Sukses

[VIDEO] Meneropong Gerak IHSG Usai Istirahat Panjang Lebaran

IHSG jelang Lebaran bergerak positif meski pelaku pasar memasang posisi aman. Bagaimana gerak IHSG usai libur panjang kali ini?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepekan jelang libur panjang Lebaran melemah 18,09 poin (0,39%). Meski turun, pelemahan yang terjadi pada bursa saham domestik masih lebih baik dibandingkan pekan sebelumnya.

Mengawali perdagangan Senin (12/8/2013) IHSG tampaknya disenggol oleh sejumlah sentimen negatif dari bursa regional. Alhasil, indeks pun dibuka melemah 45,55 poin (0,94%) ke level 4.597,22.

Kepala Riset Trust Securities, Reza Priyambada dalam wawancara dengan Liputan6.com, menilai pergerakan IHSG usai Lebaran biasanya bergerak positif. Hal ini tak terlepas dari pengamatan dalam beberapa tahun terakhir tepatnya 2008-2012.

"Namun itupun juga harus dikonfirmasi dengan adanya sentimen positif dari pasar," katanya.

Dalam sepekan ke depan, Reza memperkirakan indeks akan sedikit tersengat dengan munculnya sentimen internal khususnya dari pengumuman BI rate. IHSG juga akan dipengaruhi masih adanya laporan keuangan sejumlah emiten.

"Kalau kami melihat kemungkinan BI akan menaikkan BI rate itu pasti," ujar Reza.

Lalu sektor saham apa saja yang bakal menjanjikan usai libur Lebaran kali ini? Akankah pengaruh BI Rate kali ini cukup berat bagi pelaku pasar?

Berikut adalah video wawancara Liputan6.com dengan Reza Priyambada:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini