Traveloka Gandeng BCAP Perluas Layanan Transaksi Pembayaran

Oleh Elga Nurmutia pada 08 Agu 2022, 19:11 WIB
Diperbarui 08 Agu 2022, 19:11 WIB
FOTO: PPKM, IHSG Ditutup Menguat
Perbesar
Layar komputer menunjukkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Jakarta, Kamis (9/9/2021). IHSG Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis sore ditutup menguat 42,2 poin atau 0,7 persen ke posisi 6.068,22 dipicu aksi beli oleh investor asing. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP), anak perusahaan PT MNC Investama Tbk (BHIT) telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Traveloka Indonesia (Traveloka) untuk kemitraan antara anak perusahaan dan afiliasi BCAP dan Traveloka. 

Melalui unit bisnis layanan keuangan (financial services), Traveloka juga menyediakan solusi keuangan antara lain berupa layanan pembayaran, pembiayaan (multifinance) hingga asuransi, guna membantu konsumennya memenuhi aspirasi gaya hidup.

Melalui kerja sama ini, BCAP berencana memperluas layanan yang diberikan Traveloka guna memperkaya pengalaman pengguna di kedua platform. PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP atau MNC Bank) dan PT Flash Mobile (FM), anak perusahaan BCAP, antara lain akan mendukung pembayaran tagihan-tagihan di platform Traveloka.

Selanjutnya, aplikasi Motion Pay oleh PT MNC Teknologi Nusantara (MTN), anak perusahaan BCAP, akan melakukan joint promo program dengan Traveloka untuk voucher discount Traveloka Points dan voucher voucher lainnya yang tersedia dalam platform milik Traveloka.

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit Motion Banking untuk transaksi di platform Traveloka. 

Nasabah yang melakukan transaksi menggunakan Kartu Kredit Visa dari Motion Banking dapat memanfaatkan kupon diskon atau bonus, termasuk poin loyalitas Traveloka Points, untuk bertransaksi di platform Traveloka.

Kemudian, kerja sama ini juga melibatkan program promosi pembukaan rekening Motion Banking melalui platform Traveloka, di mana pelanggan dapat memperoleh keuntungan, termasuk bonus Traveloka Points. 

Seluruh program kerja sama BCAP dan Traveloka akan dipromosikan di media afiliasi BCAP.

"Kami sangat antusias bekerja sama dengan Traveloka, yang memungkinkan kami untuk  mengembangkan kapabilitas digital lending MotionBanking kepada para pengguna  melalui produk-produk layanan keuangan dari Traveloka," kata Direktur Utama BCAP, Yudi Hamka dikutip dari keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia, Senin (8/8/2022).

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Saling Lengkapi Ekosistem

Pembukaan Awal Tahun 2022 IHSG Menguat
Perbesar
Pekerja melintas di depan layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI, Jakarta, Senin (3/1/2022). Pada pembukan perdagagangan bursa saham 2022 Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) langsung menguat 7,0 poin atau 0,11% di level Rp6.588,57. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dengan kolaborasi ini, Traveloka dan BCAP akan saling melengkapi ekosistem dan mempermudah proses pembayaran dan  transaksi di platform Traveloka, serta mempromosikan Motion Banking, MotionPay, juga brand Motion lainnya kepada para pengguna Traveloka.

"Seiring dengan komitmen kami dalam mendukung pertumbuhan inklusi keuangan nasional, kemitraan dengan BCAP diharapkan dapat semakin memudahkan akses finansial kepada masyarakat luas dalam pemenuhan kebutuhan perjalanan dan gaya hidupnya,“ ujar Head of Business and Market Development, Traveloka Group, Willy Sakareza.

Dia menambahkan, tidak hanya memberikan dampak positif kepada konsumen, pihaknya juga optimistis kemitraan ini akan meningkatkan nilai bisnis kedua belah pihak.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Kolaborasi Bank Jago dan Traveloka Salurkan Kredit Lewat Paylater

(Ilustrasi PT Bank Jago Tbk (ARTO) Dok: Bank Jago
Perbesar
(Ilustrasi PT Bank Jago Tbk (ARTO) Dok: Bank Jago

Sebelumnya, grup Traveloka menggandeng PT Bank Jago Tbk (ARTO) untuk memperluas penyaluran kredit melalui salah satu produk financial service milik Grup Traveloka yaitu, Traveloka PayLater.

Kemitraan ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama secara simbolis antara CEO Financial Services, Traveloka Group dan Presiden PT Caturnusa Sejahtera Finance, Doan Lingga dengan Head of Partnership Lending Acquisition Bank Jago, Michael Jermia Tjahjamulia.

Sejak pertama kali diluncurkan pada 2018, Traveloka PayLater telah mencatat pertumbuhan hingga 10 kali lipat dan menyasar masyarakat underbanked di Indonesia yang memiliki kendala akses finansial, terlebih dalam memenuhi berbagai kebutuhan perjalanan dan gaya hidup.

Hadir dalam momen penandatangan kerja sama secara simbolis, CEO Financial Services, Traveloka Group sekaligus Presiden PT Caturnusa Sejahtera Finance, anak perusahaan Traveloka yang bergerak di bidang pembiayaan, Doan Lingga menyatatkan optimismenya mengenai kemitraan penyaluran kredit yang terjalin bersama Bank Jago.

"Kemitraan dengan Bank Jago telah memperluas peluang penyaluran kredit kepada masyarakat underbanked di Indonesia, khususnya pengguna Traveloka PayLater yang kerap kali mengalami kesulitan akses finansial untuk memenuhi kebutuhan perjalanan dan gaya hidup mereka,” ujar dia dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (24/4/2022).

Ia menambahkan, hal ini merupakan wujud komitmen Traveloka dalam mendukung pertumbuhan inklusi keuangan nasional. Melalui kerja sama ini kami optimis untuk dapat memberikan kontribusi terhadap hal tersebut serta berharap dapat meningkatkan nilai bisnis kedua belah pihak.

 


Jangkau Nasabah

Bank Jago dikembangkan sebagai bank berbasis teknologi untuk nasabah segmen pasar Ritel, Usaha Kecil dan Menengah,  serta Mass Market. (Dok Bank Jago)
Perbesar
Bank Jago dikembangkan sebagai bank berbasis teknologi untuk nasabah segmen pasar Ritel, Usaha Kecil dan Menengah, serta Mass Market. (Dok Bank Jago)

Sebagai bank berbasis teknologi, Bank Jago percaya kolaborasi dan sinergi dengan para pelaku ekonomi digital, seperti Traveloka, menjadi kunci dalam menjangkau nasabah baru, khususnya masyarakat yang memerlukan produk dan layanan keuangan yang mudah dan inovatif serta masyarakat yang belum tersentuh produk dan layanan keuangan (unbanked) maupun nasabah yang masih kesulitan mendapatkan akses keuangan (underbanked).

"Kemitraan dengan Traveloka PayLater menunjukkan komitmen Bank Jago untuk terus berkolaborasi dengan ekosistem digital,” tutur Direktur Bank Jago, Sonny Christian Joseph.

Perseroan berharap kerja sama dengan Traveloka yang dikenal sebagai lifestyle superapp di Asia Tenggara ini dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas dan meningkatkan pertumbuhan bisnis Bank Jago ke depan.

Perkembangan metode pembayaran Traveloka PayLater tidak hanya dilihat dari jumlah pertumbuhan konsumen, tetapi juga melalui berbagai pengembangan fitur lain yang membuat Traveloka PayLater semakin lengkap seperti; Traveloka PayLater Card dan Traveloka PayLater Virtual Number yang kini tengah diminati oleh para konsumen.

“Kami berterima kasih atas dukungan Bank Jago terhadap Traveloka PayLater. Ke depannya, kami juga berharap dapat memperluas kerja sama untuk produk dan jasa perbankan Bank Jago lainnya di masa yang akan datang,” ujar Doan.

Perseroan menyatakan berkomitmen untuk dapat mengembangkan layanan Traveloka PayLater, termasuk membuka kesempatan untuk memperluas kemitraan dengan institusi finansial lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya