Sukses

Menakar Efek Potensi Kenaikan Harga BBM terhadap IHSG

Bagaimana dampak potensi kenaikan harga BBM bersubsidi terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)?

Liputan6.com, Jakarta - Sentimen harga bahan bakar minyak (BBM) membayangi laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Dalam jangka pendek, IHSG diprediksi melemah imbas kenaikan harga BBM bersubsidi. Namun, hal itu akan kurangi risiko terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023.

Mengutip riset PT Ashmore Asset Management Indonesia, hingga Juli 2022, volume bensin dan solar bersubsidi (Pertalite dan solar) telah dikonsumsi pada tingkat lebih tinggi dari yang dialokasikan mencapai sekitar 73 persen dan 66 persen dari alokasi BBM bersubsidi. Ini sebagian besar karena pemulihan mobilitas serta memperlebar kesenjangan harga dengan bahan bakar berkualitas lebih tinggi.

“Jika kuota untuk 2022 akan tetap tidak berubah, berdasarkan Juli 2022, angka bulanan konsumsi Pertalite dan solar harus berkurang masing-masing sekitar 29 persen dan 48 persen menunjukkan konsumen perlu memakai lebih tinggi bahan alternatif yang akan menjadi 63 persen dan 24 persen lebih mahal,” tulis Ashmore.

Lalu mempertahankan atau menaikkan harga BBM bersubsdii?

Mengutip riset Ashmore, mempertahankan harga BBM bersubsidi saat ini bisa dicapai dengan meningkatkan anggaran 2022, tetapi ini akan berdampak negatif pada anggaran 2023 sebagai gantinya. Selain itu, bisa juga dicapai dengan mengontrol volume pasokan bahan bakar secara ketat. Namun, hal ini dapat mengurangi kekuatan pembelian dengan memaksa konsumen membeli bahan bakar lebih mahal sebagai alternatif.

Di sisi lain, meningkatkan harga bahan bakar bersubsidi akan membantu mengurangi risiko terhadap APBN 2023 dengan menghemat Rp 25 triliun pada anggaran 2022 dan Rp 111 triliun pada anggaran 2023. Namun, hal itu akan meningkatkan inflasi sehingga kurangi daya beli secara keseluruhan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Data Ekonomi yang Dirilis Pekan Ini

Lalu bagaimana dampak ke pasar?

Secara historis, kenaikan harga BBM bersubsidi biasanya diikuti oleh koreksi jangka pendek dalam IHSG, tergantung pada kenaikan serta kinerja IHSG secara historis.

"Jika ini akan terjadi lagi, kitab isa berharap IHSG melemah dalam jangka pendek tetapi sejak kenaikan akan mengurangi risiko terhadap APBN 2023, kami mengharapkan kinerja IHSG tetap tangguh terhadap tantangan 2023," tulis Ashmore.

Pada pekan ini, ada sejumlah data ekonomi global yang dirilis antara lain:

-Dari Amerika Serikat, ekonomi AS alami kontraksi tahunan 0,6 persen pada kuartal II 2022. Turun kurang dari 0,9 persen dari perkiraan sebelumnya, karena revisi belanja konsumen dan persediaan.

-The S&P Global Eurozone Manufacturing PMI melemah ke 49,7 pada Agustus 2022 dari 49,8 pada Juli 2022, demikian perkiraan awal menunjukkan.

 

3 dari 4 halaman

Data Ekonomi Lainnya

-Indikator the GfK Konsumen Jerman turun ke rekor terendah baru minus 36,5 pada September 2022 direvisi minus 30,9 pada bulan sebelumnya dan perkiraan pasar minus 31,8.

-Bank sentral China menurunkan suku bunga pinjaman pada Agustus 2022. Ini pengurangan kedua pada 2022. Pinjaman satu tahun didorong lima basis poin ke posisi 3,65 persen. Sedangkan bunga pinjaman lima tahun dipangkas untuk kedua kalinya pada 2022 sebesar 15 basis poin menjadi 4,3 persen.

-Bank of Korea menaikkan bunga acuan sebesar 25 basis poin menjadi 2,5 persen pada Agustus 2022.

-Bank sentral Jepang mempertahankan suku bunga jangka pendek minus 0,1 persen dan imbal hasil obligasi bertenor 10 tahun sekitar 0 persen selama Juli 2022. Bank sentral Jepang juga memangkas produk domestik bruto (PDB) 2022 menjadi 2,4 persen dari 2,9 persen yang ditargetkan pada April 2022.

-Secara mengejutkan, Bank Indonesia menaikkan suku bunga 25 basis poin menjadi 3,75 persen pada pertemuan Agustus 2022. Ini kenaikan suku bunga pertama sejak 2018, karena berusaha untuk menjinakkan inflasi yang tidak terkendali dan memperkuat nilai tukar rupiah.

4 dari 4 halaman

Alasan Indonesia Jadi Permata di Negara Berkembang

Indonesia bak permata di jajaran negara berkembang saat ini, baik di pasar ekuitas maupun obligasi. Head of Fixed Income, Ashmore Asset Management Indonesia, Anil Kumar CFA. MBA menilai pasar Indonesia masih menjadi pilihan prioritas investor asing untuk melarikan uangnya.

"Kalau kita bicara sama semua investor asing di dunia, Indonesia itu tetap nomor satu prioritas di emerging market,” kata dia dalam webinar Money Buzz, Selasa, 23 Agustus 2022.

Hal itu merujuk pada kondisi dalam negeri yang cenderung stabil kendati diterpa berbagai sentimen global saat ini. Baik dari sisi ekonomi, politik, current account deficit (CAD) yang terjaga, dan pembenahan ekonomi yang baik.

"Jadi semua ini membuat Indonesia itu di mata investor asing itu sangat luar biasa. Kita hanya lagi menunggu Kapan uang itu mulai pindah dari negara maju ke negar aberkembang lagi,” imbuh dia.

Anil mengatakan, saat ini banyak investor yang berpaling dari pasar negara berkembang (emerging market) dan merapat pada pasar negara maju.

Dia menilai, hal itu ditengarai adanya normalisasi negara maju yang belum dilakukan oleh negara. Jika nanti emerging market menempuh langkah serupa, investor disebut akan kembali melirik pasar negara berkembang, termasuk Indonesia.

"Tapi percayalah ketika Bank Sentral AS sudah mulai bisa mengontrol inflasi dan setop melakukan normalisasi, uang itu akan kembali ke Indonesia,” ujar Anil.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.