Sukses

Tinggal Pilih tapi Masih Bingung? Ini Rekomendasi Kelas Online Kartu Prakerja di Bukalapak

Salah satu mitra kartu prekerja yakni, PT Bukalapak.com (BUKA) atau Bukalapak, turut menyajikan ragam pelatihan yang menarik.

Liputan6.com, Jakarta - Program kartu prakerja masih bergulir, teranyar gelombang 36 yang baru saja ditutup pada 12 Juli 2022. Sementara, penerima kartu prakerja gelombang sebelumnya, atau gelombang 35 bisa mulai berpartisipasi dalam program pelatihan sejak 7 Juli 2022.

Para penerima program tersebut dapat memilih kelas-kelas online yang tersedia untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di berbagai bidang. Salah satu mitra kartu prekerja yakni, PT Bukalapak.com (BUKA) atau Bukalapak, turut menyajikan ragam pelatihan yang menarik.

Di Bukalapak, penerima kartu prakerja dapat memilih lebih dari 100 kelas pelatihan baru sesuai dengan minat dan kebutuhan. Mereka juga berkesempatan untuk mengikuti kompetisi dengan beragam hadiah pulsa dan paket data, serta gratis ongkir dan diskon saat berbelanja di marketplace Bukalapak dari Traktir Ongkir dan Nabung Diskon.

“Seiring dengan berjalannya waktu penyelenggaraan program kartu prakerja, jenis-jenis kelas pelatihan yang tersedia kian bervariasi. Hal ini tentunya agar dapat terus memenuhi kebutuhan peningkatan kapabilitas kerja para sobat kartu prakerja yang terus berkembang,” kata Head of Public Relations Bkalapak, Monica Chua dalam keterangan resmi, Jumat (15/7/2022).

Dengan banyaknya pilihan kelas, penerima kartu prakerja, terutama yang baru bergabung, mungkin merasa sedikit ragu dan bingung. Berikut sejumlah kelas pelatihan kartu prakerja di Bukalapak yang bisa jadi pilihan:

1. Memulai dan Membangun Bisnis UMKM sebagai Pengusaha dari Skill Academy by Ruangguru

2. Menjadi Pengusaha Supplier Ikan dengan Menguasai Teknik Budidaya Bioflok dari Rumah Siap Kerja

3. Belajar Menjadi Pengusaha Industri Pakaian dari Luar Sekolah

4. Memasak dan Menyajikan Makanan Berbahan Ayam Bagi Juru Masak dari Baking World

5. Belajar Membuat Laporan Kerja Menggunakan Microsoft Excel dan Google Sheets untuk Menjadi Operator Entri Data (Webinar) dari Hacktiv8

“Melalui lima kelas itu, sobat kartu prakerja dapat mempelajari ilmu administratif hingga trik-trik membangun bisnis atau usaha di bidang yang sedang diminati oleh masyarakat umum,” ujar Monica.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jadi Mitra Kartu Prakerja, Bukalapak Hadir di Temu Raya Alumni Prakerja

 Sebelumnya, PT Bukalapak.com (BUKA) berpartisipasi dalam kegiatan Temu Raya #KitaPrakerja yang diadakan di Sentul International Convention Center, 17 Juni 2022. Kehadiran Bukalapak yakni sebagai salah satu mitra platform digital Kartu Prakerja.

"Peran Bukalapak pada program Kartu Prakerja tidak hanya mempertegas komitmen Bukalapak untuk terus mendukung program pemerintah, tetapi juga untuk membantu masyarakat yang mengalami dampak ekonomi, termasuk saat pandemi Covid-19," ujar Head of Public Relations Bukalapak, Monica Chua dalam keterangan resmi, Rabu, 22 Juni 2022.

Para peserta Kartu Prakerja di Bukalapak dapat memilih lebih dari 100 kelas pelatihan baru sesuai dengan minat dan kebutuhan. Peserta Kartu Prakerja yang melakukan pembelian kelas pelatihan di Bukalapak berkesempatan untuk mengikuti kompetisi dengan beragam hadiah pulsa dan paket data.

Selain itu, ada gratis ongkos kirim (ongkir) dan diskon saat berbelanja di marketplace Bukalapak dari Traktir Ongkir dan Nabung Diskon. Monica menerangkan, Temu Raya menjadi ajang kumpul penerima manfaat Kartu Prakerja berskala nasional.

 

 

 

3 dari 5 halaman

Program Kartu Prakerja

Sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bertemu alumni Kartu Prakerja. Sebanyak 8.000 penerima manfaat dari berbagai provinsi di Indonesia hadir untuk bertemu dan berbincang bersama Presiden Joko Widodo, mengikuti mini job fair dan menikmati live music. Terdapat juga ribuan alumni dan peserta Kartu Prakerja yang bergabung secara virtual dari seluruh Indonesia.

"Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Program Kartu Prakerja terbukti bermanfaat kepada masyarakat sampai pelosok. Apalagi tidak ada dana insentif yang melewati pihak lain, tapi dana langsung dari Kementerian Keuangan ke penerima manfaat," ujar Monica.

Dalam dua tahun pelaksanaannya, program Kartu Prakerja telah mencapai gelombang ke-33, dengan lebih dari 12,8 juta penerima manfaat yang tersebar di 514 kabupaten/kota se-Indonesia.

4 dari 5 halaman

Bukalapak Meriahkan JaKreatifest 2022

Sebelumnya, sebagai upaya dalam pemulihan ekonomi nasional setelah pandemi COVID-19, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta bekerjasama dengan PT Bukalapak.com (BUKA) dalam kegiatan kolaborasi Jakarta Kreatif Festival.

Acara tersebut dimaksudkan untuk mendorong UMKM go digital. Presiden Bukalapak, Teddy Oetomo menerangkan, sejak didirikan pada 2010, Bukalapak memiliki misi untuk dapat memberdayakan UMKM dengan inovasi dan teknologi. Sehingga perseroan cukup antusias untuk terlibat dalam gelaran Jakarta Kreatif Festival.

"Kami mendukung penuh kegiatan Jakarta Kreatif Festival. Di mana kami juga turut serta dalam memberikan pelatihan peningkatan kapasitas UMKM dan fasilitas pemasaran bagi para UMKM di DKI Jakarta yang ingin naik kelas dengan teknologi," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (7/6/2022).

Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) akan berlangsung selama Juni 2022 dengan menyajikan berbagai rangkaian kegiatan seperti webinar, festival dan juga pameran offline. JaKreatiFest diharapkan dapat membantu mendorong pertumbuhan ekonomi yang positif bagi DKI Jakarta.

 

5 dari 5 halaman

Perluas Akses Pembiayaan

Kegiatan JaKreatiFest diharapkan juga meningkatkan akses pembiayaan melalui kolaborasi BI dengan OJK, memperluas akses pasar UMKM baik melalui digitalisasi maupun UMKM go export, mengembangjan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, serta mendorong pertumbuhan sektor perdagangan Jakarta yang sangat potensial. Jumlah UMKM yang tergabung dalam pameran offline JaKreatiFest sebanyak 38 UMKM.

Rinciannya, sektor fashion 11 UMKM, kuliner 7 UMKM, kerajinan 11 UMKM, dan kopi 9 UMKM. JaKreatiFest terdiri dari rangkaian pre-event, main event dan post even.

Salah satu rangkaian kegiatan pre event pada Juni 2022 yang telah dilaksanakan yaitu webinar Perlindungan Konsumen pada Transaksi Keuangan dalam Mendukung Keuangan Inklusif pada 2 Juni lalu.

Setelah itu, dilanjutkan dengan Pesta Wastra pada 10—16 Juni 2022 di Kawasan SCBD. Kegiatan tin melibatkan pengrajin Wastra se-Indonesia dengan harga terjangkau.

"Total omzet kegiatan ditargetkan mencapai Rp 5,1 miliar selama   JaKreatiFest dan Pesta Wastra 2022,” ungkap Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta, Onny Widjanarko.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.