Sukses

Wakil Komisaris Utama Blibli Tambah Kepemilikan Saham BELI

Wakil Komisaris Utama PT Global Digital Niaga Tbk (BELI) Honky Harjo kembali tambah kepemilikan saham BELI pada 23 November 2022.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Komisaris Utama PT Global Digital Niaga Tbk (BELI), pengelola e-commerce Blibli Honky Harjo menambah kepemilikan saham BELI.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Honky Harjo beli 345.400 saham BELI pada 23 November 2022 dengan harga Rp 487,906. Dengan demikian, nilai pembelian saham BELI tersebut sebesar Rp 168,52 juta.

“Tujuan transaksi investasi, status kepemilikan langsung,”tulis Sekretaris Perusahaan PT Global Digital Niaga Tbk, Eric Alamsjah Winarta dalam keterbukaan informasi BEI.

Setelah transaksi pembelian itu, Honky genggam 130.497.660 saham BELI atau setara 0,11015 persen dari sebelumnya 130.152.260 saham BELI atau setara 0,10986 persen.

Pada penutupan perdagangan Kamis, 24 November 2022, saham BELI ditutup naik 0,82 persen ke posisi Rp 492 per saham.

Saham BELI dibuka naik dua poin ke posisi Rp 490 per saham. Saham BELI berada di level tertinggi Rp 498 dan terendah Rp 484 per saham. Total frekuensi perdagangan 1.432 kali dengan volume perdagangan 178.993 saham. Nilai transaksi Rp 8,8 miliar.

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Global Digital Niaga Yakin Blibli Bisa Untung, Begini Jurus Manajemen

Sebelumnya, PT Global Digital Niaga Tbk (BELI) atau Blibli optimis perusahaan berada pada jalur yang tepat menuju profitabilitas.

Co-founder PT Global Digital Niaga Tbk, Hendry mengatakan, keyakinan itu merujuk pada kinerja perusahaan sepanjang paruh pertama 2022 yang tumbuh positif, ditopang ekosistem yang saling topang.

Dari bisnis e-commerce melalui Blibli, perseroan melihat potensi pertumbuhan yang besar. Apalagi perseroan memiliki empat segmen yang mengakomodir ragam kebutuhan konsumen.

Pertama segmen 1P retail. Di mana Blibli menawarkan produk sendiri sehingga Blibli punya kontrol penuh atas harga dan margin. Kedua, 3P retail, di mana Blibli menjalin kerja sama dengan brand principal dan menjual ke pihak ketiga dalam menawarkan produk. Keempat, yakni segmen dari physical stores atau toko fisik.

“Jadi e commerce dengan B2C, kita punya 1P, 3P. Kita lihat proksit di luar punya potensi besar. Marketnya pun besar,” kata Hendry dalam Media Briefing Pencatatan Perdana Saham PT Global Digital Niaga Tbk, Selasa (8/11/2022).

Selanjutnya, dari bisnis online travel agency melalui Tiket.com, perusahaan juga melihat potensi pertumbuhan yang sama, Pasalnya, Tiket.com saat ini tidak hanya menyediakan tiket transportasi dan hotel, namun juga ragam kebutuhan lainnya hingga tiket konser.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Fokus Perseroan

Sementara untuk bisnis online groceries melalui Ranch Market, Hendry mengatakan penetrasinya masih kecil. Sehingga perseroan melihat potensi besar. Dengan catatan, jika product mix-nya dilakukan dengan benar, maka take rate atau marginnya disebut bisa double digit.

“Jadi sinergi dari tiga model bisnis ini, bisa diambil kesimpulan kira-kira Blibli punya track to profitability ke depannya,” kata Hendry.

Hendry mengatakan, dari awal perseroan memiliki fokus untuk menyeimbangkan antara pertumbuhan dan profitabilitas.

Dengan ekosistem yang ada saat ini, Blibli mampu mencatatkan pertumbuhan total processing value (TPV) sebesar 89,29 persen secara tahunan atau Rp 24,13 triliun pada semester I 2022.

Bersamaan dengan itu, Hendry mengatakan perusahaan mampu mencatatkan monetisasi dari penjualan menjadi pendapatan menjadi sekitar 30 persen. Pada semester satu 2022, margin EBITDA Blibli menunjukkan perbaikan sebesar 140 bps.

“Jadi melihat indikasi dari semester I ini kami sangat optimis, dan ke depan pasti masih banyak efisiensi yang bisa kami lakukan,” ujar Hendry.

4 dari 4 halaman

Alokasi Dana IPO untuk Bayar Utang, Begini Penjelasan Blibli

Sebelumnya, PT Global Digital Niaga Tbk (BELI) atau Blibli telah merampungkan hajat penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO).

Perseroan mematok harga penawaran pada Rp 450 per saham. Sementara jumlah saham yang ditawarkan dalam IPO Blibli berhasil dimaksimalkan sepenuhnya hingga mencapai batas atas sebanyak 15 persen dari modal ditempatkan dan disetor setelah IPO.

Sehingga perseroan mengantongi dana IPO sekitar Rp 8 triliun (USD 513 juta).Berdasarkan prospektus, perseroan berencana mengalokasikan Rp 5,5 triliun dana hasil IPO untuk pembayaran utang kepada PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dan PT Bank BTPN Tbk (BTPN).

CFO & Co-founder PT Global Digital Niaga Tbk, Hendry menjelaskan, pinjaman itu berupa fasilitas pembiayaan yang akan dilunasi perseroan gelar penghimpunan dana lewat pasar modal.

“Jadi utang ini sendiri sebenarnya fasilitas pembiayaan yang memang sudah ada sebelumnya. Dan pada saat kami melakukan perjanjian kredit, memang ditulis bahwa pendanaan itu harus dibayar saat kita melakukan corporate action,” kata Hendry dalam Media Briefing Pencatatan Perdana Saham PT Global Digital Niaga Tbk, Selasa (8/11/2022).

Adapun nilai pinjaman terutang kedua bank itu masing-masing Rp 2,9 triliun, atau total senilai Rp 5,8 triliun.

Sementara jumlah utang yang akan dibayar menggunakan dana hasil IPO masing-masing bank sebesar Rp 2,7 triliun atau total Rp 5,5 triliun. Sisanya sebesar Rp 3 miliar akan dibayar menggunakan dana internal perseroan.

“Kami lihat dengan mendapatkan pendanaan ini, ada kepercayaan terutama dari pihak bank dengan bisnis modal kami. Bahwa kami ke depannya juga mampu melakukan pembayaran. Jadi sebenarnya ini sebuah sigial bahwa ada kepercayaan dari pihak lain atas bisnis model yang kami lakukan,” kata Hendry.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.