Sukses

Elga Kharisma Jadi Tumpuan Raih Medali Emas di SEA Games 2017

Pembalap BMX putri Elga Kharisma Novanda performanya terus meningkat jelang SEA Games 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap BMX putri Elga Kharisma Novanda akan menjadi tumpuan tim balap sepeda Indonesia untuk mendulang medali pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, 19-30 Agustus. Ini mengingat performa atlet asal Malang ini terus meningkat.

Manajer Timnas Balap Sepeda Indonesia Budi Saputra mengatakan, cabang olahraga BMX selama ini konsisten menyumbang medali emas di SEA Games. Karena itu, peluang yang ada harus dimanfaatkan dengan baik meski persaingan akan berlangsung ketat.

"Ya, Elga kami harapkan dalam performa terbaik dan mampu menyumbang medali emas untuk Indonesia," kata Budi di Jakarta, baru-baru ini, seperti dinukil dari Antara.

Menurut dia, saat ini pebalap BMX putra maupun putri terus digembleng dalam pemusatan latihan di Banyuwangi Jawa Timur. Bahkan, pembalap andalan Indonesia ini juga telah beberapa kali ikut ujicoba internasional yang hasilnya pantas dibanggakan.

Untuk sektor putri, Elga Kharisma Novanda yang merupakan peraih emas SEA Games 2013 itu akan didampingi oleh pembalap asal Jawa Barat, Cup Novianti. Sedangkan disektor putra ada nama yang sudah asing lagi, yaitu Rio Akbar dan I Gusti Bagus Saputra.

"Kami akui persaingan bakal ketat, tapi kita harus optimistis pembalap kita bakal meraih hasil yang terbaik. Makanya kami terus memantau perkembangan semua atlet balap sepeda yang bakal dikirim," kata Budi menambahkan.

Selain dari BMX, Indonesia memang berpeluang untuk mengejar medali dari nomor road race putra-putri maupun track putra dan putri. Hanya saja, dari nomor tersebut persaingannya dinilai bakal lebih ketat karena negara lain, termasuk tuan rumah fokus di nomor tersebut.

Untuk road race putra, Indonesia akan mengandalkan pebalap yang sudah tidak asing lagi, seperti Aiman Cahyadi hingga Robin Manullang yang merupakan peraih medali emas ITT SEA Games 2015 Singapura. Sedangkan sektor putri ada Yanti Fuchiyanti.

Sedangkan untuk nomor track, Indonesia akan menurunkan pembalap senior Uyun Muzizah dan Santia Tri Kusuma. Di putra, ada nama Puguh Ahmadi yang sebelumnya merupakan pembalap BMX, namun saat ini hijrah ke lintasan track.

"Track, kita harus berusaha dengan maksimal. Bukan berat. Tapi persaingan akan jauh lebih ketat. Apalagi tuan rumah Malaysia memiliki pembalap-pembalap handal," ucap Budi.

Pembalap track asal Malaysia yang saat ini sedang naik daun adalah Fatehah Mustapa untuk sektor putri hingga juara dunia keirin, Azizulhasni Awang. Bisa dipastikan keduanya bakal menjadi batu sandungan bagi peserta balap sepeda nomor track.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.