Sukses

[VIDEO] Ulasan Saham Juli 2013: Pasar Modal RI Tertekan AS

IHSG jelang libur Lebaran berakhir di zona hijau dengan menguat ke level 4.640. Sayangnya sepanjang Juli 2013, IHSG justru melemah. Ada apa?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menutup perdagangan jelang libur panjang Lebaran dengan ceria. Indeks tercatat menguat 16,44 poin (0,36%) ke level 4.640,78. Meski berakhir positif, indeks sepanjang Juli 2013 justru bergerak negatif.

Pergerakan indeks selama Juli 2013, juga diwarnai transaksi perdagangan yang berlangsung di Bulan Puasa. Seperti tahun-tahun sebelumnya, aktivitas pasar modal senantiasa sepi di bulan tersebut. Hal ini terlihat dari kecilnya volume transaksi perdagangan saham.

"Sebenarnya kalau kita lihat pergerakan IHSG selama sepekan itu kan banyak sentimen yang variatif baik itu dari eksternal maupun internal," kata Kepala Riset Trust Securities, Reza Priyambada dalam perbincangan dengan Liputan6.com.

Reza menjelaskan, pergerakan indeks sepanjang Juli 2012 penuh dengan sentimen yang datang baik dari eksternal maupun internal. Kedua sentimen tersebut memberikan porsi tekanan yang sama pada perdagangan saham nasional.

Akibatnya pergerakan IHSG menjadi variatif dan hanya meninggalkan satu sektor saham yang menjadi primadona pelaku pasar.

Bagaimana sebetulnya kondisi perdagangan saham sepanjang Juli 2013? mengapa perdagangan saham masih saja sepi di Bulan Puasa ini. Berikut di bawah ini adalah video wawancara Liputan6.com dengan Reza Priyambada:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.