Intip Lima Tips Investasi agar Merdeka Keuangan

Oleh Agustina Melani pada 17 Agu 2022, 14:29 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 14:29 WIB
20170210- IHSG Ditutup Stagnan- Bursa Efek Indonesia-Jakarta- Angga Yuniar
Perbesar
Pengunjung melintasi layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (10/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Setiap 17 Agustus, masyarakat Indonesia merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Berbagai perayaan dilakukan sebagai wujud penghargaan dan penghormatan bagi para pahlawan yang telah berjuang bagi Indonesia.

Sebagai penerus bangsa, anak muda Indonesia saat ini masih terus berjuang dengan berbagai cara. Salah satunya adalah #PejuangInvestasi untuk merdeka finansial. Merdeka finansial memiliki makna ketika Anda memiliki dana yang cukup untuk mencapai tujuan hidup. Demikian dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (17/8/2022).

Salah satu cara meraih merdeka finansial adalah dengan cara investasi saham. Banyak anak muda Indonesia ingin memulai investasi saham agar dapat meraih kemerdekaan finansial. Namun, banyak pula orang khawatir untuk melakukan investasi saham karena sekilas terlihat cukup rumit bagi orang awam dan tidak paham bagaimana cara untuk memulai investasi saham. 

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Yazid Muamar menuturkan, zaman sekarang membuka akun rekening di sekuritas untuk memulai transaksi saham sangat mudah. Calon investor saham cukup melakukan pendaftaran di perusahaan sekuritas yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Salah satunya adalah Ajaib Sekuritas yang menawarkan registrasi akun 100 persen online yang mudah dan cepat di dalam aplikasi Ajaib. Dalam hitungan menit, maka akun bisa aktif dan dapat digunakan untuk investasi saham. 

Bagi Anda yang ingin memulai investasi saham, berikut ini adalah beberapa tips yang wajib kamu terapkan jika ingin sukses investasi saham dari Financial Expert Ajaib Sekuritas, Yazid Muamar:

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tips Investasi

FOTO: PPKM Diperpanjang, IHSG Melemah Pada Sesi Pertama
Perbesar
Karyawan melihat layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (22/1/2021). Indeks acuan bursa nasional tersebut turun 96 poin atau 1,5 persen ke 6.317,864. (Liputan6.com/Johan Tallo)

1. Pastikan Biaya Hidup dan Dana Darurat Kamu Aman

Sebelum memulai investasi saham, pastikan biaya hidupmu sudah tersedia dan memiliki dana darurat yang cukup. Jangan melakukan investasi saham dengan dana darurat ataupun dengan menggunakan dana pinjaman. 

Kamu bisa membuat anggaran keuangan untuk melihat pengeluaran per bulan. Ini juga merupakan rutinitas yang memperkuat tujuan Anda untuk merdeka finansial dan memperkuat tekad terhadap godaan untuk berbelanja secara berlebihan.

Anggaran keuangan yang jelas juga mempermudah kamu untuk memperkirakan jangka waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai merdeka finansial.

2. Pahami Keuntungan dan Risiko Investasi

Jika Anda ingin menekuni saham sebagai instrumen investasi, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah belajar. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai saham ini di banyak media, tetapi tetap perhatikan kredibilitas sumber yang dijadikan acuan. 

Jangan ragu untuk berdiskusi dengan orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan ekonomi dan orang-orang yang memang sudah lama terjun ke dunia saham.

Pengalaman dari para ahli dan mereka yang berpengalaman akan memberikanmu gambaran bagaimana berinvestasi saham yang baik. Jika sudah memahami dasar dan tata cara investasi saham yang efektif, maka kamu pun akan lebih mudah mendapatkan keuntungan.

Jika kamu ingin mendapatkan keuntungan tinggi, kamu harus tau bahwa akan ada risiko besar juga yang mungkin akan kamu terima. Jadi, jika kamu tidak percaya diri mengambil saham dengan risiko tinggi, pilihlah saham perusahaan yang memiliki track record baik dan dikenal masyarakat luas.

 

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Tentukan Tujuan Investasi

Pembukaan Awal Tahun 2022 IHSG Menguat
Perbesar
Aktivitas pekerja di depan layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI, Jakarta, Senin (3/1/2022). Pada pembukan perdagagangan bursa saham 2022 Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) langsung menguat 7,0 poin atau 0,11% di level Rp6.588,57. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

3. Tentukan Tujuan Investasi

Jika Anda ingin berhasil dalam memulai investasi saham, tentu Anda pun harus memahami terlebih dulu tujuan kamu berinvestasi. Sama halnya ketika Anda ingin ke pergi suatu tempat, tanpa adanya tujuan Anda akan tersesat dan sulit menentukan arah.

Oleh karena itu, pastikan Anda menentukan tujuan investasi kamu terlebih dulu. Tujuan inilah yang nantinya akan mempengaruhi nominal serta jangka waktu yang diinginkan dan membuat Anda termotivasi berinvestasi dengan cara yang tepat. 

4. Investasi Sesuai Kemampuan

Jangan pernah memaksakan diri untuk besar pasak daripada tiang. Mulailah investasi sesuai kemampuan Anda. Meski keuntungannya sangat menggiurkan, tetapi ada risiko dibalik keuntungan tersebut. Tidak perlu modal besar untuk berinvestasi saham, karena dengan mulai Rp100 ribu Anda sudah dapat memulai investasi saham dengan memilih saham perusahaan yang tersedia di Ajaib Sekuritas.

Jangan tergesa-gesa untuk investasi dengan nominal besar. Mulailah dengan nominal kecil lalu perlahan bertambah besar. Seiring bertambahnya pengetahuan dan kepercayaan diri kamu dalam berinvestasi, kamu pun akan semakin yakin untuk berinvestasi saham dengan nominal yang besar.

 

 


Jangan Mudah FOMO

IHSG Dibuka di Dua Arah
Perbesar
Pekerja melintas di dekat layar digital pergerakan saham di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (14/10/2020). Pada prapembukaan perdagangan Rabu (14/10/2020), IHSG naik tipis 2,09 poin atau 0,04 persen ke level 5.134,66. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

5. Jangan Mudah FOMO (Fear of Missing Out)

Sebagai investor, pasti Anda akan tergoda ketika nilai saham semakin naik atau ikut-ikutan membeli saham karena orang tertentu tanpa mempelajari informasi lengkap mengenai perusahaan tersebut.

Anda harus fokus dan konsisten terhadap rencana investasi dan keuangan yang telah dibuat. Sangat jarang investor pemula mendadak kaya ketika baru mulai berinvestasi, maka hindari pengambilan keputusan yang didasari oleh FOMO.

Itulah beberapa hal mengenai saham dan tempat yang bisa kamu manfaatkan untuk mulai belajar saham pemula. Dengan mengetahui ilmu investasi saham, kamu bisa dengan mudah menentukan saham mana yang baik untuk dibeli. 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya