Operasional Pemerintah AS Berhenti, Jaminan Sosial Tetap Aman

Oleh Liputan6 pada 02 Okt 2013, 12:05 WIB
Diperbarui 02 Okt 2013, 12:05 WIB
dollar-131002b.jpg
Perbesar
Penghentian operasional sementara pemerintah federal Amerika Serikat memaksa 800 ribu pekerja Federal berhenti kerja.

Selain itu, penghentian operasional sementara pemerintah federal Amerika Serikat yang dikenal dengan shutdown Amerika Serikat membuat beberapa layanan federal tidak penting dan program lainnya ditangguhkan. Demikian mengutip dari CNBC, Rabu (2/10/2013).

Dengan langkah tersebut, militer akan dibayar di bawah undang-undang yang disetujui Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Akan tetapi pemerintah menutup situs lembaga.

Lalu layanan pos akan terus beroperasi, dan pemerintah akan terus membayar tunjangan jaminan sosial dan biaya kesehatan untuk dokter tepat waktu.

Lalu kenapa shutdown ini dapat terjadi? Kongres seharusnya dapat meluluskan anggaran setiap tahun melalui beberapa tagihan belanja untuk berbagai instansi pemerintah sebelum akhir tahun fiskal yang berakhir 30 September. Hingga batas waktu belum dapat ditemukan kesepakatan antara Kongres dan Senat. Apalagi terkait dengan rancangan undang-undang kesehatan baru.

Meski pun fungsi pemerintah ada yang sementara tutup dan, sementara lainnya tetap. Penghentian operasional sementara pemerintah Amerika Serikat bukan pertama kali terjadi. Pada 1976, penghentian operasional sementara pemerintah Amerika Serikat pernah dilakukan. Hal itu dilakukan karena kekurangan dana. (Amh/Igw)

Tag Terkait