Sukses

Belum Kuorum, Yelooo Integra Kembali Gelar RUPSLB 25 Agustus 2022

Untuk rights issue, Yelooo Integra Datanet berencana menawarkan sebanyak-banyaknya 15,3 miliar saham dengan nilai nominal Rp 100 per saham.

Liputan6.com, Jakarta - PT Yelooo Integra Datanet Tbk (YELO) akan kembali menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) paa 25 Agustus 2022. Rapat tersebut digelar dalam rangka meminta persetujuan pemegang saham atas rencana perseroan untuk melakukan rights issue.

Sebelumnya, perseroan telah melaksanakan RUPSLB pada 14 Juli 2022, tetapi belum mencapai kuorum. Sehingga Yelooo Integra Datanet berencana melakukan RUPSLB lanjutan pekan depan.

"Untuk RUPSLB yang diselenggarakan minggu lalu memang belum terjadi kuorum. Sehingga sesuai dengan ketentuan OJK, maka kami akan lanjut untuk RUPSLB kedua yang rencananya diselenggarakan di tanggal 25 Juli 2022,” kata Direktur Utama PT Yelooo Integra Datanet Tbk, Wewy Suwanto dalam paparan publik perseroan, Senin (18/7/2022).

Untuk rights issue, perseroan berencana menawarkan sebanyak-banyaknya 15,3 miliar saham dengan nilai nominal Rp 100 per saham. Perseroan yakin transaksi ini dapat memberikan pertumbuhan usaha yang baik dan optimal bagi perseroan.

Selain itu, penambahan modal dengan memberikan HMETD diharapkan menambah jumlah saham di pasar dan akan meningkatkan likuiditas saham di perseroan. Berdasarkan prospektusnya, dana hasil rights issue ini akan dialokasikan sebagai pinjaman kepada entitas anak yakni PT Telemedia Komunikasi Pratama (Viberlink) untuk modal kerja.

"Jadi rencana di 2022 setelah rights disetujui, perseroan ana mengeksekusi rencana perseroan yaitu menggelar jaringan infrastruktur fiber optic ke seluruh Pulau Jawa sepanjang kurang lebih 4.000 km,” imbuh dia.

Perseroan melalui Viberlink memang akan fokus mengembanhkan digital ISP (Internet Service Provider) untuk membawa internet cepat dan terjangkau ke desa-desa.

Dengan gerakan #InternetDesa Viberlink bertujuan membawa internet cepat dan terjangkau, sehingga dapat menyamaratakan akses terhadap internet di pedesaan.

Selain itu, perseroan akan mengembangkan dan meningkatkan kualitas infrastruktur fiber optik di Pulau Jawa. Melakukan feasibility study dengan menggali potensi bisnis connectivity dan infrastruktur fiber optic ke depannya. Serta menggarap dan mendorong kembali potensi konektivitas luar negeri setelah pandemi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyerapan Belanja Modal

Sebelumnya, PT Yelooo Integra Datanet Tbk (YELO) telah menyerap belanja modal (capital expenditure/capex) sekitar Rp 5 miliar sampai dengan paruh pertama tahun ini.

Direktur Utama PT Yelooo Integra Datanet Tbk, Wewy Suwanto mengatakan, belanja modal dialokasikan untuk geber internet berkecepatan tinggi.

"Sudah terserap sekitar Rp 4-5 miliar yang sudah diinvestasikan perseroan untuk mulai gelar jaringan internet desa maupun internet berkecepatan tinggi,” kata Wewy dalam paparan publik perseroan, Senin (18/7/2022).

Secara keseluruhan, total belanja modal yang disiapkan perseroan pada 2022 sebesar Rp 20 miliar. Dalam paparannya, Wewy menguraikan lima strategi perseroan pada 2022.

Salah satunya fokus mengembangkan pasar produk digital di daera tier 2 dan tier 3. Perseroan melalui PT Telemedia Komunikasi Pratama (Viberlink) juga akan fokus mengembangkan digital ISP (Internet Service Provider) untuk membawa internet cepat dan terjangkau ke desa-desa.

"Dengan gerakan #InternetDesa Viberlink bertujuan membawa internet cepat dan terjangkau, sehingga dapat menyamaratakan akses terhadap internet di pedesaan," beber Wewy.

Selain itu, perseroan akan mengembangkan dan meningkatkan kualitas infrastruktur fiber optik di Pulau Jawa. Melakukan feasibility study dengan menggali potensi bisnis connectivity dan infrastruktur fiber optic ke depan.

Bersamaan, perseroan akan menggarap dan mendorong kembali potensi konektivitas luar negeri pasca pandemi.

"Melihat kondisi seperti saat ini, perseroan menargetkan penambahan pendapatan Rp 1 miliar per bulan dari bisnis ISP sampai akhir tahun,” kata Wewy.

3 dari 4 halaman

Yelooo Integra Datanet Kantongi Pendapatan Rp 113,8 Miliar pada Kuartal I 2022

Sebelumnya, PT Yelooo Integra Datanet Tbk (YELO) emiten teknologi di bidang jasa penyedia alat teknologi komunikasi dan layanan konektivitas, mencatatkan pertumbuhan pendapatan bersih dan laba bersih pada kuartal pertama 2022.

Perseroan mencatatkan kenaikan pendapatan bersih pada kuartal I 2022 sebesar Rp 113,8 miliar atau naik 57,6 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp 72,2 miliar. 

Pencapaian ini seiring perseroan dalam mendorong percepatan transformasi bisnisnya terutama dalam layanan internet berbasis fiber optic yang cepat dan terjangkau.

Direktur Utama Yelooo Integra Datanet, Wewy Susanto mengatakan, pada masa pemulihan ini, pihaknya bersyukur perseroan masih terus bertumbuh bahkan meningkat cukup signifikan.

Hal ini tidak terlepas dari komitmen dan upaya, serta ekspansi yang dilakukan perseroan sehingga dapat terus mempertahankan eksistensinya bahkan terus bertumbuh. 

"Di kuartal pertama ini, YELO juga  mencatatkan kenaikan laba bersih sebesar Rp 1,9 miliar atau naik sebesar 47,6 persen dan laba kotor sebesar Rp 2,4 miliar atau naik 201,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” ujar dia dalam keterangan resmi, Senin, (6/6/2022).

Ia menambahkan, dengan pencapaian tersebut, diharapkan perseroan dapat terus mempertahankan bahkan meningkatkan kinerjanya hingga akhir 2022.

Untuk pertahankan kinerja positif, salah satu strategi Yelooo Integra Datanet adalah terus menyediakan internet cepat dan terjangkau melalui layanannya Viberlink, yaitu layanan internet yang menggunakan 100 persen fiber optic dengan kecepatan koneksi mencapai 100 mbps ke wilayah pelosok desa di Jawa. 

 

4 dari 4 halaman

Rencana Rights Issue

Sebelumnya, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) 21 Juni 2022, YELO berencana akan melakukan rights issue dengan target mengumpulkan dana sebesar Rp 737 miliar.

“Dengan dana tersebut, diharapkan YELO dapat segera melakukan pengembangan penjualan jaringan internet di sepanjang jalur rel kereta api di pulau Jawa khususnya untuk wilayah tier 2 dan tier 3, sepanjang 2,800 km yang meliputi sekitar 4,291 desa dengan jumlah penduduk sekitar 11 juta dan ini merupakan pasar yang cukup prospektif bagi perseroan ke depannya,” ujar dia.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), perseroan akan menerbitkan saham sebanyak-banyaknya 15.302.195.240 saham dengan nilai nominal Rp 100 per saham dalam rangka rights issue. Dengan rights issue itu, perhitungan rasio setiap pemegang satu saham lama berhak memperoleh delapan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) yang dapat dilaksanakan menjadi saham baru perseroan.

Perseroan akan memakai dana rights issue antara lain untuk modal kerja pada entitas anak yaitu PT Telemedia Komunikasi Pratama dalam bentuk pinjaman yang diharapkan akan meningkatkan pendapatan perseroan secara konsolidasi.

Sementara itu, perseroan akan menerima pinjaman sebesar Rp 737,11 miliar dari PT Artalindo Semesta Nusantara (ASN) yang merupakan pihak afiliasi perseroan.

Hal ini sebagaimana dalam perjanjian pengakuan utang dan piutang antara perseroan dengan ASN pada 30 Mei 2022. Adapun rencana pemberian pinjaman itu diberikan kepada PT Telemedia Komunikasi Pratama yang merupakan entitas anak perseroan dengan kepemilikan 99,67 persen.

Adapun pemegang saham perseroan yang tidak melaksanakan HMETD miliknya dan tidak mengambil porsinya atas saham baru dapat terdilusi maksimal 77,79 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.