Sukses

Penyelenggara Oscar Beri Penghargaan pada Pendiri Studio Ghibli

Liputan6.com, Los Angeles Dewan pimpinan Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), mengumumkan pada Selasa (26/8/2014) lalu, mereka akan memberi penghargaan kepada sutradara dan pendiri Studio Ghibli, Hayao Miyazaki.



Dilansir dari Anime News Network, Kamis (28/8/2014), Miyazaki bakal meraih Penghargaan Kehormatan (Honorary Award) di ajang Governors Awards pada 8 November 2014 mendatang. Governors Awards adalah penghargaan oleh AMPAS, badan penyelenggara Academy Awards atau Oscar. 

Hayao Miyazaki sendiri bakal mendapatkan penghargaan di Governors Awards yang ke-6. Tujuan penghargaan khusus tersebut adalah untuk merayakan prestasi seumur hidup dari pihak yang telah berkontribusi pada industri film.



Piala Oscar dari Penghargaan Kehormatan tersebut, diketahui sebagai simbol untuk menghormati jasa yang luar biasa dalam prestasi seumur hidup, kontribusi luar biasa untuk dunia seni film dan ilmu pengetahuan, serta pelayanan yang memuaskan untuk pihak Academy Awards.

Sebelumnya, pihak AMPAS juga sempat memberi tanda kehormatan kepada Miyazaki atas karyanya di Spirited Away. Ia meraih Piala Oscar untuk Best Animated Film pada 2003.



Pihak Academy Awards juga sempat mengundang Miyazaki untuk bergabung dengan barisan acara pada Juni lalu. Ia juga menerima sedikitnya tiga undangan, namun selalu ditolaknya.

Penulis skenario Jean-Claude Carriere dan aktris Maureen O'Hara juga bakal menerima Penghargaan Kehormatan tersebut.

Kini, Hayao Miyazaki telah pensiun dari bangku sutradara film sejak tahun lalu. Proyek animasi terakhir yang ia arahkan adalah The Wind Rises, sebuah film yang bertempat di era Perang Dunia ke-2.(Rul/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.