Sukses

Indonesia Raih Best National Costume di Miss Supranational 2014

Di ajang Miss Supranational 2014, Estelita Liana menampilkan gaun bertema Burung Enggang khas Kalimantan karya Dynand Fariz.

Liputan6.com, Jakarta Nama Indonesia kembali harum di ajang kontes kecantikan internasional. Putri Indonesia Pariwisata 2014, Estelita Liana memenangi kategori Best National Costume Miss Supranational 2014 yang berlangsung di Polandia.

Lily, sapaan akrabnya, menjadi pemilik kostum nasional terbaik mengalahkan 72 kontestan dari belahan dunia. Perjuangan Lily membawa kostum seberat 14 kilogram itu berbuah manis. Sempat mendapatkan pesaing berat dari Bolivia, namun tema Burung Enggang khas Kalimantan karya Dynand Fariz dianggap lebih berfilosofi.

"Saat saya keluar dan berdiri, semua orang langsung bertepuk tangan. Saya semakin bersemangat, banyak pujiian dari penonton, juri dan kontestan lainnya. Ada kemiripan dengan Bolivia, tapi kita ada cerita di etniknya mulai dari pengambilan bulu burung Enggang yang sudah rontok," ujar Lily di Graha Mustika Ratu, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (11/12/2014).

"Kalau negara lain mungkin kurang membawa sisipan cerita seperti yang kita bawa," lanjutnya.

Diakui Lily, dirinya memang lebih diunggulkan dalam hal kostum nasional dibanding kontestan lain. Bahkan, tak sedikit kontestan pesaingnya yang memuji kostum khas Enggang tersebut. Ditambah lagi, Lily makin menjadikan kostum itu hidup dengan tarian Kalimantan di atas panggung.

"Aku keluar terakhir, karena kostumnya besar. Banyak sih yang bilang dan sudah yakin 'kok kayaknya kamu yang menang', aku percaya saja dan melakukan yang terbaik," ucap Lily.

"Kesannya orang-orang waktu karantina kan aku dikenal ramah, lembut dan tidak pernah marah. Miss Kenya bilang kalau saya senang punya seperti saya yang ramah dan manis, tapi bisa jadi perempuan yang gagah saat pakai national costume," jelas pemilik tinggi 172cm.

Untuk mengungkapkan rasa bangganya, Lily berencana menceritakan perjalanan di ajang Miss Supranational 2014 ini ke dalam sebuah blog. Dia berharap pengalamannya itu dapat menginspirasi generasi muda yang akan datang.

"Penginnya menulis blog semua yang saya alami, Yayasan Putri Indonesia banyak kasih pengalaman yang tidak pernah saya alami sebelumnya. Saya ingin menceritakan itu semua di blog, siapa tahu bisa menginspirasi semuanya," ujar gadis asal Yogyakarta tersebut.



Selain itu, atas prestasinya ini Lily mendapat apresiasi berupa hadiah liburan gratis ke Bali selama dua hari tiga malam.

"Dengan beragam hal yang kita miliki, sudah selayaknya kita dapatkan Best National Costume karena Indonesia satu-satunya negara yang memiliki kekayaan budaya yang hingga 500 etnis. Tentunya kami berbahagia atas prestasi yang sudah ditorehkan Lily, smoga bisa menularkan generasi muda Indonesia untuk bisa berkarya," kata Putri K. Wardani selaku Ketua Pembina Yayasan Putri Indonesia.

"Oh iya, Lily dapat hadiah liburan gratis juga loh. Untuk dua orang ke Bali selama tiga hari dua malam. Untuk refreshing," tutur Putri. (fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini