Sukses

[MARKET UPDATE] Minim Sentimen, Apa IHSG Berpotensi Naik?

Saat ini belum ada katalis baru untuk menggerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sehingga ada potensi rawan aksi ambil untung.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil ditutup menguat 47 poin ke level 4646 pada akhir pekan lalu. Dalam sepekan, IHSG mampu menguat 3%. Hal itu dipicu dari aksi beli investor asing.

Total nilai aksi beli asing mencapai Rp 4,4 triliun pada pekan lalu. Kepercayaan diri investor asing dipicu dari rilis data ekonomi Indonesia yang membaik. Defisit transaksi berjalan turun menjadi 1,9% pada kuartal IV 2013.

Sektor saham keuangan pun mampu bergerak ceria pada pekan ini. Sejumlah rilis laporan keuangan emiten bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang melebihi harapan pelaku pasar memberikan kepercayaan diri terutama investor asing.

Pada pekan ini belum ada katalis baru terutama data ekonomi Indonesia. Selain itu, emiten pun diproyeksikan masih sedikit yang menyampaikan laporan keuangan.

Dengan kondisi tersebut, bagaimana proyeksi pergerakan IHSG selama sepekan? Apakah IHSG mampu kembali melanjutkan penguatannya? Sektor saham apa yang dapat dicermati oleh pelaku pasar? Berikut wawancara Liputan6.com dengan Research Analyst PT Buana Capital Alfred Nainggolan: (Ahm)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.