Buyung Poetra Sembada Kejar Target Buka 80 Toko WarungKoki

Oleh Pipit Ika Ramadhani pada 06 Okt 2022, 14:24 WIB
Diperbarui 06 Okt 2022, 14:24 WIB
Pergerakan IHSG Turun Tajam
Perbesar
Pengunjung melintas di papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Jakarta, Rabu (15/4/2020). Pergerakan IHSG berakhir turun tajam 1,71% atau 80,59 poin ke level 4.625,9 pada perdagangan hari ini. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) menargetkan pembukaan 80 toko WarungKoki hingga akhir tahun. Kendati 2022 tersisa tiga bulan lagi, perseroan yakin dapat memenuhi target tersebut mengingat saat ini sudah ada 60 WarungKoki yang dibuka.

"Perseroan menargetkan pertumbuhan toko WarungKoki mencapai 80 toko hingga akhir tahun ini. Hingga saat ini, HOKI telah memiliki 60 toko WarungKoki yang tersebar di Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Lampung," beber Direktur PT Buyung Poetra Sembada Tbk, Budiman Susilo dalam keterangan resmi, Kamis (6/10/2022).

Ekspansi bisnis ini merupakan upaya Perusahaan untuk bertransformasi ke sektor fast moving consumers goods (FMCG), yang diperkirakan akan terus tumbuh. Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPPMI) memperkirakan pertumbuhan industri makanan dan minuman naik 5-7 persen pada 2022.

"Penambahan toko WarungKoki merupakan bentuk keseriusan kami untuk terjun ke bisnis consumer goods. Pertumbuhan industri FMCG memiliki prospek yang bagus ke depannya, sehingga kami yakin dapat memberikan kontribusi positif pada kinerja Perseroan," imbuh Budiman.

WarungKoki merupakan produk dari anak usaha PT Hoki Distribusi Niaga (HDN), pada lini toko retail. Ini merupakan inovasi distribusi melalui pengembangan toko retail berbasis transaksi online. Pembelian produk HOKI di toko WarungKoki dilakukan melalui aplikasi warungkoki.id.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Pengembangan Produk

FOTO: PPKM Diperpanjang, IHSG Melemah Pada Sesi Pertama
Perbesar
Karyawan melihat layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (22/1/2021). Sebanyak 111 saham menguat, 372 tertekan, dan 124 lainnya flat. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Setelah melakukan pemesanan, pembeli bisa memilih untuk mengambil pesanan secara langsung di toko WarungKoki terdekat atau diantar dengan ojek online.

Selain pada lini retail, HOKI juga terus mengembangkan produk FMCG. HOKI telah memiliki produk kreasi beras, DailyMeal Eats dengan cita rasa warisan kuliner Indonesia yang praktis untuk disajikan. Perusahaan juga memiliki produk beras sehat, DailyMeal Rice, yang mendukung gaya hidup sehat.  

Saat ini HOKI mengembangkan varian dari produk beras sehat yaitu beras merah dan beras porang. Ini akan melengkapi produk yang sudah beredar yaitu beras singkong dan beras jagung. Produk ini dapat digunakan untuk diet karena memiliki karbohidrat rendah dan index glikemik rendah, juga aman untuk penderita diabetes karena rendah kadar gula.

"Kami selalu mengedepankan riset untuk menghadirkan produk yang sehat namun tetap memberikan pengalaman makan yang mengesankan. Ke depannya kami akan terus berinovasi mengembangkan produk-produk baru, tanpa meninggalkan beras reguler sebagai core bisnis kami,” ujar Budiman.


Optimalkan Bisnis Berkelanjutan

IHSG Dibuka di Dua Arah
Perbesar
Pekerja melintas di dekat layar digital pergerakan saham di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (14/10/2020). Pada prapembukaan perdagangan Rabu (14/10/2020), IHSG naik tipis 2,09 poin atau 0,04 persen ke level 5.134,66. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, produsen beras berkualitas merek HOKI, PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) terus memperkuat bisnisnya dengan mengoptimalkan pemanfaatan hasil samping  produksi penggilingan padi.

Hal tersebut disampaikan Direktur Buyung Poetra Sembada Budiman Susilo melalui siaran persnya, Jumat, 25 Februari 2022.

Adapun upaya yang dilakukan perseroan dalam memanfaatkan hasil samping tersebut antara lain, dengan membangun Pembangkit Listrik Berbahan Bakar Sekam Padi di Palembang, Sumatera Selatan berkapasitas tiga megawatt (MW). Pembangkit listrik tersebut merupakan salah satu yang pertama di Indonesia.

Selain itu, HOKI juga membuat mesin pengepres hasil samping sekam padi menjadi pellet di Pabrik Subang, Jawa Barat. Pellet tersebut  juga dijual untuk pabrik semen sebagai bahan bakar. Untuk pemanfaatan hasil samping lainnya, HOKI juga memproduksi tepung dedak padi untuk campuran pakan hewan, pupuk, dan tatakan telur.

"Upaya-upaya tersebut dilakukan HOKI untuk memanfaatkan hasil samping yang diharapkan dapat turut menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kinerja HOKI," kata Budiman.

Upaya-upaya PT Buyung Poetra Sembada Tbk tersebut diharapkan mampu memperkuat keberlanjutan bisnis perseroan sekaligus juga berkontribusi pada pencapaian pemenuhan beberapa Sustainable Development Goals (SDGs), yakni air bersih & sanitasi, kota & komunitas berkelanjutan, konsumsi & produksi yang bertanggung jawab, aksi iklim, serta menjaga ekosistem di darat.


Selanjutnya

IHSG Menguat 11 Poin di Awal Tahun 2018
Perbesar
Suasana di salah satu ruangan di kantor Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (2/1). Sebelumnya, Perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) 2017 ditutup pada level 6.355,65 poin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Melalui upaya-upaya tersebut, HOKI juga turut berkontribusi dalam pelestarian lingkungan.

"Pemanfaatan hasil samping penggilingan padi ini juga merupakan wujud antusiasme HOKI dalam menyambut era pajak karbon," kata dia.

Sebagai Perusahaan yang peduli pada lingkungan, HOKI pun turut diundang dalam acara Webinar ProPakTani pada 24 Februari 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian dengan tema "Pemanfaatan Hasil Samping Penggilingan Padi dalam Menunjang Sistem Agroindustri & Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca”.

Dalam acara tersebut Budiman membagikanpengalaman HOKI kepada masyarakat seputar pemanfaatan hasil samping dari proses produksi beras perserian dengan fokus pada pelestarian lingkungan di Webinar ProPakTani.

Perseroan berupaya mengoptimalkan hasil sampijg produksi beras karena perseroan berupaya memberi manfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Seiring dengan upayanya dalam mendorong bisnis yang keberlanjutan, HOKI juga terus berupaya untuk memperbaiki kinerjanya, salah satunya melalui anak usahanya PT Hoki Distribusi Niaga (HDN).

Pada akhir 2021 lalu, HDN telah memperkenalkan dua produk baru berupa beras jagung dan beras singkong. Produk baru tersebut merupakan wujud kepedulian akan penyediaan produk sehat dan berkualitas sekaligus juga wujud peduli terhadap lingkungan.

"Ke depan HOKI akan terus berkomitmen untuk berinovasi membuat produk berkualitas serta senantiasa memperkuat bisnis berkelanjutan untuk mengurangi  emisi Gas Rumah Kaca,” kata Budiman.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya