Sukses

Mimpi Dirut BEI Tingkatkan Jumlah Investor di Pasar Modal

Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menginginkan jumlah investor di pasar modal dapat meningkat mencapai 2 juta orang.

Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI)  menginginkan jumlah investor di pasar modal dapat meningkat hingga mencapai 2 juta orang.

"Saya mimpi bisa meningkatkan jumlah investor hingga 2 juta orang. Adapun mimpi saya ingin saya tingkatkan, sehingga mimpi itu bisa dicapai dan diraih sebaik mungkin," ujar Direktur Utama BEI, Ito usai penutupan perdagangan bursa di BEI, Jakarta, Senin (30/12/2013).

Ito menjelaskan, peningkatkan jumlah investor memiliki tujuan yang baik bagi kinerja pasar modal Indonesia. Dengan jumlah investor bertambah maka  jumlah kapitalisasi pasar dan transaksi harian di bursa lebih meningkat untuk kedepannya jika dibandingkan perolehan di tahun-tahun sebelumnya.

Dalam meningkatkan jumlah investor, Ito memiliki cara yang khusus, seperti menjalankan sosialisasi dan pemberian edukasi bagi masyarakat banyak. Hal itu dilakukan agar banyak masyarakat yang ingin menjalankan investasi di pasar modal Indonesia, khususnya kalangan mahasiswa yang masih punya kemampuan dan bakat yang tinggi untuk bermain investasi di bursa.

"Kami sosialisasi terus menerus dan edukasi kita terus sebar, khususnya untuk mahasiswa yang punya potensi tinggi," ujar Ito

Ia menjelaskan, saat ini jumlah investasi pasar modal sudah mengalami peningkatan sebesar 13,54% menjadi 408.011 orang menjelang akhir tahun ini, dari perolehan jumlah investor di tahun sebelumnya yang hanya mencapai 259.354 orang.

Jumlah investor yang sudah ada saat ini di pasar modal Indonesia kebanyakan didatangkan dari pemain saham, obligasi dan reksadana. "Dari rata-rata jumlah investor tersebar ketiga sektor tersebut baik saham, obligasi dan reksadana,"  ujar Ito. (Fik/Ahm)

Baca Juga:

Gaet Investor, OJK Bantu Promosikan Reksa Dana

Hanya 3,79% Penduduk RI yang Melek Pasar Modal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.