Sektor Saham Batu Bara hingga Hiburan Jadi Pilihan Investasi Kaesang

Oleh Elga Nurmutia pada 28 Sep 2022, 17:51 WIB
Diperbarui 28 Sep 2022, 17:51 WIB
Peluncuran aplikasi saham rakyat pro, Selasa (27/9/2022) (Foto: Istimewa)
Perbesar
Peluncuran aplikasi saham rakyat pro, Selasa (27/9/2022) (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep tengah menggeluti dunia pasar modal sejak 2018. Dia juga sempat bertemu dengan sang ahli Lo Kheng Hong untuk belajar investasi saham.

"Sudah lama banget kayanya (bertemu Lo Kheng Hong) sebelum COVID-19, ingetnya pas belum pake masker. Pak Lo selalu bilang sama saya, kalau bisa kenal sama BOD, pemiliknya tapi saya enggak bisa beda sama pak Lo,” kata Kaesang kepada awak media, dikutip Rabu (28/9/2022).

Kaesang juga mengaku, diajari investasi secara umum oleh Lo Kheng Hong. Kaesang juga menilai kalau termasuk investor yang melihat saham melalui fundamental perusahaan.

“Pak Lo fundamentalis, saya juga kurang lebih sama, future potensial seperti apa. Pak Lo gak pernah ngajarin masuk industri ini, lebih ke general saja kok enggak mendetail. Aku jangka panjang satu tahun sampai tiga tahun ” kata dia.

Kaesang juga investasi saham di sektor batu bara, hiburan (entertainment) dan voucher.  Ia pun mengungkapkan alasan investasi saham, salah satunya karena pajaknya final.

"Mungkin hampir pendapatan saya dari sini, karena balik lagi, pajaknya final buat saya ngurus perpajakan jauh lebih gampang, karena paling enak," kata Kaesang.

Kemudian, ia juga mengungkapkan saat ini berencana mengambil sertifikasi di pasar modal untuk Wakil Perantara Pedagang Efek atau WPPE. Ia juga tengah ambil sertifikasi Teknikal Analis atau biasa disebut dengan Registered Technical Analyst (RTA).

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual saham. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Bagi Tips Investasi di Pasar Modal

IHSG Dibuka di Dua Arah
Perbesar
Pekerja melintas di dekat layar digital pergerakan saham di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (14/10/2020). Pada pembukaan perdagangan pukul 09.00 WIB, IHSG masih naik, namun tak lama kemudian, IHSG melemah 2,3 poin atau 0,05 persen ke level 5.130, 18. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Putra bungsu Joko Widodo Kaesang Pangarep tengah menggeluti dunia pasar modal sejak 2018. Kaesang pun mengatakan, sang ayah mengajarkan investasi sejak dini. 

Ia kemudian memberikan tips bagi investor pemula untuk mengikuti webinar terkait investasi pasar modal dari para ahli agar bisa mendapatkan ilmu investasi.

"Aku ikuti webinar-webinar, aku ikutin kelas-kelas para ahli. Investasi dari 2018 dari uang sendiri karena kenapa? Balik lagi keliatannya menjanjikan waktu itu. Waktu itu rugi banyak, terus 2019 belajar-belajar. 2020 belajar dari yang sudah ahli, semua kita pelajari, kita enggak pilih-pilih, kita belajar dari semua orang,” kata Kaesang kepada awak media, Selasa, 27 September 2022. 

Kaesang juga menjelaskan, sang ayah telah mengajarkan investasi sejak dini kepada anak-anaknya. Bahkan, sejak masih sekolah dasar juga Jokowi tengah mengajarkan investasi. 

"Sebenernya bapak sudah ngomong kayak begitu ke semua anaknya sudah dari kecil. Memang kalau untuk investasinya dalam bentuk apa bapak tidak pernah nyuruh. Misalnya mau investasi di sini apa yang penting duit cuma jangan ditabung saja, karena ditabung bunganya dikit deposito juga tadi cuma 4 sampai 5 persen, makanya coba diputerin duitnya supaya bisa lebih banyak,” kata Kaesang.

 


Targetkan 1 Juta Investor, Aplikasi Saham Rakyat Tawarkan Kemudahan Investasi

FOTO: PPKM Diperpanjang, IHSG Melemah Pada Sesi Pertama
Perbesar
Petugas kebersihan bekerja di depan layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (22/1/2021). Transaksi bursa agak surut dengan nyaris 11 miliar saham diperdagangkan sebanyak lebih dari 939.000 kali. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Youtuber Kevin Hendrawan dan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep meluncurkan aplikasi Saham Rakyat Pro yang merupakan bagian dari Samuel Sekuritas pada Selasa (27/9/2022). 

Saham Rakyat Pro ini platform belanja saham dengan tampilan aplikasi yang lebih familiar bagi masyarakat awam, layaknya sebuah marketplace. Di mana pengguna dapat memasukkan beberapa saham sekaligus dalam keranjang belanja (cart) untuk selanjutnya menyelesaikan pembelian (check out) dalam satu waktu.

CEO Saham Rakyat Kevin Hendrawan menuturkan, Saham Rakyat ini awalnya komunitas, tetapi saat ini sudah bertransformasi menjadi aplikasi. 

"Kita mengubah pengalaman orang transaksi saham, maka dari itu saham rakyat trading apps yang mengusung belanja saham,” ujar Kevin Hendrawan, dalam konferensi pers di Menara Imperium, Selasa (27/9/2022).

Kevin menuturkan, pengguna dapat memanfaatkan semua fitur pada aplikasi secara gratis.Fitur tersebut, yakni Ide Cuan, KECUP, Group Chat, dan juga edukasi webinar.

 


Fitur

Akhir 2019, IHSG Ditutup Melemah
Perbesar
Pengunjung melintas dilayar pergerakan saham di BEI, Jakarta, Senin (30/12/2019). Pada penutupan IHSG 2019 ditutup melemah cukup signifikan 29,78 (0,47%) ke posisi 6.194.50. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Fitur Ide Cuan  merupakan rekomendasi saham pilihan berdasarkan hasil analisa dari analis keuangan tersertifikasi), KECUP (Kelompok Cuan Pilihan) yang merupakan hasil kolaborasi dengan Thomas J Dorsey, sistem trading yang sudah diuji coba sejak 2014 dan terbukti memiliki rata-rata growth rate yang lebih tinggi dari IHSG.

Kemudian, group chat merupakan ruang diskusi terbuka dengan pengguna dapat bertanya dan dijawab langsung oleh analis keuangan Saham Rakyat dan edukasi webinar seputar analisa saham.

"Saham Rakyat versi Pro ini akan memberikan pengalaman trading saham yang berbeda, yang membuat trader sangat bisa memanfaatkan kesempatan meraih untung karena pergerakan harga saham yang cukup fluktuatif,” kata Kevin.

Pengguna dapat menentukan preferensinya sebagai traders maupun scalpers, di mana masing-masing preferensi menawarkan experience proses bidding dan antre yang berbeda, dengan UI/UX yang tentunya menarik dan mudah digunakan bagi pengguna. 

 


Target Investor

Akhir tahun 2017, IHSG Ditutup di Level 6.355,65 poin
Perbesar
Pekerja tengah melintas di bawah papan pergerakan IHSG usai penutupan perdagangan pasar modal 2017 di BEI, Jakarta, Jumat (29/12). Perdagangan bursa saham 2017 ditutup pada level 6.355,65 poin. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, Brand Ambassador Kaesang mengatakan,  platform Saham Rakyat hadir untuk menghapus stigma, berinvestasi saham adalah suatu hal yang rumit karena tampilan aplikasi dan istilah yang kurang dipahami masyarakat awam. 

"Saham Rakyat ingin menciptakan ekosistem jual beli saham yang aman dan mudah dipahami, dengan menyederhanakan dua proses utama dalam berinvestasi di pasar saham, yaitu belajar saham dan belanja saham,” kata Kaesang. 

Selain itu, dengan hadirnya Saham Rakyat Pro, Kevin menargetkan tercapainya 1 juta investor atau pengguna aplikasi Saham Rakyat pada akhir 2023.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya