Pelayaran Nasional Ekalya Buka Pusat Pelatihan pada 2023

Oleh Elga Nurmutia pada 08 Agu 2022, 15:04 WIB
Diperbarui 08 Agu 2022, 15:04 WIB
Pencatatan perdana saham PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI), Senin (8/8/2022) (Foto: BEI)
Perbesar
Pencatatan perdana saham PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI), Senin (8/8/2022) (Foto: BEI)

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk resmi tercatat di papan utama Bursa Efek Indonesia (BEI)  dengan kode saham ELPI pada Senin (8/8/2022).

Direktur Pengawasan Transaksi, Kristian Sihar Manullang mengatakan , PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk tercatat sebagai perusahaan tercatat ke-37 di BEI pada 2022 dan perusahaan tercatat saham ke-803.

"PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk yang sangat kami apresiasi serta menjadi langkah awal bagi perusahaan untuk menjadi lebih besar lagi,” kata Kristian dalam Seremoni Pencatatan Perdana Saham ELPI, Senin (8/8/2022).

Selain itu, Bursa berharap sebagai perusahaan tercatat akan merealisasikan rencana atas proceed yang telah dihimpun semakin maju serta terus menjaga transparansi dan akuntabilitas operasional perusahaan.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk, Eka Taniputra mengapresiasi kepada seluruh pihak yang membantu kelancaran pencatatan saham perusahaan di BEI.

"ELPI adalah perusahaan yang bergerak di bidang transportasi dan logistik, yang didirikan pada 1992 di Kota Ambon, Maluku untuk mensupport kegiatan logistik di Indonesia Timur,” kata Eka. 

Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari mengoperasikan lebih dari 100 kapal pada 2021 dan juga didukung perusahaan afiliasi, yaitu galangan kapal.

Kemudian, Eka juga mengatakan, momentum pencatatan saham di BEI menjadi waktu yang sangat ditunggu bagi Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari untuk dapat tumbuh menjadi lebih besar.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Training Center

IHSG Menguat
Perbesar
Pekerja melintas di depan layar yang menampilkan informasi pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (8/6/2020). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 1,34% ke level 5.014,08 pada pembukaan perdagangan sesi I, Senin (8/6). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ia menuturkan, hal ini dapat memberikan semangat baru untuk terus dapat mengembangkan ekspansi bisnis di bidang pelayaran baik di dalam negeri maupun di luar negeri melalui layanan yang ada saat ini ELPI telah menyediakan antara lain, penyewaan kapal, pekerjaan lepas pantai, logistik, engineering procurement construction (epc) dan training center.

"Khusus untuk Training Center kami merencanakan start di tahun 2023 dengan Brand MOTE yaitu Maritime Offshore Technology & Enginering. MOTE diharapkan akan menghasilkan pelaut dengan spesialisasi dalam bidang maritim yang mengikuti perkembangan teknologi di antaranya Dynamic Positioning, Offshore Ship Handling, Marlin Test dan lain sebagainya,” ujar Eka.

Eka menambahkan, suatu kebanggaan sendiri bagi Surabaya dan juga wilayah timur Indonesia karena ke depannya akan memiliki fasilitas training center yang bergerak di bidang marine khususnya dynamic positioning operator dan hanya ELPI yang mempunyai satu-satunya di Surabaya.

Jadi para perwira kapal yang membutuhkan training comptency tersebut tidak perlu jauh-jauh ke luar Surabaya untuk mendapatkan trainingnya dan license.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Prospek Bisnis Pelayaran

FOTO: IHSG Akhir Tahun Ditutup Melemah
Perbesar
Papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (30/12/2020). Pada penutupan akhir tahun, IHSG ditutup melemah 0,95 persen ke level 5.979,07. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Perseroan meyakini prospek di bisnis pelayaran masih akan terus tumbuh seiring perkembangan jumlah pelanggan, tentunya hal itu didorong dengan pelanggan-pelanggan besar yang telah bekerja sama dengan Perseroan seperti Pertamina, BP Berau Ltd, Exxon Mobil, Chevron, Petronas, Medco, Saipem dan lain-lainnya.

Perseroan menawarkan kepada para investor 1.112.000.000 saham atau equivalen dengan 15 persen  dari modal yang ditempatkan. Perseroan telah menetapkan harga saham sebesar Rp200, dan berhasil meraup dana segar senilai Rp 222,4 miliar.

Selama masa penawaran awal dan umum, Perseroan mendapat antusias luar biasa dari investor, dan hal ini tercermin dari tingkat permintaan pada pooling yang melebihi ekspektasi kami yaitu sebanyak 27 kali. Lebih dari 50 persen dari dana penawaran umum akan dialokasikan untuk belanja modal Perseroan dengan tujuan perkembangan bisnis dan sisanya akan digunakan untuk modal kerja.

 


Saham ELPI Naik Rp 70 saat Pembukaan Perdagangan Perdana

20161110-Hari-ini-IHSG-di-buka-menguat-di-level-5.444,04-AY2
Perbesar
Suasana kantor Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (10/11). Dari 538 saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia, 181 saham menguat, 39 saham melemah, 63 saham stagnan, dan sisanya belum diperdagangkan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk resmi tercatat di papan utama Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham ELPI pada Senin (8/8/2022).

PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk tercatat sebagai perusahaan tercatat ke-37 di BEI pada 2022 dan perusahaan tercatat saham ke-803.Dalam perdagangan perdana, saham PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk dibuka naik Rp 70 per saham ke posisi Rp 270 per saham dari harga perdana Rp 200 per saham.

Pada pukul 10.49 WIB, saham ELPI melonjak 35 persen ke posisi Rp 270 per saham.Saham ELPI berada di level tertinggi Rp 270 dan terendah Rp 224 per saham. Total frekuensi perdagangan 40.943kali dengan volume perdagangan 5,78 juta saham dengan nilai transaksi Rp 147,9 miliar.

PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI), perusahaan yang bergerak di bidang angkutan laut dan aktivitas penunjang angkutan, secara resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada hari ini, 8 Agustus 2022 dengan harga penawaran yaitu Rp200.

Melalui pencatatan perdana saham ini, Perseroan berharap dapat mengembangkan bisnis dengan memperluas ekspansi armada dan layanan yang disediakan oleh Perseroan.

Direktur Utama Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari, Eka Taniputra mengungkapkan, momentum ini menjadi waktu yang sangat ditunggu bagi ELPI untuk dapat tumbuh menjadi lebih besar, hal ini dapat memberikan semangat baru untuk terus dapat mengembangkan ekspansi bisnis di bidang pelayaran baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya