Sukses

Intip Strategi Investasi Seperti Warren Buffett Selama Resesi

Analis ini bagikan bagaimana investasi seperti Warren Buffett selama resesi.

Liputan6.com, Jakarta - Antara 2020 hingga 2022, harga saham berhasil melesat tinggi. Namun, pada 2022, harga saham harus kembali melemah dipengaruhi berbagai macam sentimen, salah satunya masalah ekonomi yang disebut berpotensi terjadi resesi. 

S&P 500 (INX) turun sekitar 18 persen year-to-date, tingkat inflasi di AS berada di level tertinggi 40 tahun, kekacauan geopolitik berlimpah dan resesi menjulang. Dalam situasi ini, ada beberapa cara investasi yang dilakukan oleh investor senior, Warren Buffett. Adapun caranya sebagai berikut:

Lakukan Analisis

Buffett menjelaskan, reli saham sebagian besar didasarkan pada teknis, pemerasan pendek yang terkoordinasi, dan bukan pada apakah perusahaan dapat bertahan dalam jangka panjang. 

"Pembelian sembarangan itu membantu mengubah wall street menjadi ruang perjudian," kata Buffett pada pertemuan perusahaannya April lalu, dikutip dari CNN, Minggu (24/7/2022). 

Menurut Buffett, analisis teknis berguna untuk perdagangan jangka pendek dan untuk pasar waktu, sedangkan analisis fundamental berguna untuk investasi jangka panjang, yang kurang rentan terhadap keinginan ekonomi.

Dalam jangka panjang, saham cenderung mengungguli inflasi dan pulih dari penurunan dengan selisih lebar, tetapi ini adalah maraton bukan sprint. Buffett dikenal mengatakan periode kepemilikan saham favoritnya adalah selamanya.

Analisis fundamental tidak memberi tahu investor banyak tentang apa yang akan terjadi dalam waktu dekat, tetapi ketika saatnya untuk berjongkok dan melewati masa-masa sulit, investasi fundamental adalah cara yang harus dilakukan.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual saham. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Percaya Diri Sendiri dan Investasi dalam Bisnis yang Dipahami

Percaya Diri Sendiri

Melihat cara investasi Buffett, investor tidak pandai memprediksi masa depan, kata Steven Check, yang menjalankan perusahaan penasihat keuangan Check Capital. Mereka cenderung bereaksi berlebihan terhadap masalah langsung. 

"Pasar tidak rasional dalam jangka pendek, tetapi selalu rasional dalam jangka panjang," kata Check. 

Gelembung tumbuh dan pecah tetapi jika Anda mempertimbangkan bagaimana bisnis akan berjalan selama dekade berikutnya dan kemudian bertahan dengannya. Anda pada akhirnya akan mendapatkan imbalan," lanjut dia.

Maka dari itu, menurut Check tidak perlu jadi guru saham, setidaknya percaya dengan diri sendiri dalam memilih saham. 

Investasi Dalam Bisnis yang Dipahami

Dalam aturan investasi Buffett, penting untuk investor melakukan pekerjaan itu sendiri dan tidak pernah berinvestasi dalam bisnis yang tidak dipahami. Tempat yang baik untuk memulai adalah dengan membaca tentang perusahaan yang prospektif.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Selanjutnya: Investasi dalam Bisnis yang Dipahami

Investor bisa mulai menanyakan hal-hal seperti siapa yang mengelola bisnis, apa yang dipromosikan, dan bagaimana caranya. Apakah diri sendiri memahami produk dan apakah produk itu memiliki prospek baik pada ekonomi masa depan? 

Deretan pertanyaan tersebut bisa mulai ditanyakan pada diri sendiri sehingga bisa memahami saham yang dipilih. 

"Evaluasi neraca mereka. Apakah laporan laba rugi, laporan arus kas, biaya operasi, pendapatan dan pengeluaran mereka tampak sehat? Apakah laba bersih telah meningkat selama beberapa tahun terakhir? Apakah utang perusahaan tampak aneh?," ujar Check.

Akhirnya, menurut Check, investasi harus tetap up to date, tidak berakhir saat perdagangan berjalan. Ekonomi berkembang dan portofolio investasi juga harus berkembang.

4 dari 4 halaman

Perusahaan Investasi Warren Buffett Beli Saham Occidental Rp 10,45 Triliun

Sebelumnya, perusahaan investasi Warren Buffett, Berkshire Hathaway membeli lagi 12 juta saham Occidental Petroleum Corp pekan ini. Dengan demikian, Berkshire Hathaway genggam 18,7 persen saham di perusahaan minyak tersebut.

Pembelian saham dilakukan pada Selasa dan Rabu tepatnya 5 dan 6 Juli 2022. Nilai pembelian sekitar USD 698 juta atau sekitar Rp 10,45 triliun (asumsi kurs Rp 14.976 per dolar AS), demikian dalam pengajukan Berkshire. Pada pekan lalu, Berkshire beli 9,9 juta saham Occidental.

Sejauh ini, Berkshire Hathaway sebagai pemegang saham terbesar Occidental Petroleum yang berbasis di Houston memiliki 175,4 juta saham senilai USD 10,8 miliar. Selain itu, Berkshire juga memiliki USD 10 miliar saham preferen Occidental dan punya waran 83,9 juta saham senilai USD 5 miliar atau masing-masing USD 59,62.

Pada 2022, harga saham Occidental naik lebih dari dua kali lipat yang didorong aksi beli saham Berkshire dan kenaikan harga minyak seiring invasi Rusia ke Ukraina.

Peningkatan kepemilikan saham oleh Berkshire itu dorong spekulasi pasar kalau perseroan akan beli semua saham Occidental. Jika sahamnya mencapai 20 persen, Berkshire dapat pertimbangkan perubahan akuntansi yang memungkinkan mencatat bagian proporsional dari pendapatan Occidental dengan hasilnya sediri.

Konglomerat Warren Buffett berbasis di Omaha, Nebraska memiliki lusinan bisnis termasuk kereta  api BNSF, perusahaan asuransi mobil Geico dan bisnis energi yang sama serta saham termasuk Apple Inc dan Bank of America Corp.

Occidental telah kurangi utang sejak beli Anadarko Petroleum Corp senilai USD 35,7 miliar pada 2019. Investasi saham preferen Berkshire bantu biayai pengambilalihan itu. Harga saham Berskhire telah turun 7 persen pada 2022 dibandingkan dengan penurunan 18 persen di S&P 500.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Warren Buffet adalah salah satu investor yang juga masuk ke dalam jajaran miliarder dunia.

    Warren Buffett

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Wall Street