Sukses

2 Penulis Naskah Ini Berjaya di Piala Oscar 2014

Tersebutlah dua nama penulis yang berhasil mengangkat tropi Oscar 2014 ke dalam genggamannya. Mereka adalah Spike Jonze dan John Ridley.

Liputan6.com, Los Angeles, Amerika Serikat Dalam ajang Academy Awards ke-86, banyak nominator yang menanti piala Oscar 2014 berada di dalam genggamannya. Beberapa diantaranya adalah kategori Best Writing untuk Original Screenplay dan Best Writing untuk Adapted Screenplay.

Kategori Original Screenplay merupakan buah tulisan yang berasal dari ide asli para penulisnya. Sementara itu, Adapted Screenplay menantang para penulis naskah untuk menggarap ulang kisah nyata ataupun cerita dari buku yang sudah ada sebelumnya.

Setelah ajang paling bergengsi ini bergulir di Los Angeles California, maka tersebutlah dua nama penulis yang berhasil mengangkat trofi Oscar 2014 ke dalam genggamannya. Mereka adalah Spike Jonze dan John Ridley.

Spike Jonze sukses memenangkan kategori Best Writing - Original Screenplay berkat film drama fiksi ilmiah Her. Spike sukses mengalahkan Eric Warren Singer dan David O. Russell (American Hustle), Woody Allen (Blue Jasmine), Craig Borten dan Melisa Wallack (Dallas Buyers Club), serta Bob Nelson (Nebraska).

Sebelumnya, Spike Jonze sukses menghasilkan cerita yang unik dalam film Being John Malkovich pada 1999. Ia kemudian menggarap kisah dalam film komedi Adaptation dan film fantasi Where the Wild Things Are.

Sementara itu, John Ridley yang berhasil memukau penonton lewat kisah garapannya di 12 Years a Slave, sukses meraup kategori Best Writing - Adapted Screenplay. John menaklukkan trio Richard Linklater, Julie Delpy, dan Ethan Hawke (Before Midnight), Billy Ray (Captain Phillips), duet Steve Coogan dan Jeff Pope (Philomena), serta Terence Winter (The Wolf of Wall Street).

John Ridley pernah menyita perhatian berkat penggarapan cerita dalam film bertema perang Three Kings yang meraih beberapa nominasi. Ia juga pernah menulis untuk film komedi Undercover Brother.

Film 12 Years a Slave tak hanya mensukseskan John Ridley sebagai penulis seorang. Aktris Lupita Nyong'o juga merasakan bagaimana indahnya menggenggam Piala Oscar. Bahkan, 12 Years a Slave turut membuat seluruh kru film bersorak setelah kategori Best Picture jatuh ke dalam drama bertema perbudakan satu ini.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini