Sukses

[VIDEO] Ulasan Pasar: IHSG Ceria Sambut Miliaran Dana Asing

"Pekan ini investor asing cukup banyak setelah sebelumnya melakukan aksi jual, sudah 2 hari mereka melakukan pembelian masif,"

Menguat lebih dari 100 poin di awal pekan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) rontok di sisa perdagangan jelang akhir pekan. Beruntung, indeks sepekan ini masih bisa bertahan di zona hijau tepatnya di level 4.375.

"Pekan ini investor asing cukup banyak setelah sebelumnya melakukan aksi jual, sudah 2 hari mereka melakukan pembelian masiv," kata Research Analyst PT Panin Sekuritas Tbk, Purwoko Sartono dalam wawancaranya dengan Liputan6.com.

Menguatnya indeks di awal pekan terbantu posisi cadangan devisa Indonesia akhir Agustus 2013 yang secara mengejutkan bertambah. Kabar positif itupun membuat asing cukup percaya diri kembali memborong saham di bursa efek Indonesia.

Sayang, pelemahan rupiah di pertengahan pekan serta tappering The Fed, membuyarkan lompatan IHSG di awal pekan tersebut. Tekanan makin kuat setelah pemodal mencoba mencari untung dari penguatan indeks.

Apa sebetulnya pemicu utama kenaikan IHSG pekan ini, apa saham yang menjadi pilihan pelaku pasar? Berikut video wawancara Liputan6.com dengan Head of Research Universal Broker Indonesia,  Purwoko Sartono:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.