Sukses

IHSG Terperosok, Kinerja Emiten RI Lebih Baik dari Thailand

OJK mengklaim kinerja emiten di Indonesia masih menunjukkan kemajuan lebih baik dibandingkan emiten lain di bursa saham regional

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengklaim kinerja perusahaan terbuka (emiten) di Indonesia masih menunjukkan kemajuan lebih baik dibandingkan emiten lain di bursa saham regional. Hal ini seiring dengan perkiraan adanya perbaikan kondisi ekonomi di semester II 2013.

"Kinerja emiten di bursa saham Indonesia masih baik sampai dengan periode semester I ini, bahkan lebih baik bila dibanding kinerja emiten-emiten yang terdaftar di pasar modal Thailand, Filipina dan bursa saham lain," cetus Kepala Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad di Jakarta, Rabu (21/8/2013) malam.

Pencapaian ini, menurut dia, berkat modal jaminan aset (underline asset) yang memiliki kualitas lebih baik. Dia melanjutkan, pihaknya sangat memahami perasaan para pelaku bisnis di industri keuangan yang masih memancarkan sikap optimistis bahwa pasar akan membaik.

"Optimistis kami dan pelaku usaha masih sangat besar bahwa kinerja industri keuangan bisa bangkit lagi, terutama sejalan dengan prediksi kuartal III dan IV 2013 yang memungkinkan beberapa indikator mengalami perbaikan," terangnya.

Dikatakan Muliaman, perbaikan ini akan memberikan ruang memadai bagi indeks agar kembali terangkat, mengingat pergerakkan pasar terpengaruh oleh beberapa indikator ekonomi maupun sentimen domestik lain.

"Pengawasan perlu kami tingkatkan. Jangan sampai ada yang memanfaatkan, sehingga bisa memperburuk suasana. Jadi masih ada harapan pada industri keuangan tanah air," pungkas dia. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini