Sukses

Geluti Dunia Pasar Modal, Kaesang Berencana Ambil Sertifikat Wakil Perantara Pedagang Efek

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep berbagi cerita investasi di pasar modal.

Liputan6.com, Jakarta - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep tengah menggeluti dunia pasar modal sejak 2018. Dia juga sempat bertemu dengan investor pasar modal yang juga dijuluki Warren Buffett Indonesia Lo Kheng Hong untuk belajar investasi. 

"Sudah lama banget kayanya (bertemu Lo Kheng Hong) sebelum COVID-19, ingatnya pas belum pakai masker. Pak Lo selalu bilang sama saya, kalau bisa kenal sama BOD, pemiliknya tapi saya tidak bisa beda sama pak Lo,” kata Kaesang Pangarep kepada awak media, dikutip Rabu (28/9/2022).

Kaesang juga mengaku, diajari investasi secara umum oleh Lo Kheng Hong. Selain itu, Kaesang juga menyebutkan, dirinya merupakan investor jangka panjang yang melihat secara fundamentalis.

“Pak Lo fundamentalis, saya juga kurang lebih sama, future potensial seperti apa. Pak Lo enggak pernah ngajarin masuk industri ini, lebih ke general saja kok tidak mendetail. Aku jangka panjang satu tahun  sampai tiga tahun ” kata dia.

Kaesang juga mengatakan, memiliki investasi di sektor batu bara, hiburan (entertainment) dan voucher.  Kemudian, ia juga mengungkapkan saat ini tengah berencana mengambil sertifikasi di pasar modal untuk Wakil Perantara Pedagang Efek atau WPPE. 

Selain itu, Kaesang juga berencana untuk mengambil sertifikasi analisis teknikal atau biasa disebut dengan Registered Technical Analyst (RTA).

Sebelumnya, putra bungsu Joko Widodo Kaesang Pangarep tengah menggeluti dunia pasar modal sejak 2018. Kaesang mengatakan, sang ayah mengajarkan investasi sejak dini. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tips untuk Investor Pemula

Ia kemudian memberikan tips bagi investor pemula untuk mengikuti webinar terkait investasi pasar modal dari para ahli agar bisa mendapatkan ilmu investasi.

"Aku ikuti webinar-webinar, aku ikuti kelas-kelas para ahli. Investasi dari 2018 dari uang sendiri karena kenapa? Balik lagi keliatannya menjanjikan waktu itu. Waktu itu rugi banyak, terus 2019 belajar-belajar. 2020 belajar dari yang sudah ahli, semua kita pelajari, kita enggak pilih-pilih, kita belajar dari semua orang,” kata Kaesang kepada awak media, Selasa, 27 September 2022.

Kaesang juga menjelaskan, sang ayah telah mengajarkan investasi sejak dini kepada anak-anaknya. Bahkan, sejak masih sekolah dasar juga Jokowi tengah mengajarkan investasi. 

"Sebenernya bapak sudah ngomong kayak begitu ke semua anaknya sudah dari kecil. Memang kalau untuk investasinya dalam bentuk apa bapak tidak pernah nyuruh. Misalnya mau investasi di sini apa yang penting duit cuma jangan ditabung saja, karena ditabung bunganya dikit deposito juga tadi cuma 4 sampai 5 persen, makanya coba diputerin duitnya supaya bisa lebih banyak,” kata Kaesang.

3 dari 5 halaman

Targetkan 1 Juta Investor, Aplikasi Saham Rakyat Tawarkan Kemudahan Investasi

Sebelumnya, Youtuber Kevin Hendrawan dan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep meluncurkan aplikasi Saham Rakyat Pro yang merupakan bagian dari Samuel Sekuritas pada Selasa (27/9/2022). 

Saham Rakyat Pro ini platform belanja saham dengan tampilan aplikasi yang lebih familiar bagi masyarakat awam, layaknya sebuah marketplace. Di mana pengguna dapat memasukkan beberapa saham sekaligus dalam keranjang belanja (cart) untuk selanjutnya menyelesaikan pembelian (check out) dalam satu waktu.

CEO Saham Rakyat Kevin Hendrawan menuturkan, Saham Rakyat ini awalnya komunitas, tetapi saat ini sudah bertransformasi menjadi aplikasi. 

"Kita mengubah pengalaman orang transaksi saham, maka dari itu saham rakyat trading apps yang mengusung belanja saham,” ujar Kevin Hendrawan, dalam konferensi pers di Menara Imperium, Selasa, 27 September 2022.

Kevin menuturkan, pengguna dapat memanfaatkan semua fitur pada aplikasi secara gratis.Fitur tersebut, yakni Ide Cuan, KECUP, Group Chat, dan juga edukasi webinar.

Baca juga: Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina, Presiden Jokowi Tak Terima Sumbangan

 

4 dari 5 halaman

Fitur

Fitur ide cuan  merupakan rekomendasi saham pilihan berdasarkan hasil analisa dari analis keuangan tersertifikasi), KECUP (Kelompok Cuan Pilihan) yang merupakan hasil kolaborasi dengan Thomas J Dorsey, sistem trading yang sudah diuji coba sejak 2014 dan terbukti memiliki rata-rata growth rate yang lebih tinggi dari IHSG.

Kemudian, group chat merupakan ruang diskusi terbuka dengan pengguna dapat bertanya dan dijawab langsung oleh analis keuangan Saham Rakyat dan edukasi webinar seputar analisa saham.

"Saham Rakyat versi Pro ini akan memberikan pengalaman trading saham yang berbeda, yang membuat trader sangat bisa memanfaatkan kesempatan meraih untung karena pergerakan harga saham yang cukup fluktuatif,” kata Kevin.

Pengguna dapat menentukan preferensinya sebagai traders maupun scalpers, di mana masing-masing preferensi menawarkan experience proses bidding dan antre yang berbeda, dengan UI/UX yang tentunya menarik dan mudah digunakan bagi pengguna. 

5 dari 5 halaman

Target Investor

Sementara itu, Brand Ambassador Kaesang mengatakan,  platform Saham Rakyat hadir untuk menghapus stigma, berinvestasi saham adalah suatu hal yang rumit karena tampilan aplikasi dan istilah yang kurang dipahami masyarakat awam. 

"Saham Rakyat ingin menciptakan ekosistem jual beli saham yang aman dan mudah dipahami, dengan menyederhanakan dua proses utama dalam berinvestasi di pasar saham, yaitu belajar saham dan belanja saham,” kata Kaesang. 

Selain itu, dengan hadirnya Saham Rakyat Pro, Kevin menargetkan tercapainya 1 juta investor atau pengguna aplikasi Saham Rakyat pada akhir 2023.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.