Sukses

Konflik Palestina, Abimana Imbau Masyarakat Tidak Mudah Tertipu

Bagi Abimana Aryasatya, foto-foto tentang korban di Jalur Gaza di berbagai media sosial, banyak yang palsu.

Liputan6.com, Jakarta Hingga kini Zionis Israel masih terus membombardir jalur Gaza, Palestina. Israel mengklaim dirinya hanya bertahan dari serangan pejuang Hamas. Padahal, selama tiga hari ini sedikitnya 85 jiwa warga sipil melayang dengan sia-sia.

Konflik itu juga ditanggapi negatif oleh Abimana Aryasatya. Pemain film 99 Cahaya di Langit Eropa ini memprediksi konflik Palestina-Israel akan sulit berakhir dalam waktu dekat.

"Ini konflik yang nggak pernah berakhir ya, paling saya baru bisa membantu materi dan doa saja," kata Abimana di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (10/7/2014).

Selain itu, Abimana mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan gambar-gambar yang beredar di media sosial. Pasalnya, terkadang gambar yang mengatasnamakan korban justru diambil dari foto yang keliru.

"Kalau ada gambar-gambar dari media sosial mengenai korban, saya lebih memilih mengecek langsung kebenarannya. Karena kebanyakan yang ada di media sosial itu tidak sepenuhnya benar," paparnya.

Biasanya untuk membuktikan kebenaran tersebut, cowok bernama asli Robertino ini mengeceknya dari laman berita resmi. Pasalnya, Abi mengaku pernah tertipu ketika mendapat sebuah informasi dari media sosial.

"Kami harus dapat berita resminya dulu dari media yang benar. Karena saya pernah dapat, foto teman di Jogja dibilangnya meninggal, fotonnya beredar, dan ternyata itu editan," ujar Abi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini