Sukses

8 Tokoh Kartun Paling Kaya

Siapa sajakah karakter kartun atau animasi yang digambarkan memiliki harta dan kekayaan melimpah?

Liputan6.com, Jakarta Tokoh animasi atau kartun memang fiksi alias tidak ada di dunia nyata. Namun, beberapa karakternya sempat digambarkan memiliki gaya hidup yang menyerupai manusia di dunia nyata pada umumnya.

Dari sekian banyak karakter kartun yang ada, beberapa digambarkan memiliki harta dan kekayaan luar biasa hingga bisa menginspirasi orang-orang di dunia nyata untuk bisa menjadi seperti mereka.

Beberapa tokoh yang digambarkan sebagai sosok kaya tersebut, ada yang berasal dari komik superhero. Namun, terdapat juga yang merupakan karakter dari serial animasi populer.

Tentunya, tidak semua karakter kartun kaya yang memiliki harta melimpah itu berwujud seperti manusia di dunia nyata. Sebagian besar dari mereka bahkan digambarkan sangat komikal dan terinspirasi dari beberapa hewan.

Siapa sajakah mereka? Menurut laman Huffington Post, setidaknya ada delapan nama populer yang hadir sejak lama. Simak daftarnya di halaman berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Bruce Wayne / Batman

Bruce Wayne / Batman

Sosok Bruce Wayne yang juga dikenal sebagai Batman merupakan seorang miliuner kaya yang bisa membeli segala macam kebutuhan termasuk ketika ia memutuskan untuk menjadi sesosok pahlawan yang dijuluki Batman.

Ia bisa mendapatkan semua hal yang diinginkan dengan membeli barang-barang seharga miliaran dollar.

Bruce digambarkan mewarisi perusahaan bernama Wayne Enterprises setelah orang tuanya tewas ditembak perampok. Pihak perusahaan menyediakan semua senjata, mobil, hingga gua kelelawar untuk kebutuhannya sebagai Batman secara diam-diam.

Selain itu, Bruce juga terkenal selalu menghabiskan uangnya di malam hari secara mewah dengan wanita yang diinginkannya.

3 dari 10 halaman

Paman Gober (Scrooge McDuck)

Paman Gober (Scrooge McDuck)

Scrooge McDuck atau yang di Indonesia dikenal sebagai Paman Gober atau Gober Bebek, adalah salah satu karakter bebek paling kaya di cerita kartun Donal Bebek (Donald Duck) karangan Walt Disney.

Dalam kisahnya, Paman Gober Bebek merupakan bebek terkaya di Duckberg (kota Bebek) dan selalu diperlihatkan berenang di brankas raksasa yang diisi dengan banyak uang logam emas.

Karakter Gober Bebek sendiri digambarkan memiliki tabiat kurang baik. Ia terkenal sebagai tokoh yang keras kepala, kikir dan pemarah.

4 dari 10 halaman

C. Montgomery Burns

C. Montgomery Burns

C. Montgomery Burns adalah salah satu tokoh dari karakter serial kartun The Simpsons yang terkenal sangat kaya di Springfield, kota tempat tinggal para tokohnya.

Sosok yang digambarkan sebagai pemilik abadi dari Springfield Nuclear Power Plant (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Springfield) ini, selalu mengabaikan norma-norma sosial yang berlaku.

Montgomery selalu menggunakan kekayaannya untuk memuaskan setiap keinginannya.

5 dari 10 halaman

Cruella de Vil

Cruella de Vil

Diambil dari novel The Hundred and One Dalmatians karya Dodie Smith yang rilis pada 1956, Cruella de Vil merupakan sosok wanita kaya yang berperilaku sebagai tokoh antagonis.

Pada 1961, ia resmi menjadi tokoh kartun dalam film One Hundred and One Dalmatians garapan Disney.

Di dalam ceritanya, ia mengaku tidak bisa hidup tanpa bulu, sehingga Cruella de Vil selalu menghabiskan uangnya untuk melampiaskan hasratnya itu.

Kekayaannya digunakan dalam hal menyusun rencana jahat untuk membuat mantel dari anjing Dalmatian yang selalu digagalkan.

6 dari 10 halaman

Lex Luthor

Lex Luthor

Jika Bruce Wayne adalah miliuner yang menjelma sebagai sosok superhero, maka Lex Luthor merupakan karakter antagonis kaya yang menjadi musuh abadi superhero terkuat di bumi, Superman.

Lex Luthor selalu tampil dengan kepala plontos dan bertindak sebagai CEO dari Lexcorp. Ia juga menemukan jetpack pribadi, menguasai perjalanan waktu, dan sering menanamkan batu Kryptonite di dalam punggungnya.

Ia selalu berusaha untuk menaklukkan Superman dengan berbagai cara yang selalu gagal. Selain itu, Lex juga sering menghabiskan waktunya di dalam penjara.

7 dari 10 halaman

Richie Rich

Richie Rich

Tidak ada yang tak kenal dengan karakter Richie Rich, seorang anak dengan kekayaan melimpah dan menjadi teladan tersendiri bagi anak-anak yang sudah mengenalnya agar bisa menjadi orang kaya setelah dewasa nanti.

Meskipun diperlihatkan sebagai anak dengan harta yang melimpah, namun tetap orang tuanyalah yang menghasilkan uang-uang tersebut.

Ia menyimpan harta berharganya itu di dalam Gunung Richmore yang terdapat pahatan patung raksasa keluarganya.

Richie Rich sendiri awalnya merupakan karakter komik terbitan Harvey yang pertama kali muncul pada tahun 1953. Tabiat Richie sendiri sering digambarkan sebagai sosok yang baik hati dan dermawan.

8 dari 10 halaman

Professor X

Professor X

Salah satu keunggulan Professor X adalah kekuatannya dalam menguasai kekuatan telepati sebagai sesosok mutan. Kekayaan yang ia miliki mengilhaminya untuk mendirikan sekolah khusus mutan, Xavier Institute sekaligus sebagai pemimpin X-Men.

Ia juga menggunakan sebagian besar hartanya untuk membeli alat-alat canggih sekaligus mendanai beberapa program khusus bagi anak-anak mutan yang mengenyam pendidikan di yayasannya itu.

Professor X juga menjadi satu-satunya yang mengetahui lokasi Mind Infinity Gem, yang memungkinkan pemiliknya mengakses pikiran dan mimpi seluruh makhluk hidup.

9 dari 10 halaman

Wile E. Coyote

Wile E. Coyote

Bagi para penggemar kartun, tentunya nama Wile E. Coyote tergolong absurd jika dianggap sebagai salah satu karakter terkaya. Mengingat penampilannya yang urakan dan kerjaannya hanya sekedar ingin menangkap The Road Runner.

Namun Coyote selalu terlihat konsisten membeli produk-produk terbaru buatan ACME yang ditawarkan kepadanya. Dan di setiap episodenya ia bisa memiliki lebih dari satu jenis barang dengan jumlah yang tak terkira.

Banyak pihak yang curiga dan berpikir bahwa kemungkinan besar Coyote memiliki saham di perusahaan alat-alat berat itu.

10 dari 10 halaman

Tokoh Kartun Terkaya Lainnya

Tokoh Kartun Terkaya Lainnya

Selain kedelapan tokoh sebelumnya, terdapat juga karakter kartun lain yang digambarkan sebagai sosok kaya dengan harta melimpah dan mampu melakukan apa saja dengan uangnya.

Salah satu yang cukup terkenal adalah Tony Stark atau Iron Man, karakter superhero buatan Marvel Comics. Fans komik superhero juga mengenal Oliver Queen ciptaan DC Comics yang dikenal sebagai Arrow.

Karakter wanita bernama Veronica Lodge dari cerita Archie juga cukup terkenal di kalangan pecinta kartun. Serial Tiny Toon juga memiliki Montana Max, anak terkaya di Acme Looniversity.

Selain itu, terdapat juga karakter Gomez Addams dari serial The Addams Family serta Rich Texan di dalam kisah The Simpsons. Semuanya sama-sama memiliki keunikan dan peran penting tersendiri. (Rul/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini