Ekspansi Erajaya Melalui Empat Vertikal Bisnis

Oleh Agustina Melani pada 17 Agu 2022, 07:52 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 07:52 WIB
Erajaya membuka 13 toko baru di kota-kota seluruh Indonesia
Perbesar
Erajaya membuka 13 toko baru di kota-kota seluruh Indonesia (Foto: Erajaya Group).

Liputan6.com, Jakarta - PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) akan ekspansi melalui empat vertikal bisnis, seperti Erajaya Digital, Erajaya Active Lifestyle, Erajaya Food and Nourishment dan Erajaya Beauty and Wellness. 

Head of Corporate Communications grup Erajaya, Djunadi Satrio mengatakan, transformasi Erajaya ditandai dengan dibentuknya empat vertikal bisnis, yakni Erajaya Digital, Erajaya Active Lifestyle, Erajaya Food and Nourishment dan Erajaya Beauty and Wellness. 

"Ke depannya, Erajaya akan fokus di pengembangan empat lini bisnis ini, dalam perjalanan menjadi lifestyle smart retailer terbesar di Asia Tenggara,” kata Djunadi kepada awak media, ditulis Rabu (17/8/2022).

Sementara itu, Direktur Erajaya Group Jeremy Sim mengungkapkan, belum lama ini salah satu unit bisnis Erajaya Beauty and Wellness membuka apotek Wellings 

Dia menambahkan, pada tahun ini lini bisnis Beauty and Wellness akan menambah 10 toko. Lalu, total toko lini bisnis tersebut sudah mencapai 33 toko hingga kuartal I 2022.

"1.400 Stock Keeping Unit (SKU) (pada Erajaya Beauty and Wellness), anak usaha bisnis Face Shop, Wellings Pharmacy, dan barang medical,” kata Jeremy.

Selain itu, untuk lini bisnis Erajaya Digital akan menambah 54 toko hingga akhir 2022. Jeremy juga menuturkan, untuk unit bisnis di bawah naungan Erajaya Active Lifestyle ada Urban Republic, JD Sport, DJI, IT, Garmin, Marshall dan Asics.

Kemudian, lini bisnis Erajaya Food and Nourishment menargetkan untuk menambah 43 toko hingga akhir 2022.

Adapun, unit bisnis di bawah naungan Erajaya Food and Nourishment, yakni Paris Baguette, Grand Lucky, Sushi Tei, Hokaido-ya, Yokayoka, dan Tom Sushi.

Djunadi juga menuturkan, realisasi belanja modal (capital expenditure/capex) Erajaya Swasembadamencapai Rp 147 miliar untuk kuartal I 2022. "Data realisasi capex yang terakhir kami rilis adalah untuk kuartal I 2022, sebesar Rp 147 miliar," ujar dia.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Buka Apotek Wellings

Ilustrasi apotek
Perbesar
Ilustrasi apotek. (Photo by Tbel Abuseridze on Unsplash)

Sebelumnya, Erajaya Beauty and Wellness (EBW), sebuah vertikal bisnis dari grup Erajaya, secara serentak membuka 4 outlet perdana Apotek Wellings di Jakarta. 

Pembukaan Apotek Wellings ini menjadi langkah awal EBW untuk membawa revolusi kepada industri ritel apotek dan produk farmasi. Jaringan Apotek Wellings hadir di Indonesia,  mengikuti kesuksesan dan reputasi yang telah dibangun merek sama di Malaysia.

Apotek Wellings menyediakan layanan pengisian resep, konsultasi obat, nutrisi, suplemen  dan produk kesehatan lainnya, konsultasi kesehatan dan rehabilitasi, dihadirkan dengan  pengalaman berbelanja yang nyaman dengan harga yang kompetitif, dikawal oleh tenaga  apoteker full-time yang stand-by untuk memberikan konsultasi aktif pada konsumen. 

CEO of Erajaya Beauty & Wellness, Elly Kohardjo menyampaikan, pembukaan outlet  Apotek Wellings ini merupakan perwujudan nyata visi dan misi Erajaya Beauty and Wellness  untuk menjadi market leader di area kategori wellness dan beauty. 

 

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Edukasi Kesehatan

Ilustrasi Apotek
Perbesar
Ilustrasi Apotek (pixabay.com)

Dia menambahkan, melalui edukasi kesehatan yang diberikan oleh tenaga apoteker di jaringan outlet Apotek Wellings yang selalu tersedia  di semua lokasi, pihaknya berharap dapat mengubah cara pikir serta meningkatkan kesadaran  masyarakat luas akan pentingnya gaya hidup sehat. 

"Kami yakin dengan penerapan konsep  multi-channel dengan pemanfaatan teknologi digital yang tepat, Apotek Wellings akan  menjadikan tujuan utama masyarakat Indonesia dalam mendapatkan produk farmasi,  kesehatan dan personal care yang dibutuhkan,” kata Elly dalam keterangan resminya, ditulis Senin (15/8/2022).

Daftar outlet baru Apotek Wellings yang diresmikan adalah sebagai berikut:

1. Apotek Wellings Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara

2. Apotek Wellings Green Ville, Jakarta Barat

3. Apotek Wellings Citra Garden, Jakarta Barat 

4. Apotek Wellings Teluk Gong, Jakarta Utara

 


Erajaya Bakal Tambah 62 Toko Baru Kategori Active Lifestyle

20161010-Berburu-prodak-digital-untuk-melengkapi-gaya-urban-anak-muda-AY2
Perbesar
Berbagai macam produk baru yang bergaya fashion digital hadir di gerai Urban Republik di Pondok Indah, Jakarta, Jumat (7/10). Perusahaan baru dari Erajaya ini memfasilitasi masyarakat urban untuk memenuhi gaya hidup perkotaan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) terus melanjutkan ekspansi pada 2022. Perseroan berencana menambah hingga 62 toko baru hingga akhir tahun.

Direktur Erajaya, Sim Chee Ping menuturkan, perseroan tengah fokus pada produk dan aksesoris yang terkait dengan gaya hidup pelanggan melalui berbagai produk. Hal itu antara lain Internet of things (IoT), aksesoris, dan portofolio bisnis pakaian olahraga fashion.

"Sampai akhir tahun ini, kami akan menambah 7 toko untuk JD Sports, dan 55 toko lagi untuk UR, Garmin dan DJI," ujar dia dalam paparan publik Erajaya Swasembada, Kamis, 23 Juni 2022.

Hingga Maret 2022, perseroan telah memiliki 54 toko untuk produk lifestyle. Tumbuh cukup signifikan dibanding posisi akhir Desember 2021 yang tercatat sebanyak 45 toko. Sepanjang kuartal I 2022, perseroan mencatatkan kenaikan pada penjualan bersih 5,8 persen menjadi Rp 11,5 triliun, dibandingkan kuartal I tahun lalu sebesar Rp 10,8 triliun.

Raihan itu didominasi oleh penjualan telepon seluler dan tablet sebesar 80,9 persen. Kemudian pendapatan dari voucher andil 7,4 persen, aksesoris dan lainnya 6,8 persen, dan sisanya 4,9 persen berasal dari penjualan komputer dan alat elektronik lainnya. Secara keseluruhan, hingga kuartal I tahun 2022, Perseroan memiliki 90 titik distribusi dan 1.254 owned retail outlet. Selain itu, Perseroan juga memiliki kerja sama dengan kurang lebih 67.000 toko retail pihak ketiga.

 

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya