Sukses

Hermanto Dardak Meninggal Dunia, Manajemen Jasa Marga Sampaikan Ucapan Duka Cita

Manajemen PT Jasa Marga Tbk menyampaikan duka cita atas meninggalnya mantan Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode 2009-2014 Achmad Hermanto Dardak.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Jasa Marga Tbk menyampaikan ungkapan belasungkawa atas meninggalnya mantan Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode 2009-2014 Achmad Hermanto Dardak.

"Innalilahi wa innailaihirojiun. Segenap Keluarga Besar Jasa Marga Group mengucapkan turut berduka citas atas berpulangnya Bapak Achmad Hermanto Dardak, Wakil Menteri Pekerjaan Umum Indonesia periode 2009-2014," demikian mengutip dari instagram resmi Jasa Marga @official.jasamarga, Sabtu (20/8/2022).

Manajemen grup Jasa Marga juga turut mendoakan keluarga yang ditinggalkan untuk selalu diberi kekuatan.

"Semoga amal ibadah Almarhum diterima oleh Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan selalu diberikan ketabahan serta keikhlasan,” tulis manajemen Jasa Marga.

Mengutip Kanal Bisnis Liputan6.com, Hermanto Dardak meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan lalu lintas di ruas Tol Pemalang-Batang pada Sabtu dini hari, 20 Agustus 2022.  Insiden itu merupakan bagian dari kecelakaan lalu lintas ganda yang terjadi pada Sabtu dini hari pukul 03.25 WIB. 

Peristiwa terjadi di Km 341+400 B ruas tol Pemalang-Batang melibatkan 2 kendaraan yakni Minibus Kijang Innova bernomor polisi B 2739 UFZ yang dikemudikan oleh Angga Saputra (30 tahun), dan kendaraan Truk Hino Golongan III bermuatan tepung dengan nomor polisi K 1909 BH yang dikemudikan oleh Siswoyo (31 tahun).

"Kronologi kejadian adalah kendaraan Minibus Kijang Innova melaju dari arah Semarang menuju Jakarta dengan kecepatan kurang lebih 100 km per jam di lajur 2 pada KM 341+400 B, di mana pengemudi Minibus Kijang Innova diduga indikasi mengantuk. Sehingga pengemudi kehilangan konsentrasi dan menabrak bagian belakang Truk Hino yang sedang melaju di depannya," dalam keterangan manajemen PT Pemalang Batang Tol Road (PBTR).

Ditemukan posisi terakhir kendaraan Minibus Kijang Innova menghadap ke arah Selatan di antara di lajur 1 dan lajur 2 normal di bahu jalan, dan arus lalu lintas dilaporkan landai lancar dengan cuaca cerah. 

Seusai kejadian, PBTR langsung melakukan pengamanan TKP dan identifikasi. Selanjutnya, petugas ambulance melakukan pemeriksaan terhadap korban, serta dilakukan evakuasi pada kedua kendaraan oleh kendaraan derek yang dibawa ke Pool Gerbang Tol Pekalongan sebagai barang bukti. 

Menurut laporan di lapangan, diketahui jumlah korban 2 orang, di mana 1 orang terdapat luka ringan dan 1 korban meninggal dunia di TKP. Adapun korban dilakukan penanganan lanjutan ke RS ARO Pekalongan. 

Untuk kelanjutan perkara, PTBR telah menyerahkannya kepada Polda Jateng untuk ditindaklanjuti.

"Kami turut prihatin atas kejadian ini, kami menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar selalu berhati-hati ketika berkendara, selalu perhatikan rambu-rambu lalu lintas dan informasi keselamatan berkendara pada papan VMS, serta memperhatikan kondisi masing-masing pengendara agar berhenti rest area apabila mengantuk," imbuh perseroan. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Hermanto Dardak

Diberitakan sebelumnya, berita duka datang dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Mantan Wakil Menteri PUPR periode 2010−2014 Achmad Hermanto Dardak meninggal dunia karena kecelakaan di Tol Batang Jawa Tengah.

Achmad Hermanto Dardak merupakan ayah dari Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Dardak dan ayah mertua dari artis Arumi Bachsin. 

Kabar duka tersebut terkonfirmasi dengan ungggahan Emil Dardak. Dalam unggahan itu, ia menuliskan kalimat perpisahan untuk sang ayahanda.

"Farewell my lifelong inspiration. Im so proud to have you as my father. This is your favorite song," tulis Emil Dardak sambil diiringi lagu My Way dari Frank Sinatra.

Hermanto Dardak merupakan lulusan Teknik Sipil ITB di tahun 1980 dan kemudian lulus Master Teknik Sipil dari Universitas New South Wales, Australia pada 1985. Ia kemudian mendapat gelar Doktor Transport Economy dari Universitas New South Wales Australia pada 1990.

Hermanto Dardak menjabat sebagai adalah Wakil Menteri Pekerjaan Umum Kabinet Indonesia Bersatu II mendampingi Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto. Ia dilantik pada 11 November 2011.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Karier

Kariernya dimulai dari lingkungan Bina Marga Pekerjaan Umum. Sebelum menjadi wakil menteri Pekerjaan Umum, ia sempat menduduki posisi Kepala Biro Perencanaan Pekerjaan Umum, Kepala Pusat Kebijakan Pekerjaan Umum, Dirjen Penataan Ruang Pekerjaan Umum, dan Dirjen Bina Marga Pekerjaan Umum.

Ia memperoleh berbagai penghargaan antara lain International Road Federation (IRF) Professional of the Year 2014, Ketua Tim UU jalan, UU tata ruang, Implementor Jembatan Suramadu, Tol Trans-Jawa dan Jembatan Selat Sund dan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden Republik Indonesia.

Selain itu juga Honorary Fellow dari Institution of Engineer Asia dan Distinguish Alumni Award Australia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.