Sukses

Produsen Laptop Axioo Peroleh Kontrak Baru dari TNI

PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) peroleh kontrak baru dari Pusat Sandi dan Siber TNI Angkatan Darat.

Liputan6.com, Jakarta - PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) meraih kontrak baru melalui anak usaha perseroan dengan Pusat Sandi dan Siber TNI Angkatan Darat.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Minggu (7/8/2022),  PT Tera Data Indonusa Tbk melalui  PT Internet Pratama Indonesia memperoleh kontrak baru pada 27 Juni 2022. Perseroan peroleh kontrak baru dari Pusat Sandi dan Siber TNI Angkatan Darat.

“Dampak penandatanganan kontrak ini memberikan tambahan pendapatan kepada perseroan sebesar Rp 99,99 miliar,” tulis perseroan.

Sebelumnya, perseroan telah menandatangani kontrak payung antara perseroan dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) terkait konsolidasi pengadaan laptop dalam negeri pengadaan tahun anggaran 2022 di berbagai kementerian/lembaga/pemerintah daerah pada 28 Juli 2022.

“Kami bangga dapat berkontribusi dan sudah dipercaya untuk proyek pengadaan laptop nasional ini. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada LKPP yang telah memfasilitasi konsolidasi pengadaan laptop nasional. Axioo sangat siap untuk memenuhi kebutuhan laptop di seluruh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah (K/L/PD) di seluruh Indonesia karena PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) telah memenuhi semua kualifikasi yang disyaratkan.” ujar Direktur Utama PT Tera Data Indonusa Tbk Michael Sugiarto, (AXIO) dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 28 Juli 2022.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dua Produk Unggulan

Ia menuturkan, Axioo juga telah memenuhi program pengadaan produk dalam negeri yang diadakan pemerintah pada tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun lalu kami telah berkontribusi melalui hadirnya Axioo ChromeBook untuk proyek pengadaan nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, di tahun ini pun kami kembali siap menghadirkan perangkat TIK dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh pemerintah,” kata dia.

Dari nilai total proyek tersebut, Axioo berpotensi dapat memenuhi konsolidasi pengadaan laptop PDN di atas Rp 1 triliun. Axioo telah memastikan kesiapan bahan baku, sumber daya manusia, hingga perluasan pabrik untuk memenuhi konsolidasi pengadaan laptop PDN.

Axioo menawarkan dua produk unggulan untuk konsolidasi pengadaan laptop PDN, yaitu:

1. AXIOO CHROMEBOOK untuk peralatan TIK yang dananya bersumber dari DAK Fisik bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2022

2. AXIOO MYBOOK PRO K5 (8N2) untuk kebutuhan administrasi perkantoran yang dananya bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2022 pada masing-masing K/L dan/atau APBD Tahun Anggaran 2022 pada masing-masing Pemerintah Daerah

 

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Corporate Secretary Perseroan, Luhur Budiman menuturkan, pasar retail dan korporasi untuk TIK di Indonesia masih terus berkembang dengan pesat, seiring perkembangan kebutuhan masyarakat Indonesia yang masih mempunyai kepemilikan komputer yang sangat rendah. Axioo terus berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem industry TIK, untuk meningkatkan TKDN dan memberdayakan industri pendukung dalam rantai pasokan TIK nasional.

“Axioo sebagai brand asli indonesia berhasil meraih capaian skor tertinggi untuk produk ChromeBook hingga mencapai 52,55 persen dalam pemenuhan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sehingga Axioo sudah melampaui kriteria dari pemerintah mengenai pemenuhan tingkat kandungan lokal.

Luhur menuturkan, spesifikasinya juga sudah sesuai standar yang telah ditentukan oleh kebutuhan pemerintah. Pengiriman laptop ChromeBook dan laptop administrasi perkantoran ini akan dilaksanakan secepatnya untuk didistribusikan ke sekolah-sekolah dan kantor pemerintah dan lembaga di seluruh Indonesia sesuai dengan arahan Presiden RI.

4 dari 4 halaman

Jadi Pendatang Baru di BEI

Sebelumnya, PT Tera Data Indonesia Tbk mencatatkan saham perdana di papan pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (20/7/2022).

PT Tera Data Indonesia Tbk mencatat saham dengan kode AXIO sebagai perusahaan tercatat ke-27 di BEI pada 2022. Jumlah saham yang dicatatkan sekitar 5.840.126.500.

Adapun produsen laptop Axioo ini telah melepas 1.040.126.500 saham dalam rangka penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) dengan nilai nominal saham Rp 25. Jumlah saham yang ditawarkan itu setara 17,81 persen dari modal ditempatkan dan disetor perseroan setelah IPO.

Harga saham perdana yang dipatok Rp 140 per saham. Dengan demikian, pemilik merek laptop Axio ini meraih dana IPO Rp 145,61 miliar.

Seluruh dana IPO, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi akan digunakan untuk dua pos utama. Pertama, sekitar 90 persen akan digunakan untuk modal kerja, pembiayaan piutang usaha, dan peningkatan kualitas SDM.

Sementara sisa dana IPO akan dialokasikan sebagai belanja modal. Antara lain, untuk perluasan area gudang dan produksi.

Kemudian untuk pembelian peralatan pendukung produksi berupa conveyor line, forklift, racking management, serta mesin berupa surface mounting technology (SMT) untuk keperluan produksi motherboard dan alat pendukung pengembangan berupa alat tes hasil produksi (quality control kit).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.