Sukses

Bursa Saham Asia Pasifik Dibuka Hijau, Mencerna Pendapat Bank of Japan

Anggota dewan Bank of Japan melihat tidak perlu segera mengubah kebijakan moneter, menurut ringkasan pendapat dari pertemuan Oktober.

Liputan6.com, Jakarta Bursa saham Asia Pasifik diperdagangkan lebih tinggi pada Selasa pagi (8/11/2022), seiring investor mencerna ringkasan pendapat Bank of Japan dan menantikan pemilihan paruh waktu AS.

Indeks Nikkei 225 di Jepang naik 1,25 persen dan Topix juga 1,05 persen lebih tinggi. S&P/ASX 200 naik 0,47 persen di Australia. Di Korea Selatan, Kospi naik 0,38 persen.

Bank of Japan merilis ringkasan pendapat anggota dewan dari pertemuan kebijakan moneter pada Oktober, ketika mempertahankan suku bunga tidak berubah sementara bank global melakukan kenaikan suku bunga jumbo.

 

Anggota dewan Bank of Japan melihat tidak perlu segera mengubah kebijakan moneter, menurut ringkasan pendapat dari pertemuan Oktober.

"Pelonggaran moneter berkelanjutan diperlukan untuk meningkatkan produktivitas dan tingkat upah melalui reformasi sisi penawaran," kata laporan itu, dikutip dari CNBC, Selasa (8/11/2022).

Ringkasan Bank of Japan menegaskan kembali perlunya untuk memantau tekanan inflasi dan dampaknya terhadap rumah tangga dan upah sekaligus memperhatikan efek samping dari pelonggaran moneter.

Bank sentral juga mengisyaratkan persiapan untuk pergeseran dari sikap moneter saat ini.

"Penting juga untuk terus memeriksa bagaimana strategi keluar di masa depan akan mempengaruhi pasar dan apakah pelaku pasar akan siap menghadapinya," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bursa AS dan Eropa

Selandia Baru akan merilis prospek inflasi pada kuartal keempat. Nintendo akan melaporkan pendapatan kuartalan pada waktu mendatang.

Semalam di AS, saham reli Senin karena investor melihat ke depan untuk minggu yang penuh dengan pemilihan paruh waktu dan data inflasi utama pada deck serta mengabaikan peringatan pasokan dari Apple.

Dow Jones Industrial Average diperdagangkan lebih tinggi sebesar 423,78 poin, atau 1,31 persen, menjadi 32.827,00. S&P 500 naik 0,96 persen menjadi 3.806,80.

Nasdaq Composite naik 0,85 persen menjadi 10.564,52, setelah diperdagangkan antara keuntungan dan kerugian di awal sesi. Ketiga rata-rata utama mencatatkan hari positif kedua berturut-turut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.