Sukses

Rekor Anime Terlaris Jepang Ditaklukkan Frozen

Liputan6.com, Tokyo Film animasi Frozen garapan Disney, baru saja memecahkan rekor terbaru di Jepang. Kali ini berkaitan dengan penjualan video rumahan yang telah dirilis dalam format DVD dan Blu-ray.

Dilansir dari Anime News Network, Rabu (23/7/2014), penjualan video rumahan Frozen di Jepang telah mencapai angka 1.553.505 kopi pada pekan pertama. Hal ini membuat Frozen mampu melebihi rekor penjualan Blu-ray anime Evangelion: 2.22 You Can (Not) Advance yang hanya mencapai 357 ribu kopi pada pekan pertama.

Menurut perusahaan survey pasar Oricon, penjualan Evangelion: 2.22 secara keseluruhan malah baru mencapai angka 465 ribu kopi. Frozen sendiri merupakan film animasi pertama yang mampu menjual DVD dan Blu-ray sebanyak lebih dari 1,5 juta kopi pada pekan awal perilisan di Jepang.

Selama 12 tahun, rekor penjualan DVD/Blu-ray di Jepang baru dipecahkan oleh anime Spirited Away garapan Studio Ghibli, yaitu sebanyak 1,4 juta kopi di pekan awal penjualan pada 2002 lalu. Bahkan, Frozen juga memecahkan penjualan video tape dan LaserDisc sepanjang 23 tahun di sejarah tangga Oricon.

Tak hanya itu, anime Evangelion: 3.33 You Can (Not) Redo yang videonya dirilis bersamaan dengan Frozen di Jepang pun tak mampu mengalahkan penjualan animasi Disney itu di pekan awal dengan hanya meraih angka 199 ribu kopi.

Di box office Jepang, Frozen sukses meraup pendapatan sebanyak 25 milyar yen atau setara dengan Rp 2,8 trilyun. Frozen pun berhasil menjadi film dengan penjualan box office terbaik di Jepang setelah Spirited Away dan Titanic.

Frozen merupakan adaptasi dongeng milik Hans Christian Andersen berjudul Snow Queen yang dirilis secara serempak pada tanggal 27 November 2013 silam.

Disutradarai oleh Chris Buck dan Jennifer Lee, film animasi 3D ini berhasil meraup angka USD 1,2 milyar dan menempati posisi lima di jajaran film terlaris di dunia, Frozen juga kembali membuat sejarah di Amerika Serikat setelah penjualan soundtracknya melebihi 2,3 juta kopi serta memecahkan rekor yang pernah dipegang The Lion King.(Rul/Feb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini