Sukses

Warren Buffett India Rakesh Jhunjhunwala Meninggal Dunia

Investor saham yang juga dijuluki Warren Buffett India Rakesh Jhunjhunwala meninggal pada usia 62 tahun.

Liputan6.com, Mumbai - Investor saham Rakesh Jhunjhunwala yang dijuluki "Warren Buffett India" meninggal dunia pada usia 62 tahun, Minggu, 14 Agustus 2022.

Akuntan berasal dari Rajasthan, Jhunjhunwala mulai berkecimpung di saham ketika mulai kuliah, dan melanjutkan mengelola sebuah perusahaan trading saham RARE Enterprises. Rakesh Jhunjhunwala pun diperkirakan memiliki kekayaan USD 6 miliar atau sekitar Rp 88 triliun (asumsi kurs Rp 14.667 per dolar AS).

“Rakesh-ji meninggal dikelilingi oleh keluarga dan pembantu dekatnya,” ujar seorang anggota keluarga kepada Reuters, dikutip dari laman Channel News Asia, Minggu (14/8/2022).

Namun, penyebab kematian tidak segera diumumkan. Jhunjhunwala muncul beberapa hari lalu saat peluncurkan publik maskapai murah India Akasa Air. Ia meninggalkan seorang istri dan tiga anak.

Seorang pengusaha dan bankir yang mengenal Jhunjhunwala selama lebih dari 30 tahun menyebutkan kalau keterampilan komunikasi Jhunjhunwala sangat baik membantu investor kecil memahami pasar saham. Wawasan tentang ekonomi dan perusahaan membuat Jhunjhunwala menajdi selebritas tv populer.

Taruhan Jhunjhunwala mencakup sejumlah perusahaan yang dijalankan oleh grup Tata, salah satu konglomerat terbesar di India. Ini termasuk Tata Motors, pembuat jam Titan, Tata Communications, dan Indian Hotels Co yang menjalankan hotel Taj.

Investasi lainnya termasuk Indiabulls Housing Finance, Star Health Insurance dan Federal Bank. “Kami sangat sedih,” tulis manajemen Akasa Air yang didirikan Jhunjhunwala.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perdana Menteri India Narendra Modi Beri Ucapan Belasungkawa

Manajemen Akasa Air menyatakan, pihaknya tidak dapat cukup berterima kasih kepada Jhunjhunwala karena telah menjadi orang pertama yang percaya kepada Akasa Air. “Dan menaruh kepercayaan dan keyakinannya pada kami membangun maskapai penerbangan kelas dunia,” tulis manajemen.

Politikus dan pemimpin bisnis juga berduka atas meninggalnya Jhunjhunwala melalui media sosial.  “Rakesh Jhunjhunwala gigih. Penuh kehidupan, jenaka dan berwawasan luas, dia meninggalkan kontribusi yang tak terhapuskan bagi dunia keuangan,” tulis Perdana Menteri Narendra Modi di Twitter.

Modi mengatakan, Jhunjhunwala sangat bersemangat mengenai kemajuan India.Ia pun menyampaikan doa dan ucapan belasungkawa kepada keluarga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini