Sukses

Spin Off, GE Umumkan Nama Tiga Perusahaan Publik

Ketiga perusahaan akan mendapatkan benefit dari warisan sejarah dan brand global GE yang memiliki nilai hampir USD 20 miliar atau Rp 299 triliun itu.

Liputan6.com, Jakarta - GE (NYSE:GE) mengumumkan nama-nama brand perusahaan masa depan yang akan didirikannya melalui rencana pemisahan perusahaan menjadi tiga perusahaan publik yang terdepan di industri, beroperasi secara global, dan memiliki rating investment-grade, yang fokus pada sektor layanan kesehatan, energi, dan penerbangan yang tumbuh pesat, pada Senin, 18 Juli 2022.

GE HealthCare akan menjadi nama untuk bisnis layanan kesehatan GE. Portofolio bisnis energi GE yang ada saat ini, termasuk renewable energy, power, digital, dan energy financial services akan bernaung di bawah satu brand yakni GE Vernova. GE Aerospace akan menjadi nama untuk bisnis penerbangan GE.

Ketiga perusahaan akan mendapatkan benefit dari warisan sejarah dan brand global GE yang memiliki nilai hampir USD 20 miliar atau Rp 299 triliun itu.

Selain itu, GE pada 18 Juli 2022 mengumumkan setelah rencana spin-off tersebut rampung, saham GE HealthCare akan diperdagangkan di The Nasdaq Global Select Market dengan kode GEHC.

Kemudian, dengan diperdagangkan di Nasdaq, GE HealthCare akan mendapat manfaat dari profil dan rekam jejak bursa itu sebagai pasar bagi perusahaan publik yang inovatif dan berbasis teknologi, khususnya di sektor kesehatan.

"Hari ini menandai sebuah tonggak sejarah penting dalam rencana GE untuk menjadi tiga perusahaan independen yang sangat fokus pada bisnis masing-masing. Berkat brand global GE yang bernilai multi-miliar-dolar, kami memiliki keunggulan kompetitif di pasar, sehingga ketiga perusahaan ini menjadi bisa sukses di masa depan,” kata Chairman dan CEO, GE, dan CEO, GE Aerospace, H. Lawrence Culp, Jr dalam keterangan resminya, ditulis Selasa, 19 Juli 2022.

“Dibangun dengan fondasi yang sehat dan inovatif, perusahaan-perusahaan ini akan melanjutkan misi kami untuk membangun dunia yang bekerja dan mengingatkan pelanggan kami mengenai kekuatan yang mereka hargai dari GE,” tambahnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spin Off Bebas Pajak

GE akan melakukan spin-off bebas pajak GE HealthCare pada awal 2023, dan menjadi perusahaan independen yang mendorong inovasi dalam bidang kesehatan yang presisi untuk meningkatkan hasil bagi pasien dan menjawab berbagai tantangan penting yang dihadapi pasien dan klinik atau rumah sakit.

Dibangun dengan pengalaman lebih dari 100 tahun, nama dan Monogram GE HealthCare akan menjadi simbol keamanan, kualitas, kepercayaan, dan inovasi yang konsisten. Warna brand yang baru untuk GE HealthCare adalah compassion purple yang merefleksikan sisi kemanusiaan dan kehangatan, serta mencapai keistimewaan yang lebih besar.

Perusahaan akan terus berada di garda terdepan sebagai provider dan perawatan pasien dengan lebih dari empat juta produk yang terpasang dan lebih dari dua miliar pemeriksaan pasien dalam setahun.

Awal 2024, GE berencana mengeksekusi spin-off bebas pajak untuk GE Vernova, portofolio bisnis energi GE, yang bersama-sama dengan pelanggannya menghasilkan sepertiga dari listrik dunia dan fokus untuk mempercepat jalur menuju energi yang andal, terjangkau, dan berkelanjutan.

 

3 dari 4 halaman

GE Aerospace

Nama baru ini merupakan kombinasi dari ver yang berasal dari kata verde dan verdant yang menjadi simbol warna hijau dan biru di Bumi, serta nova dari kata Latin novus atau baru, yang mencerminkan era yang baru dan inovatif dari energi rendah karbon yang akan dihasilkan oleh GE Vernova.

Atribut ini juga terefleksi dalam warna brand evergreen GE Vernova. Dengan instalasi terpasang lebih dari 7.000 turbin gas, dan peralatan energi terbarukan yang menghasilkan daya 400 GW, monogram GE Vernova akan menjadi pengingat mengenai komitmen perusahaan untuk senantiasa menyediakan kualitas, kemitraan, dan kecerdasan bagi para pelanggannya.

Menyusul rencana-rencana spin-off tadi, GE akan fokus pada industri penerbangan melalui GE Aerospace. Dengan basis terpasang berupa 39.400 mesin pesawat komersial dan 26.200 mesin pesawat militer, perusahaan akan terus memainkan peran penting dalam mendukung industri melalui pemulihan yang bersejarah, sembari membentuk masa depan industri penerbangan.

Monogram GE, nama baru, dan warna brand baru atmosphere blue terinspirasi dari lapisan teratas atmosfer akan mempertahankan posisi brand yang kuat di sektor penerbangan, serta mencanangkan visi yang penuh percaya diri untuk bersaing dan maju di sektor penerbangan dan pertahanan bagi generasi mendatang.

Setelah rencana pemisahan itu, GE Aerospace akan mendapatkan merek dagang GE dan memberikan lisensi jangka panjang kepada perusahaan-perusahaan lainnya.

 

4 dari 4 halaman

Inovasi GE

Chief Marketing Officer GE, Linda Boff, mengatakan selama enam bulan terakhir, pihaknya terlibat dalam proses menyeluruh yang didorong oleh pelanggan untuk memahami nilai intrinsik brand GE bagi perusahaan-perusahaan masa depan yang direncanakan.

“Berdasarkan data dan analisa terhadap ribuan percakapan, jelas sekali bahwa nama GE dan Monogram kami yang sudah berusia seabad lebih mewakili warisan inovasi, simbol kepercayaan pelanggan global, kebanggaan bagi tim kami, dan magnet bagi talenta pemimpin masa depan. Kami bangga bisnis masa depan ini akan dibangun dengan DNA inovasi GE,” kata Linda.

Lebih lanjut, dengan mendirikan tiga perusahaan terpisah, masing-masing perusahaan akan mendapatkan manfaat dari fokus yang lebih besar, alokasi modal yang disesuaikan, dan fleksibilitas strategis untuk mendorong pertumbuhan serta nilai jangka panjang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.