Sukses

Kolaborasi Sinar Mas Land dan DANA Integrasikan Pembayaran Digital

Kolaborasi antara Sinar Mas Land dengan DANA ini turut mendukung agenda transformasi Sinar Mas Land.

Liputan6.com, Jakarta - Sinar Mas Land berkolaborasi dengan dompet digital bernama DANA. Kolaborasi tersebut dilakukan mendukung transformasi Sinar Mas Land dalam memasuki sektor digital secara menyeluruh. 

Chief Transformation Officer Sinar Mas Land, Mulyawan Gani menyampaikan, kolaborasi antara Sinar Mas Land dengan DANA ini turut mendukung agenda transformasi Sinar Mas Land dalam memasuki sektor digital dari hulu ke hilir. 

"Kami akan mendorong DANA untuk mendukung transaksi dengan pembayaran digital, mulai dari warga, pemain UMKM hingga ritel besar. Kami akan mengintegrasikan pembayaran digital di township yang kami kembangkan, sehingga pelayanan warga lebih efisien dan nyaman,” kata Mulyawan Gani dalam keterangan resminya, Kamis, 25 Agustus 2022.

Selain itu, kolaborasi ini akan langsung Sinar Mas Land implementasikan ke proyek-proyek inovasi yang sedang dikembangkan oleh ekosistem Sinar Mas Land.

Sementara itu, Chief Digital Tech Ecosystem and Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap menambahkan, Sinar Mas Land tengah mengembangkan ekosistem digital yang terdiri atas akademia, komunitas, startup hingga perusahaan multinasional. 

"Kami menyambut kedatangan DANA yang tentu akan memperkaya ekosistem digital kami. Semoga kolaborasi ini memberi dampak yang besar, tidak hanya terasa di township dan proyek pengembangan Sinar Mas Land, tapi juga berdampak ke ekonomi nasional,” ujar dia.

Kemudian, apresiasi dan dukungan terhadap penyelesaian transaksi investasi terbaru dari Sinar Mas dan Lazada Group kepada DANA juga dipaparkan oleh Ketua Umum AFTECH, Pandu Sjahrir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengembangan Fitur Terbaru

Selaras dengan tekad AFTECH untuk senantiasa membantu memenuhi akses layanan keuangan berbasis teknologi bagi masyarakat di seluruh Indonesia, kolaborasi ini menjadi akselerator bagi pertumbuhan teknologi layanan keuangan finansial, yang dapat mendukung percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), serta literasi dan inklusi keuangan.

"Saat ini, DANA sudah dikenal dan dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Saya pribadi turut senang dengan adanya kontribusi dari para investor baru DANA yang sekaligus mencerminkan telah tumbuhnya pilar-pilar kepercayaan masyarakat. Melalui acara ini, saya menitipkan pesan agar DANA dapat menjaga kepercayaan pengguna,” kata Pandu.

Pertumbuhan DANA sebagai perusahaan teknologi keuangan yang telah mencapai 120 juta pengguna di seluruh Indonesia, dan mengolah rata-rata lebih dari 10 juta transaksi harian, adalah salah satu wujud inklusi keuangan di Indonesia yang membutuhkan upaya kolektif yang signifikan dari semua pemain dalam ekonomi digital dan lembaga keuangan konvensional.

 

3 dari 4 halaman

Kolaborasi

Melalui semangat kolaborasi ini, DANA akan terus memberikan solusi terbaik bagi masyarakat Indonesia, baik masyarakat dalam kategori banked maupun unbanked, serta mendukung visi pemerintah dan regulator untuk pembayaran digital dan open finance. 

Tak hanya itu, beberapa pengembangan fitur terbaru juga telah DANA siapkan hingga akhir tahun 2022 di antaranya memperluas pilihan pembayaran seperti asuransi, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), eSamsat, hingga mitra pembayaran online dan offline. 

DANA juga ikut serta mendukung kebijakan regulator melalui penerapan BI-Fast, QRIS TTS (Topup, Tarik, Setor), dan SNAP Open Banking. Dalam waktu dekat, DANA akan meluncurkan Family Account yang ditujukan khusus untuk generasi Z.

4 dari 4 halaman

Bumi Serpong Damai Investasi di DANA

Sebelumnya, PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) memperkuat investasi di ekosistem digital dengan menempatkan modal di dompet digital DANA.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Sabtu (13/8/2022), melalui entitas anak PT Sinar Pertiwi Megah (SPM) yang sahamnya dimiliki PT Bumi Serpong Damai Tbk sebesar 100 persen telah menempatkan modal USD 25 juta atau sekitar Rp 366,77 miliar (asumsi kurs Rp 14.670 per dolar AS) di PT Elang Andalan Nusantara, perusahaan penyedia aplikasi dompet digital DANA.

Direktur PT Bumi Serpong Damai Tbk, Hermawan Wijaya menuturkan, investasi strategis ini selain akan memberikan nilai lebih kepada stakeholder, terutama pemegang saham pada masa mendatang juga akan memperkuat dan memberikan nilai tambah bagi ekosistem digital PT Bumi Serpong Damai Tbk.

Perseroan menyatakan masuknya DANA dalam portofolio investasi jangka panjang perseroan akan meningkatkan dan saling mendukung pada aktivitas pemasaran, partner strategis dan mengembangkan pembayaran elektronik yang terintegrasi, aman dan terpercaya untuk pengalaman digital yang lebih baik.

Hermawan menuturkan, investasi ini merupakan tonggak awal kerja sama strategis antara Perseroan selaku pengembang properti terkemuka dan DANA sebagai penyedia platform pembayaran digital dengan 115 juta pengguna di seluruh Indonesia.

"Selain akan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan juga memberikan pengalaman digital yang lebih baik bagi konsumen kami, sehingga akan memperkuat kinerja Perseroan di masa mendatang," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.