Sukses

Tesla Kantongi Pendapatan Rp 254 Triliun pada Kuartal II 2022

CEO Tesla Elon Musk memperkirakan inflasi akan mulai mereda pada akhir 2022 dan sebagian besar harga komoditas stabil.

Liputan6.com, Jakarta - Tesla Inc pada  Rabu, 20 Juli 2022 melaporkan penurunan laba kuartalan yang lebih kecil dari perkiraan karena serangkaian kenaikan harga pada kendaraan listrik (EV) membantu mengimbangi tantangan produksi yang disebabkan oleh lockdown COVID-19 di China.

Chief Financial Officer Tesla Zachary Kirkhorn mengatakan, Tesla masih mendorong untuk mencapai pertumbuhan 50 persen dalam pengiriman tahun ini. Ia menambahkan sementara target menjadi lebih sulit, "itu tetap mungkin dengan eksekusi yang kuat".

CEO Tesla Elon Musk memperkirakan inflasi akan mulai mereda pada akhir 2022 dan sebagian besar harga komoditas stabil.

Tesla tidak memiliki masalah permintaan, tetapi masalah produksi, hal itu Elon Musk sampaikan pada panggilan konferensi. Dia menepis gagasan masalah ekonomi global melukai minat Tesla, meskipun harga kendaraan naik ke apa yang dia sebut "tingkat yang memalukan".

Harga Tesla Model Y versi jarak jauh AS, sekarang USD 65.990 atau Rp 990 juta, naik lebih dari 30 persen sejak awal 2021.

Saham Tesla naik sekitar 1 persen dalam perdagangan setelah jam kerja. Saham Tesla turun sekitar 40 persen dari puncaknya pada November.

Pabrik Tesla di China mengakhiri kuartal II dengan rekor tingkat produksi bulanan. Musk mengatakan pabrik baru di Berlin dan Texas bertujuan untuk memproduksi 5.000 mobil seminggu pada akhir tahun, menambahkan bahwa Berlin memproduksi 1.000 mobil seminggu pada Juni.

Musk sebelumnya mengatakan pabrik-pabrik baru itu adalah "tungku uang raksasa" dan dia memiliki "perasaan yang sangat buruk tentang ekonomi".

Analis Morgan Stanley mengatakan dalam sebuah laporan setelah pengumuman pendapatan Tesla bahwa mereka melihat "hambatan margin jangka pendek karena tantangan (baru) dengan meningkatkan produksi baru, khususnya di Berlin".

Eksekutif Tesla mengakui beberapa kekurangan yang berkelanjutan dalam pasokan microchip generasi yang lebih tua, tetapi mengatakan tidak ada masalah besar dalam pasokan chip dan baterai kecuali penghentian terkait COVID yang tidak terduga.

Pembuat EV membukukan laba yang disesuaikan per saham sebesar USD 2,27 atau Rp 34.075 per saham untuk kuartal versus perkiraan konsensus analis sebesar USD 1,81 atau Rp 27.170. Ini turun dari USD 3,22 atau Rp 48.336 pada kuartal sebelumnya.

Margin kotor otomotif turun menjadi 27,9 persen, turun dari tahun sebelumnya dan kuartal sebelumnya, di tengah tekanan inflasi.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pendapatan Tesla Meleset dari Perkiraan Analis

Total pendapatan Tesla turun menjadi USD 16,93 miliar  atau Rp 254 triliun pada kuartal II dari USD 18,76 miliar atau Rp 281 triliun pada kuartal sebelumnya, mengakhiri rekor pendapatan pada kuartal terakhir.

Analis memperkirakan pendapatan sebesar USD 17,10 miliar atau Rp 256 triliun, menurut data IBES dari Refinitiv.

Tesla mengatakan, telah mengubah sekitar 75 persen dari pembelian bitcoin menjadi mata uang fiat, yang menambahkan USD 936 juta atau Rp 14,03 triliun uang tunai ke neraca.

