Sukses

Cerita Kaesang Pangarep Raup Untung 2.300 Persen dari Saham Bank Digital

Kaesang Pangarep mengatakan saat membeli saham juga menganalisis secara fundamental sehingga mempertimbangkan keuangan dan prospek perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep juga dikenal sebagai investor saham. Dari pengalaman Kaesang Pangarep membeli saham pernah mendapatkan untung hingga ribuan persen.Kaesang menceritakan mendapatkan untung 2.300 persen dari saham bank digital. Ia membeli saham bank digital tersebut pada 2021.

"Dulu bank digital,IPO di 2021 sekitar Januari-Februari, satu bulan pegang langsung out, lumayan buat jajan," ujar Kaesang, saat acara Indonesia Investment Education, Potensi Mendulang Cuan ala Kaesang dan Kevin bersama Saham Rakyat, ditulis Minggu (21/11/2022).

Kaesang mengatakan saat membeli saham juga menganalisis secara fundamental sehingga mempertimbangkan keuangan dan prospek perusahaan. Ia pun lebih memilih untuk menggenggam saham bukan untuk jangka pendek.

"Saya melihat fundamental, keuangan dan ke depan seperti apa. Saya investasi 2-3 tahun, lupakan " ujar dia.

Ia mengatakan memegang saham paling cepat antara sebulan hingga dua bulan. Hal ini dilakukan karena dirinya tidak sepenuhnya waktu untuk trading saham.

"Paling cepat sebulan, dua bulan. Bingung juga jual beli tiap hari, karena full time bukan trader. Jual pas ingat saja," kata dia.

Kaesang menambahkan, investasi saham bukan berarti cepat kaya. Ia pun lebih memilih untuk menganalis saham sendiri untuk membeli saham.

"Bagaimana pun investasi saham bukan berarti cepat kaya. Jangan percaya karena omongan bisa ini bisa itu. Kalau pengen investasi saham, analis sendiri saja, cocok tidak sama kita," kata dia.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual s8aham. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sektor Saham Batu Bara hingga Hiburan Jadi Pilihan Investasi Kaesang

Sebelumnya, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep tengah menggeluti dunia pasar modal sejak 2018. Dia juga sempat bertemu dengan sang ahli Lo Kheng Hong untuk belajar investasi saham.

"Sudah lama banget kayanya (bertemu Lo Kheng Hong) sebelum COVID-19, ingetnya pas belum pake masker. Pak Lo selalu bilang sama saya, kalau bisa kenal sama BOD, pemiliknya tapi saya enggak bisa beda sama pak Lo,” kata Kaesang kepada awak media, dikutip Rabu (28/9/2022).

Kaesang juga mengaku, diajari investasi secara umum oleh Lo Kheng Hong. Kaesang juga menilai kalau termasuk investor yang melihat saham melalui fundamental perusahaan.

“Pak Lo fundamentalis, saya juga kurang lebih sama, future potensial seperti apa. Pak Lo gak pernah ngajarin masuk industri ini, lebih ke general saja kok enggak mendetail. Aku jangka panjang satu tahun sampai tiga tahun ” kata dia.

Kaesang juga investasi saham di sektor batu bara, hiburan (entertainment) dan voucher.  Ia pun mengungkapkan alasan investasi saham, salah satunya karena pajaknya final.

"Mungkin hampir pendapatan saya dari sini, karena balik lagi, pajaknya final buat saya ngurus perpajakan jauh lebih gampang, karena paling enak," kata Kaesang.

Kemudian, ia juga mengungkapkan saat ini berencana mengambil sertifikasi di pasar modal untuk Wakil Perantara Pedagang Efek atau WPPE. Ia juga tengah ambil sertifikasi Teknikal Analis atau biasa disebut dengan Registered Technical Analyst (RTA).

 

3 dari 5 halaman

Bagikan Tips Investasi di Pasar Modal

Sebelumnya, Putra bungsu Joko Widodo Kaesang Pangarep tengah menggeluti dunia pasar modal sejak 2018. Kaesang pun mengatakan, sang ayah mengajarkan investasi sejak dini. 

Ia kemudian memberikan tips bagi investor pemula untuk mengikuti webinar terkait investasi pasar modal dari para ahli agar bisa mendapatkan ilmu investasi.

"Aku ikuti webinar-webinar, aku ikutin kelas-kelas para ahli. Investasi dari 2018 dari uang sendiri karena kenapa? Balik lagi keliatannya menjanjikan waktu itu. Waktu itu rugi banyak, terus 2019 belajar-belajar. 2020 belajar dari yang sudah ahli, semua kita pelajari, kita enggak pilih-pilih, kita belajar dari semua orang,” kata Kaesang kepada awak media, Selasa, 27 September 2022. 

Kaesang juga menjelaskan, sang ayah telah mengajarkan investasi sejak dini kepada anak-anaknya. Bahkan, sejak masih sekolah dasar juga Jokowi tengah mengajarkan investasi. 

"Sebenernya bapak sudah ngomong kayak begitu ke semua anaknya sudah dari kecil. Memang kalau untuk investasinya dalam bentuk apa bapak tidak pernah nyuruh. Misalnya mau investasi di sini apa yang penting duit cuma jangan ditabung saja, karena ditabung bunganya dikit deposito juga tadi cuma 4 sampai 5 persen, makanya coba diputerin duitnya supaya bisa lebih banyak,” kata Kaesang.

 

4 dari 5 halaman

Targetkan 1 Juta Investor, Aplikasi Saham Rakyat Tawarkan Kemudahan Investasi

Sebelumnya, Youtuber Kevin Hendrawan dan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep meluncurkan aplikasi Saham Rakyat Pro yang merupakan bagian dari Samuel Sekuritas pada Selasa (27/9/2022). 

Saham Rakyat Pro ini platform belanja saham dengan tampilan aplikasi yang lebih familiar bagi masyarakat awam, layaknya sebuah marketplace. Di mana pengguna dapat memasukkan beberapa saham sekaligus dalam keranjang belanja (cart) untuk selanjutnya menyelesaikan pembelian (check out) dalam satu waktu.

CEO Saham Rakyat Kevin Hendrawan menuturkan, Saham Rakyat ini awalnya komunitas, tetapi saat ini sudah bertransformasi menjadi aplikasi. 

"Kita mengubah pengalaman orang transaksi saham, maka dari itu saham rakyat trading apps yang mengusung belanja saham,” ujar Kevin Hendrawan, dalam konferensi pers di Menara Imperium, Selasa (27/9/2022).

Kevin menuturkan, pengguna dapat memanfaatkan semua fitur pada aplikasi secara gratis.Fitur tersebut, yakni Ide Cuan, KECUP, Group Chat, dan juga edukasi webinar.

 

5 dari 5 halaman

Fitur

Fitur Ide Cuan  merupakan rekomendasi saham pilihan berdasarkan hasil analisa dari analis keuangan tersertifikasi), KECUP (Kelompok Cuan Pilihan) yang merupakan hasil kolaborasi dengan Thomas J Dorsey, sistem trading yang sudah diuji coba sejak 2014 dan terbukti memiliki rata-rata growth rate yang lebih tinggi dari IHSG.

Kemudian, group chat merupakan ruang diskusi terbuka dengan pengguna dapat bertanya dan dijawab langsung oleh analis keuangan Saham Rakyat dan edukasi webinar seputar analisa saham.

"Saham Rakyat versi Pro ini akan memberikan pengalaman trading saham yang berbeda, yang membuat trader sangat bisa memanfaatkan kesempatan meraih untung karena pergerakan harga saham yang cukup fluktuatif,” kata Kevin.

Pengguna dapat menentukan preferensinya sebagai traders maupun scalpers, di mana masing-masing preferensi menawarkan experience proses bidding dan antre yang berbeda, dengan UI/UX yang tentunya menarik dan mudah digunakan bagi pengguna. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Kaesang Pangarep adalah anak ketiga atau putra bungsu dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.
    Kaesang Pangarep adalah anak ketiga atau putra bungsu dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

    Kaesang Pangarep

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • bank digital