Sukses

Kolaborasi Samudera Indonesia dan Kalbe Farma Perluas Jangkauan Pasar di Logistik

Kolaborasi strategis antara Kalbe dan Samudera Indonesia diharapkan dapat mendorong percepatan transformasi digital di sektor logistik.

Liputan6.com, Jakarta - PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR)  dan PT Kalbe Farma Tbk  (KLBF) telah menyelesaikan transaksi kerja sama investasi. Anak usaha Samudera Indonesia, PT Samudera Sarana Logistik (SSLog) investasi sebesar 20 persen kepemilikan pada anak usaha PT Enseval Putera Megatrading Tbk (Enseval), PT Mostrans Global Digilog (Mostrans). Perjanjian investasi ini telah resmi ditandatangani pada 17 November 2022.

Presiden Direktur Enseval Jos Iwan Atmadjaja menuturkan, kolaborasi strategis antara Kalbe dan Samudera Indonesia melalui Mostrans, diharapkan dapat mendorong percepatan transformasi digital di sektor logistik secara terintegrasi.

"Dengan dukungan Kalbe dan Samudera Indonesia, Mostrans harus dapat memberikan total digital solution terutama di sektor logistik agar dapat menjawab pain point dari para pelanggan,” ujar Jos dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (25/11/2022).

Direktur Keuangan Samudera Indonesia Ridwan Hamid menuturkan, pihaknya bersyukur proses investasi ini berjalan dengan lancar.

"Kerja sama ini merupakan salah satu upaya dari Samudera Indonesia untuk dapat memperluas jangkauan pasar di bidang logistik melalui teknologi informasi serta meningkatkan keunggulan di masing-masing grup perusahaan,” kata dia.

Ridwan Hamid menambahkan, SSLog adalah salah satu sub-holding Samudera Indonesia yang membawahi beberapa anak perusahaan yang bergerak di bidang pergudangan, transportasi dan logistik.

Dengan kesepakatan ini diharapkan dapat menghubungkan ekosistem rantai pasok produk kesehatan sekaligus memberikan nilai tambah baik bagi para pemegang saham dan terutama para pelanggan dari Mostrans maupun SSLog.

Sementara itu CEO Mostrans Berty Argiyantari mengatakan, pada era digitalisasi saat ini, Mostrans harus agile dan adaptif agar selalu relevan dengan situasi terkini. Untuk itu, Mostrans akan terus mengembangkan inovasi berbasis digital.

"Strategi ini selain  dapat menciptakan konektivitas dan integrasi ekosistem logistik  secara end-to-end juga menciptakan solusi yang lebih komprehensif bagi pengguna jasa,” ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anak Usaha Samudera Indonesia Genggam 20 Persen Saham Mostrans

Sebelumnya, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) merampungkan transaksi kerja sama investasi melalui penyertaan modal oleh PT Samudera Sarana Logistik, anak usaha PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) kepada entitas anak PT Mostrans Global Digilog (MGD) pada 17 November 2022.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Senin (21/11/2022), MGD menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa untuk menandatangani perjanjian para pemegang saham yang dilaksanakan antara PT Enseval Putera Megatrading Tbk (EPMT), PT Samudera Sarana Logistik, PT Asta Translog Digital dan MGD sehubungan kerja sama investasi, melalui penyertaan modal PT Samudera Sarana Logistik.

“Kolaborasi inovasi digital yang dilakukan dalam kegiatan distribusi transportasi logistik diharapkan dapat ciptakan solusi berbasis digital yang lebih komprehensif untuk meningkatkan kinerja di bidang logistik dan mendorong pertumbuhan usaha,”

Sementara itu, PT Samudera Indonesia Tbk menyatakan anak usaha perseroan Samudera Sarana Logistik resmi memiliki porsi kepemilikan 20 persen di Mostrans. Hal ini setelah selesai penyelesaian transaksi kerja sama investasi antara PT Kalbe Farma Tbk dan perseroan.

Manajemen Samudera Indonesia menyatakan, kerja sama investasi ini tidak berdampak secara material yang merugikan terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan dan kelangsungan usaha perseroan.

“Kerja sama investasi ini diharapkan dapat memperluas jangkauan pasar di bidang logistik melalui teknologi informasi dan meningkatkan keunggulan di masing-masing grup perusahaan,” tulis manajemen Samudera Indonesia.

Selain itu juga diharapkan dapat menghubungkan ekosistem rantai pasok produk kesehatan yang pada akhirnya akan memberikan nilai tambah baik bagi perseroan, pelanggan dan pemegang saham.

 

3 dari 4 halaman

Gandeng Kalbe Farma

Sebelumnya, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) melalui anak usaha PT Enseval Putera Megatrading Tbk (Enseval) yaitu PT Mostrans Global Digilog (Mostrans) menandatangani Nota Kesepahaman atau MoU dengan PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) untuk  mengembangkan inovasi  digital di bidang logistik. 

Dalam Nota Kesepahaman tersebut,  Samudera Indonesia akan investasi 20 persen kepemilikan pada Mostrans. 

"Disrupsi di era digital menciptakan tantangan baru di dunia logistik. Kolaborasi Kalbe dan Samudera melalui Mostrans merupakan langkah strategis untuk menciptakan keunggulan kompetitif dan akan mendorong  transformasi digital di sektor logistik secara lebih cepat," tutur Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Vidjongtius seperti dikutip dari keterangan tertulis, Senin (8/8/2022).

Vidjongtius menuturkan, melalui sinergi antara inovasi teknologi digital Mostrans yang didukung grup Kalbe sebagai market leader di bidang kesehatan, dengan pengalaman, keahlian, dan jaringan Samudera Indonesia, kolaborasi ini diyakini akan menghasilkan strategi pengembangan inovasi  berbasis teknologi digital  yang lebih komprehensif untuk  meningkatkan kinerja di bidang logistik.

”Kolaborasi dalam menerapkan inovasi digital dalam kegiatan distribusi transportasi logistik menjadi hal yang sangat strategis bagi pertumbuhan kedua perusahaan,” tutur Direktur Utama PT Samudera Indonesia Tbk, Bani Maulana Mulia. 

Menurut Bani, Kalbe Farma adalah perusahaan farmasi kebanggaan Indonesia, yang tidak hanya menjadi pemimpin pasar di Indonesia tetapi juga telah merambah pasar internasional.

 

4 dari 4 halaman

Perkuat Sinergi

Kolaborasi antara Kalbe dan Samudera bertujuan untuk dapat memperkuat sinergi keunggulan masing-masing perusahaan. Distribusi produk Kalbe di dalam negeri dan di pasar ekspor masih memiliki ruang pertumbuhan yang sangat besar.

Sementara itu CEO Mostrans Berty Argiyantari menuturkan, Mostrans saat ini sudah menciptakan solusi berupa B2B  digital transportation platform untuk menghubungkan ekosistem rantai pasok produk kesehatan. Transparansi serta simplifikasi proses  yang  didukung oleh sistem teknologi informasi dapat membantu memecahkan sejumlah tantangan di sektor logistik.

"Strategi pengembangan inovasi yang dihasilkan oleh kolaborasi Kalbe dan Samudera melalui Mostrans  akan menghasilkan solusi berbasis digital  yang lebih komprehensif untuk  meningkatkan kinerja rantai pasok dan meningkatkan daya saing pengguna jasa,” ujar Berty.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.