Musk mengatakan, penjualan itu dilakukan untuk meningkatkan likuiditas ketika Tesla tidak yakin tentang berapa lama lockdown COVID-19 di China akan berlanjut. Tesla belum menjual kepemilikannya atas cryptocurrency Dogecoin.

"Ini tidak boleh dianggap sebagai vonis pada bitcoin,” katanya, menambahkan bahwa Tesla terbuka untuk meningkatkan kepemilikan cryptocurrency di masa depan.

Musk telah mengatakan pada Mei tahun lalu bahwa Tesla tidak akan menjual bitcoin-nya.

"Kerugian bitcoin menunjukkan bagian penting dari kasus investasi Tesla pemiliknya yang eksentrik. Sementara inovasi mengesankan Musk telah melayani perusahaan dengan baik, bakat pribadinya mulai menimbulkan pertanyaan tata kelola," kata analis di Hargreaves Lansdown, Laura Hoy.

3 dari 4 halaman

Tesla Jual 75 Persen Kepemilikan Bitcoin

Sebelumnya, produsen kendaraan listrik milik Elon Musk, Tesla telah menjual sekitar 75 persen kepemilikan Bitcoin pada akhir kuartal 2 2022. Hal itu disampaikan Tesla dalam pernyataan pendapatan kuartal kedua pada Rabu (20/7/2022). 

Perusahaan mengatakan penjualan tersebut menambahkan USD 936 juta atau sekitar Rp 14 triliun tunai ke neraca.

“Pada akhir kuartal II, kami telah mengonversi sekitar 75 persen dari pembelian Bitcoin kami menjadi mata uang fiat,” kata pihak perusahaan, dikutip dari CNBC, Kamis, 21 Juli 2022.

CEO Tesla, Elon Musk menjelaskan alasan perusahaan menjual banyak kepemilikan bitcoin adalah karena tidak yakin kapan penguncian Covid di China akan berkurang. 

"Jadi penting bagi kami untuk memaksimalkan posisi kas kami. Ini tidak boleh dianggap sebagai vonis pada bitcoin. Hanya saja kami khawatir tentang likuiditas perusahaan secara keseluruhan, mengingat penutupan Covid di China, dan kami belum menjual dogecoin kami," ujar Musk. 

Namun, ketika ditanya tentang potensi bitcoin sebagai lindung nilai inflasi pada panggilan pendapatan, Musk mengatakan tujuan utama Tesla adalah untuk mempercepat transisi ke energi berkelanjutan, dan menyebut bitcoin sebagai "pertunjukan untuk tontonan”.

Ini adalah kemunduran yang cepat bagi Tesla dan Elon Musk, yang merupakan pendukung kripto berat selama kenaikan tahun lalu. Musk sendiri sering membuat cuitan tentang berbagai mata uang digital.

4 dari 4 halaman

Harga Bitcoin Tertekan

Harga bitcoin telah kehilangan setengah nilainya dalam empat bulan terakhir selama apa yang disebut sebagai "musim dingin kripto”. Untuk Tesla, nilai pasar wajar dari kepemilikan bitcoinnya mencapai USD 2,48 miliar pada kuartal pertama 2021 dan mengakhiri tahun ini sekitar USD 2 miliar. 

Perusahaan tidak mengatakan berapa harga yang dijual atau memberikan ukuran penurunannya, tetapi bitcoin memulai kuartal kedua mendekati USD 46.000 dan berakhir di bawah USD 19.000.

Pada Mei tahun lalu, Musk mengatakan Tesla berhenti menerima bitcoin untuk pembelian mobil karena dampak lingkungan dari penambangan kripto, tetapi dia menambahkan perusahaan “tidak akan menjual bitcoin apa pun.” 

Seminggu kemudian tahun itu, dia membuat cuitan emoji yang menunjukkan perusahaan memiliki "tangan berlian" dalam hal investasi bitcoin, dan dia memuji "master koin kami”. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.