Sukses

Idris Sardi dan Kisah Wanita yang Pernah Dinikahinya

Idris Sardi pernah menikah dengan Zerlita, Marini dan Ratih Putri.

Liputan6.com, Jakarta Maestro biola Idris Sardi diketahui pernah menikah sebanyak tiga kali. Pernikahan pertamanya dilakukan dengan seorang wanita bernama Zerlita. Dari pernikahan ini lahir 3 orang di antaranya Santi Sardi dan Lukman Sardi. Keduanya memang dikenal sebagai aktor dan aktris Indonesia.

Namun sayangnya, pernikahan ini harus kandas di tengah jalan saat Lukman dan Santi masih kecil dan duduk di sekolah dasar. Perceraian Idris Sardi dan Zerlita ternyata pernah memengaruhi mental Lukman Sardi. Lukman sering menyendiri dan memendam perasaan padahal waktu itu dirinya masih kelas 4 sekolah dasar. Hal ini dipicu oleh seringnya dia dibuntuti oleh wartawan yang ingin mendapatkan informasi tentang perceraian kedua orangtuanya.

Lukman sendiri menceritakan jika antara ayah dan ibunya memang sudah lama memiliki konflik. Namun, Lukman sendiri tidak mengetahui mengenai persoalan rumahtangga keduanya.

"Aku hanya tahu, tiba-tiba saja aku, kakak, adik dan ayah pergi dari rumah. Kala itu, aku duduk di kelas 4 SD. Ayah mengajak kami pergi ke rumah nenek. Pakaianku pun ikut dibawa. Aku pikir cuma menginap biasa. Belakangan aku baru tahu, kalau ayah dan ibuku bercerai," ujar Lukman mengenang.

Cerai dengan Zerlita, Idris kemudian menikah dengan Soemarini Soerjosoemarno atau dikenal dengan Marini. Pernikahan dengan Marini yang seorang janda membawa lima orang anak, salah satu di antaranya adalah artis Shelomita.

"Kami tinggal bersama sebagai keluarga besar. Hubunganku dengan Mama Marini dan kelima saudara tiriku sangat baik. Mama Marini menganggapku sebagai anaknya sendiri. Kami merasa cocok satu sama lain," kata Lukman.

Namun sayangnya pernikahan Idris dan Marini juga harus kandas. Keduanya memutuskan bercerai di usia yang tak lagi muda. Bagi Marini, sosok mantan suaminya itu memang terbilang perfeksionis.

Penyanyi yang tenar di era 1970-an ini mengaku terakhir bertemu dengan sang maestro sekitar sebulan yang lalu. Dalam pertemuan tersebut, ada momen yang sangat indah ketika Marini dan Idris saling meminta maaf dan mengenang masa lalu sebagai pengalaman hidup berharga.

Setelah bercerai dengan Marini, Idris sempat diprediksi akan meninggalkan hingar bingar dunia musik yang sudah membesarkan namanya. Namun, secara diam-diam, Idris diketahui sudah menikah lagi dengan wanita benama Ratih Putri yang berbeda usia sekitar 30 tahun.

Pertemuan antara dua insan ini berawal saat Idris bertamu ke rumah seorang kawannya. Putri yang kebetulan juga berada di sana terpesona gesekan biola sang maestro. Hubungan pun berlanjut lewat telepon, mulai dari membicarakan komposisi yang telah diciptakan Idris sampai akhirnya ke masalah pribadi.

Dan tak perlu menunggu lama, tepatnya tiga pekan setelah berkenalan, keduanya memutuskan untuk naik pelaminan. "Mungkin dia melihat saya dari jeleknya. Soalnya yang cakep kan banyak," canda Idris. Sementara buat sang istri, perbedaan usia bukan kendala. "Yang penting saya happy," ungkap dia.

Rupanya, daun muda berambut panjang itulah yang membakar kembali semangat Idris memainkan nada-nada. Lagipula, kata Idris, dia memang tak pernah berniat bercerai dari musik. Motonya saja "Hidup dengan musik". "Karena dengan itulah saya melihat kehidupan ini," ungkap Idris.

Sepeninggal Idris, Ratih Putri yang menemani Idris Sardi selama 16 tahun hingga akhir hayatnya mengatakan, Idris Sardi adalah sosok suami yang penyayang dan bertanggung jawab.

"Dia suami yang baik, dia selalu mengajarkan saya untuk positive thinking dan memaafkan orang lain. Di balik sikapnya yang keras, dia penyayang, dan bertanggung jawab," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.