jakarta (Part 2)
Perbesar
Jakarta sebagai megapolitan juga menyimpan kisah misteri di tiap sudutnya.

2. Terowong Casablanca

Terowong Casablanca adalah under pass yang berada tepat di bawah Jalan Rasuda Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Tepat di sebelahnya ada TPU Menteng Pulo yang cukup luas. Sebelum terowongan itu di bangun, daerah itu dulu adalah kawasan TPU Menteng Pulo yang disebut-sebut sebagai pemakaman terbesar di Indonesia.

Kabarnya, di Terowongan Casablanca sering muncul penampakan kuntilanak merah. Disebut kuntilanak merah, karena awalnya yang terlihat sosok perempuan cantik mengenakan gaun berwarna merah, namun lama-lama berubah wujud jadi kuntilanak.

Keangkeran tempat itu sangat melegenda, maka dibuatlah film horor berjudul Terowongan Casablanca yang dibintangi Nino Fernandez, Aldi Taher dan Asha Shara.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tiga

Hati-hati, Tempat Ini Paling Berhantu di Jakarta (Part 2)
Perbesar
Jakarta sebagai megapolitan juga menyimpan kisah misteri di tiap sudutnya.

3. TPU Jeruk Purut

TPU Jeruk Purut yang terletak di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan merupakan pemakaman tua yang sudah ada dari zaman Belanda. Dulunya tempat itu adalah hutan alang-alang dan perkebunan.

TPU Jeruk Purut terkenal angker dengan penampakan sosok pria Belanda tanpa kepala. Sosok itu mengenakan baju yang menyerupai pastur. Sehingga masyarakat menyebutnya sebagai Hantu Pastur.

Hantu itu menampakkan diri dengan berjalan perlahan di sepanjang jalan di kuburan itu sambil menenteng kepalanya sendiri yang sudah terpenggal. Sementara tangan satunya lagi membawa lentera. Kadang kemunculannya didampingi seekor anjing berwarna hitam.

Kisah tentang Hantu Pastur ini sempat beredar kencang di era 90-an. Konon untuk dapat melihat hantu ini, harus dalam jumlah ganjil dalam sebuah mobil.

Cerita tentang hantu penunggu TPU Jeruk Purut itu diangkat menjadi film Hantu Jeruk Purut pada 2006.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Empat

Penumpang Membeludak, Stasiun Manggarai Tambah Jalur
Perbesar
Keberadaan jalur rel tambahan tersebut menjadikan Stasiun Manggarai memiliki 14 jalur, Jakarta, Jumat (22/8/2014) (Liputan6.com/Faizal Fanani)

4. Stasiun Manggarai

Stasiun Manggarai termasuk salah satu stasiun besar di Jakarta. Karena di sana juga terdapat depo yang menjadi tempat penampungan gerbong kereta yang terlah rusak karena dimakan usia atau karena kecelakaan. Salah satunya gerbong rusak akibat kecelakaan kereta api di Bintaro pada 1987 silam.

Kabarnya, sering terlihat penampakan anak-anak yang berlarian ataupun bermain di malam hari. Selain itu disebut juga ada penampakan gendoruwo dan wanita misterius.

Melegendanya keangkeran depo di stasiun Manggarai ini, dituangkan dalam film yang berjudul Kereta Setan Manggarai dan Kereta Hantu Manggarai. Keduanya diproduksi pada 2008.

 

 
 
 
Lanjutkan Membaca ↓