Sukses

Capital Nusantara Cari Utang Buat Beli Kapal US$ 6 Juta

Capitol Nusantara saat ini telah memiliki 60 unit kapal dari berbagai tipe.

PT Capitol Nusantara Indonesia Tbk (CANI) menjajaki pinjaman bank dengan Bank Mandiri untuk membiayai pembelian kapal senilai US$ 6 juta.

Komisaris PT Capitol Nusantara Indonesia Tbk, Yanuar Wijaya menuturkan, perseroan akan membeli satu kapal AHTS senilai US$ 6 juta. Dana pembelian kapal itu berasal dari penawaran saham perdana dan pinjaman bank. Perseroan pun telah memperoleh dana sebesar Rp 41 miliar dari hasil penawaran saham perdana.

"Kami akan mendatangkan satu kapal pada Juni-Juli 2014. Satu kapal senilai US$ 6 juta. Kami juga akan mencari dana dari bank untuk pembelian kapal, saat ini kami sudah melakukan pembicaraan dengan Bank Mandiri," ujar Yanuar saat ditemui wartawan di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (16/1/2014).

Saat ini, perseroan memiliki 60 unit kapal terdiri dari 27 unit kapal tunda, 5 unit kalal AHT, 26 unit kapal tongkang, dan 2 unit floating crane.

Perseroan juga mengharapkan pendapatan sekitar US$ 10-US$15 juta untuk periode Juni 2013-Juli 2014.

"Buku laporan keuangan perseroan berbeda dengan perusahaan lain. Laporan keuangan kami periode Juni 2013-Juli 2014 dengan semester pertama pendapatannya US$ 7,8 juta dan laba kotor US$ 807 ribu, tutur Sekretaris Perusahaan PT Capitol Nusantara Tbk Ridwan Kosasi.

Adapun kontribusi pendapatan perseroan saat ini diperoleh dari kegiatan bisnis sewa kapal sebesar 83%, pengangkutan sebesar 15%, dan jasa keagenan sebesar 2%.

Perseroan juga meningkatkan kinerja dengan melakukan ekspansi atas armada dengan memasukkan beberapa kapal untuk mendukung operasional offshore. Selain itu mengoptimalkan pemasaran dengan menyediakan kapal yang mampu memenuhi berbagai fungsi sesuai kebutuhan penyewa.

Perseroan menawarkan 208, 36 juta saham dengan nilai nominal Rp 100. Harga penawaran Rp 200 per saham. Total dana yang diraih dari hasil penawaran saham perdana Rp 41,67 miliar.

Yanuar mengakui, jumlah saham yang ditawarkan ke publik masih kecil. Meski demikian, perseroan mengharapkan dengan menjadi perusahaan terbuka dapat meningkatkan nilai tambah dan mendapatkan kepercayaan tinggi dari calon pelanggan.(Ahm/Shd)

Baca Juga

Debut Perdana, Saham Capital Naik 20 Poin

Tiga Emiten Kompak Catatkan Saham Perdana Hari Ini

Harga Perdana Capitol Nusantara Ditetapkan Rp 200 per Saham

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini