Sukses

Produsen Es Krim Campina Tebar Dividen Rp 35 per Saham, Catat Jadwalnya

Pembagian dividen PT Campina Ice Cream Industry Tbk (CAMP) tersebut telah diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 22 Juli 2022.

Liputan6.com, Jakarta - PT Campina Ice Cream Industry Tbk (CAMP) akan membagikan dividen tunai untuk periode tahun buku 2021 sebesar Rp 205,97 miliar. Dividen tunai untuk tahun buku 2021 itu setara Rp 35 per saham.

Pembagian dividen PT Campina Ice Cream Industry Tbk tersebut telah diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 22 Juli 2022.

Pembagian dividen tersebut mempertimbangkan laba bersih yang didapat diatribusikan kepada entitas induk sebesar Rp 100,06 miliar, saldo laba ditahan yang tidak dibatasi penggunaannya sebesar Rp 230,09 miliar, dan total ekuitas sebesar Rp 1,02 triliun.

Berikut jadwal pembagian dividen dikutip dari data Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Rabu (27/7/2022):

-Tanggal efektif pada 26 Juli 2022

-Tanggal cum dividen di pasar regular dan pasar negosiasi pada 1 Agustus 2022

-Tanggal ex dividen di pasar regular dan pasar negosiasi pada 2 Agustus 2022

-Tanggal cum dividen di pasar tunai pada 3 Agustus 2022

-Tanggal ex dividen di pasar tunai pada 4 Agustus 2022

-Tanggal daftar pemegang saham yang berhak atas dividen tunai pada 3 Agustus 2022 pukul 16.00 WIB

-Tanggal pembayaran dividen pada 25 Agustus 2022

Pada penutupan perdagangan Selasa, 26 Juli 2022, saham CAMP melemah 0,67 persen ke posisi Rp 298 per saham.

Saham CAMP dibuka stagnan Rp 300 per saham. Saham CAMP berada di level tertinggi Rp 304 dan terendah Rp 292 per saham. Total frekuensi 329 kali dengan volume perdagangan 18.347 saham. Nilai transaksi Rp 542,9 juta.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Es Krim Campina Tetap Eksis di Usia 50 Tahun

Sebelumnya, Es krim Campina merayakan hari ulang tahun ke-50 di bulan ini dengan meluncurkan produk terbaru serta memperkenalkan Tiara Andini sebagai New Brand Ambassador Campina. Didirikan pada 1972, jenema es krim yang berbasis di Surabaya, kini, Campina sudah menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

"Campina sudah menemani keluarga Indonesia dari generasi ke generasi dengan segala kebaikan dan value yang sama," kata Sales & Marekting Director Campina Adji Andjono pada konferensi pers yang digelar di Brotherhood Gunawarman, Jakarta Selatan, Selasa, 19 Juli 2022. Menurut Adji, Campina kini menguasai 18 persen sampai 19 persen pangsa pasar es krim tanah air.

Mampu bertahan dan tetap eksis selama 50 tahun tentu bukan hal yang mudah. Adji mengatakan, ada beragam faktor yang membuat hal itu bisa terwujud. Di antaranya adalah, Campina terbuat dari bahan baku pilihan, menggunakan susu dan gula asli. Es krim ini juga diproduksi dengan standar internasional dan tentunya memiliki jaminan label BPOM dan halal.

"Sebagai sebuah merek, kami telah menempuh perjalanan yang cukup panjang. Menemani keluarga dari generasi ke generasi dengan segala kebaikan dan value yang sama. Kami selalu berusaha memberikan yang terbaik, mengikuti tren dan inovasi, serta menyesuaikan perubahan yang ada di pasar. Bagi Campina, konsumen adalah segalanya," ucap Adji.

Mengenai rahasia sukses, Adji mengatakan, Campina konsisten menjaga kualitas bahan baku dengan memakai bahan terbaik dan segar, serta menjaga cita rasa produk yang tetap lezat. Selain itu, produk merek ini juga diproduksi oleh pabrik yang ramah lingkungan.

"Salah satu bahan baku kami, susu juga lebih padat. Selain itu, es krim kami diproduksi dengan standar internasional, memiliki jaminan BPOM, serta berlabel halal," kata Adji.

 

3 dari 5 halaman

Solusi untuk Lactose Intolerance

Es krim ini menyasar semua segmen, mulai dari anak kecil, anak muda hingga dewasa. Produk-produk es krim Campina dapat ditemui di minimarket, supermarket dan juga di kanal online atau marketplace yang ada di Indonesia.

Terobosan lainnya adalah membuat produk-produk inovatif yang bisa memahami keinginan konsumen. Untuk mereka dengan kondisi Lactose Intolerance (tidak dapat mencerna susu hewani), Campina merilis varian yang memakai susu almond atau susu kedelai.

"Kita juga pernah membuat varian es krim yang bahannya dari susu almond dan susu kedelai atau soya, karena cukup banyak orang Indonesia yang kurang cocok atau bahkan alergi sama susu sapi. Jadi, kita bikin varian yang salah satu bahannya pakai susu kedelai atau almond. Rasanya tetap enak dan cukup disukai," terang Adji.

Kiat lainnya, mereka juga mendukung gaya hidup konsumen saat ini seperti, mereka yang menjalankan program diet atau selektif terhadap asupannya, vegan dan vegetarian.

 

4 dari 5 halaman

Strategi Perseroan

Strategi lainnya adalah memperkenalkan brand ambassador baru, Penunjukan Tiara Andini merupakan salah satu strategi merek ini untuk menarik pasar yang lebih muda, terutama Milenial dan Gen Z. Mereka membutuhkan figur atau representatif yang bisa menyampaikan pesan akan kebaikan dari produk-produk es krim milik merek tersebut.

"Walaupun kami sudah berusia 50 tahun, kami merasa bahwa konsumen terus berubah. Saat ini, ada Milenial dan Gen Z. Maka dari itu, menggunakan brand ambassador adalah salah satu cara untuk membuat merek kami relevan dan bisa lebih diterima di generasi saat ini," tutur Adji.

Tiara adalah penyanyi yang permah menjadi finalis Indonesian Idol. Penyanyi muda berbakat asal Jember, Jawa Timur kelahiran tahun 2001 ini berhasil meraih posisi dua dalam kompetisi tersebut.

Sejak itu, namanya semakin dikenal. Bahkan, di awal kariernya, ia telah mendapatkan penghargaan sebagai “Best New Asian Artist Indonesia” dari Penghargaan Musik Asia MNET.

 

 

5 dari 5 halaman

Jingle Campina

Tiara membintangi iklan dan juga menyanyikan jingle Campina dengan suasana baru. Menurut Adji, Tiara memiliki nilai dan semangat yang sama dengan Campina. Sejak belia, ia sudah berkarya, punya talenta yang luar biasa dan mencetak prestasi sekaligus menebarkan kebaikan.

Tiara mengaku bangga bisa terpilih sebagai Brand Ambassador Campina. "Aku sejak kecil kenal dengan es krim Campina. Banyak pilihan rasa yang enak-enak beda sama yang lain. Menurut aku makan es krim bisa mengangkat mood dan bikin ceria, apalagi belakangan aku banyak aktivitas yang padat, jadi semangat pokoknya" tutur Tiara.

Pada momen 50 tahun ini, Campina meluncurkan beberapa produk baru untuk menyasar target pasar anak muda, seperti Concerto Midi Tiramisu, es krim rasa Tiramisu. Selain itu, Campina akan membuat sejumlah program yang mendekatkan dengan konsumen anak muda.

"Kami akan memaksimalkan komunikasi kepada konsumen muda melalui berbagai media, dan membuat konsumen semakin mudah dalam mendapatkan es krim, pelayanan pembelian melalui kanal online yang lebih optimal, dengan pengiriman yang cepat dan tentu saja kualitas dan higienitas tetap terjaga," pungkas Adji.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.