Sukses

Once dan Andi /rif Meriahkan Album Indonesia Maharddika

Lagu Indonesia Maharddika merupakan lagu abdi yang termuat dalam album Guruh Gipsi pada 1976.

Liputan6.com, Jakarta Lagu Indonesia Maharddika termasuk dalam kategori lagu abadi yang diciptakan oleh Roni Harahap dan Guruh Sukarnoputra. Lagu hits di album monumental Guruh Gipsy (1976) tersebut, kini hadir kembali dalam format baru.

Indonesia Maharddika kini menjadi nama dari sebuah album kompilasi yang berisikan 10 lagu multi genre seperti jazz, rock, symphonic progressif, hingga progressif metal. Andi /rif dan Once Mekel merupakan dua musisi yang terlibat dalam penggarapan album tersebut.

"Album ini penuh dengan karya yang inovatif dan full unsur musik Indonesia-nya. Jarang ada album yang bagus seperti ini," kata Andi saat ditemui di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Sama seperti Andi /rif, Once juga memuji secara keseluruhan penggarapan album yang berisikan gabungan karya anak muda dengan musisi-musisi senior.

"Semoga album ini bisa kembali mengobati kerinduan para pecinta musik progresif. Album yang kalau saya bilang dibuat dengan totalitas dan musikalitas yang tinggi," papar mantan vokalis Dewa 19 itu.

Tak cuma Andi /rif dan Once yang terlibat dalam penggarapan album tersebut. Sejumlah musisi seperti The KadriJimmo, Van Java, Discus, Cockpit, Vantasma, Marcell, Atmosfera, In Memoriam, Keenan Nasution, Indra Lesmana dan Lilo KLA Project juga masuk dalam kompilasi album tersebut.

Gong di album ini terdengar jelas pada gubahan lagu Indonesia Maharddhika yang dihadirkan kembali di album ini dengan sentuhan kekinian. Kolaborasi apik Iwan Hasan bersama Rick Wakeman, Keenan Nasution, Marcell dan Indra Lesmana, menjadikan lagu abadi itu seperti bergairah kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.