Sukses

CEO BRI Ventures Nicko Widjaja Jadi Komisaris Independen Arkora Hydro

RUPST PT Arkora Hydro Tbk (ARKO) merombak susunan direksi dan komisaris.

Liputan6.com, Jakarta - PT Arkora Hydro Tbk (ARKO) menyampaikan pengangkatan dewan komisaris dan direksi baru, yaitu, Iwan Hadiantoro (54) sebagai komisaris dan juga mengangkat Nicko Widjaja (48) sebagai komisaris independen pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Kamis, 22 September 2022).

Direktur Utama Arkora Hydro, Aldo Henry Artoko mengungkapkan pengangkatan komisaris dan direksi baru dapat mendukung rencana pengembangan perseroan.

"Bapak Nicko diyakini bisa memberikan sudut pandang yang kreatif dan out of the box untuk rencana- rencana pengembangan bisnis ARKO ke depannya,” kata Aldo dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (23/9/2022).

Seperti yang diketahui, Nicko mempunyai pengalaman yang sangat luas dari sisi finance, entrepreneurship, maupun tech industry. Nicko sekarang menduduki posisi CEO dari BRI Ventures, Honorary Board AMVESINDO dan Komisaris Linkaja.

Selain itu, Iwan hingga kini menjadi Direktur di PT United Tractors Tbk (UNTR) dan beberapa anak perusahaan UNTR.

Sebelum di UNTR dia pernah menduduki posisi Chief of Group Treasury and Investor Relation PT Astra International (ASII) dan Direktur dan CFO PT GE Finance Indonesia.Adapun, satu nama baru yang diangkat sebagai direktur adalah Boy Gemino Kalauserang (49).

Dengan latar belakang hukum dari Universitas Gadjah Mada, Boy mulai berkarier di United Tractors dari 1996. Saat ini, ia memegang jabatan Group Legal Advisor Pamapersada Nusantara Group, Presiden Direktur PT Unitra Nusantara Persada, Direktur PT Bhumi Jati Power, Direktur PT Energia Prima Nusantara, Direktur pada PT Unitra Persada Energia.

Semenjak berkarier di grup UNTR, Boy sudah mengumpulkan pengalaman yang sangat luas pada industri yang berbeda beda dan siap untuk berkontribusi untuk perkembangan Arkora Hydro ke depan.

"Dewan komisaris dan direksi Perseroan yang baru disetujui dalam RUPST ini memiliki keahlian yang berbeda beda dan expert pada bidangnya masing-masing. Ini merupakan salah satu strategi perusahaan untuk berkembang secara agresif dan juga dengan cara yang kreatif,” kata Aldo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Grup Astra Investasi di Arkora Hydro

Sebelumnya, PT United Tractors Tbk (UNTR) anak usaha PT Astra International Tbk (ASII), melalui PT Energia Prima Nusantara atau EPN resmi menambah kepemilikan saham di PT Arkora Hydro Tbk (ARKO), operator Pembangkit Listrik Mini Hydro (PLTM).

Adapun EPN merupakan anak usaha United Tractors yang menekuni bisnis di sektor energi yang ramah lingkungan atau Energi Baru dan Terbarukan (EBT).

Direktur Utama Arkora Hydro, Aldo Henry Artoko mengemukakan, sudah diterima informasi dari pemegang saham ACEI, telah dilakukannya penandatanganan perjanjian jual beli (CSPA) antara EPN dan ACEI Singapore (penjual) untuk menambah kepemilikan EPN melalui pembelian saham ARKO yang dimiliki oleh ACEI Singapore sebesar 21,61 persen.

“Transaksi penambahan kepemilikan saham di ARKO dilakukan Grup Astra melalui anak perusahaannya, yaitu UNTR. Total nilai transaksi pembelian mencapai Rp 176,5 miliar, sehingga total kepemilikan Grup Astra melalui UNTR di ARKO bertambah menjadi sebesar 31,49 persen,” kata Aldo dalam siaran pers, Senin (8/8/2022).

Menurut Aldo, transaksi penambahan kepemilikan saham ini sangat penting bagi Perseroan. Itu karena Grup Astra dan Arkora Hydro memiliki visi misi yang sama dalam pengembangan energi baru terbarukan untuk Indonesia.

Dengan masuknya Grup Astra ke dalam Arkora Hydro, perseroan yakin bisa lebih mempercepat perkembangan energi baru terutama untuk mendapatkan proyek-proyek yang berskala besar dengan kapasitas diatas 25 MW per project guna merealisasikan visi perusahaan, yaitu untuk meningkatkan bauran energi terbarukan di Indonesia melalui pengembangan potensi potensi tenaga air di Tanah Air.

“Harapan ini tentunya didukung oleh kemampuan teknis, keuangan dan fundamental ARKO yang kuat,” ungkap Aldo.

3 dari 4 halaman

Manfaat Transaksi

Transaksi ini mendatangkan banyak manfaat bagi Arkora Hydro. Perseroan bisa masuk ekosistem perusahaan yang sudah matang dengan corporate culture yang baik dan bisa bertumbuh besar lebih cepat lagi.

"Kami bisa memanfaatkan resource dari Grup Astra atau United Tractor untuk keperluan perkembangan perusahaan di masa depan," ujar dia.

Selain itu, transaksi ini juga merupakan validasi bagi Arkora Hydro sebagai perusahaan berkembang yang mempunyai fundamental kokoh, GCG yang baik dan prospek usaha yang kuat. Itu dibuktikan dengan perusahaan peringkat atas seperti Astra Group melalui UT (United Tractor) bisa memutuskan untuk masuk menjadi pemegang saham Arkora Hydro.

Tidak cuma itu, menurut Aldo, dengan partnership ini, Arkora Hydro memiliki akses yang lebih baik ke pembiayaan untuk proyek yang lebih besar dan penerapan GCG yang lebih baik untuk Arkora Hydro.

Berdasarkan data RTI per 8 Juli 2022, pemegang saham perseroan antara lain PT Arkora Bakti Indonesia 47,52 persen, ACEI Singapore Holdings Private Ltd sebesar 31,68 persen dan masyarakat sebesar 20,79 persen.

4 dari 4 halaman

Pembangunan PLTA

Aldo menambahkan, Arkora Hydro menyiapkan belanja modal Rp 200 miliar – Rp 250 miliar pada 2022 untuk pembangkit listrik tenaga air.

"Kami juga berencana membelanjakan modal untuk proyek energi terbarukan lainnya, yaitu Arkora Tenaga Matahari sekitar Rp 20 miliar di 2022,” ujar Aldo.

Aldo mengemukakan, Arkora Hydro saat ini mengoperasikan 17,4 MW pembangkit listrik ramah lingkungan dan sedang membangun 15,4 MW pembangkit listrik tenaga air.

Sementara itu, Arkora Hydro juga sudah memiliki proyek-proyek pada masa depan yang siap dikembangkan untuk di bangun dengan total kapasitas sampai 50 MW. Bahkan, perusahaan juga sedang mengincar proyek pembangkit listrik tenaga air dengan kapasitas diatas 25 MW per project untuk di kembangkan 3-4 tahun ked epan.

"Dengan sudah sejalannya dengan pemerintah Indonesia dan dunia global mengenai renewable energy, kemampuan team atau human resource yang kompeten dan berdedikasi tinggi ditambah dengan adanya partner seperti United Tractor atau Astra Group, kami sangat optimis dengan prospek ARKO di masa depan,” kata Aldo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.