Sukses

NFC Indonesia Bidik Pendapatan Rp 11 Triliun hingga Akhir 2022

PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) optimistis mencapai target 2022 dengan melihat kinerja kuartal I 2022.

Liputan6.com, Jakarta - PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) membidik kenaikan pendapatan hingga Rp 11 triliun pada 2022. Group Head Corporate Finance NFC Indonesia, Stanley Tjiandra mengatakan, besaran itu naik sekitar 24 persen dibandingkan tahun lalu Rp 8,9 triliun.

"Target pendapatan 2022 sekitar Rp 11 triliun, atau tumbuh kurang lebih 24 persen dibandingkan 2021," kata Stanley dalam paparan publik perseroan, Rabu (13/7/2022).

Perseroan optimistis dapat mencapai target itu, berkaca pada kinerja kuartal I 2022 yang tumbuh positif. Pada periode itu, pendapatan perseroan naik 24 persen menjadi Rp 2,63 triliun dibanding kuartal I 2021 sebesar Rp 2,13 triliun.

Dari raihan itu, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk naik 29 persen menjadi Rp 27,6 miliar dari Rp 21,3 miliar pada kuartal I 2021.

Pada 2022, perseroan menyiapkan belanja modal (capital/ expenditure/capex) sekitar Rp 200 miliar yang didanai kas internal perseroan. Sayangnya perseroan tak merinci lebih lanjut alokasi belanja modal tersebut.

"Capex 2022 kita anggarkan kurang lebih sekitar Rp 200 miliar yang sumbernya masih dari pendanaan internal karena kita punya kas masih sangat baik. Sekitar sepertiganya sudah realisasikan sampai dengan Kuartal pertama 2022,” imbuh dia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Hasil RUPS

PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) baru saja menyelesaikan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Rabu, (13/7/2022).. Dalam rapat tersebut, pemegang saham menyetujui perubahan manajemen dengan pengangkatan direksi dan komisaris baru

“Berdasarlan rapat umum pemegang saham hari ini, kita ada direksi baru yaitu Didiek Meiko selaku Direktur. Beliau mempunyai pengalaman 23 tahun di bidang FMCG dan industri,” kata Group Head of Investor Relations NFC Indonesia, Zefanya dalam paparan publik perseroan, Rabu (13/7/2022).

Didiek sendiri saat ini tercatat sebagai Chief Executive Officer (CEO) PYT DMMD Distribution Pentabua sejak 2021. Rapat juga menyetujui pengangkatan Budiasto Kusuma selaku Komisaris Perseroan. Budiasto saat ini juga tercatat sebagai Chief Executive Officer di PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) sejak 2017 hingga kini.

Dengan demikian, susunan manajemen perseroan saat ini posisi Direktur Utama diisi oleh Abraham Thefilus. Kemudian ada dua Direktur lagi yaitu Ivan Ekancono dan Didik Meiko.

Untuk komposisi komisaris juga terdiri dari tiga orang. Antara lain Komisaris Utama diisi oleh Suryandy Jahja. Lalu Komisaris Independen dijabat oleh Siska Pratiwi, serta Budiasto Kusuma yang baru saja ditunjuk sebagai komisaris.

3 dari 6 halaman

Anak Usaha NFC Indonesia Gandeng Euronet Hadirkan Voucher Prabayar Netflix di Alfamart

Sebelumnya, PT Abdi Anugerah Persada (AAP), anak usaha PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) – MCAS Group bekerja sama dengan Euronet, anak usaha Euronet Worldwide, Inc. (NASDAQ: EEFT)  dalam distribusi voucher Netflix pertama di Indonesia melalui gerai Alfamart, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT).

Melalui kerja sama ini, konsumen dapat membeli voucher Netflix prabayar melalui Alfamart terdekat  menggunakan tanda terima cetak, membuat pembelian dan penukaran konten Netflix jauh lebih mudah diakses.

Kemudian,  didukung dengan jaringan Euronet yang luas dalam memberikan konektivitas ekosistem kelas dunia, serta kekuatan brand partnership yang kuat bersama AAP sebagai mitra lokal. Netflix merupakan layanan streaming populer berbasis langganan yang memungkinkan  pelanggan menonton acara TV dan film tanpa iklan di perangkat yang terhubung ke Internet. 

Menurut  laporan Statista, Netflix telah memiliki 213,56 juta orang pelanggan di seluruh dunia pada kuartal III  2021. Jumlah ini naik 9,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year-on-year) sebesar 195,15 juta orang pelanggan, dengan sebanyak 30,05 juta pelanggan di wilayah Asia Pasifik. 

 

4 dari 6 halaman

Selanjutnya

Pelanggan Netflix  dilaporkan melonjak signifikan khususnya selama pandemi COVID-19, mengingat diberlakukannya  pembatasan sosial yang menyebabkan masyarakat banyak menghabiskan waktunya di rumah dan  menonton video streaming. 

Voucher Netflix yang tersedia di Alfamart terdiri dari 4 jenis voucher seharga Rp54.000, Rp120.000,  Rp153.000, dan Rp186.000. Berdasarkan survei Media Partners Asia (KKP), pelanggan Netflix di  Indonesia per Januari 2021 hanya berjumlah 850.000. 

Sementara itu, metode pembayaran baru menggunakan  voucher digital ini tentu akan menjadi potensi besar bagi pertumbuhan pelanggan Netflix di Indonesia. 

Metode pembayaran ini juga ditargetkan untuk menjangkau 51 persen penduduk Indonesia yang berada  dalam kategori unbanked pada 2021 berdasarkan Statista. Artinya, kini pelanggan Netflix yang  tidak memiliki akses ke pembayaran online atau kredit/debit dapat menggunakan voucher Netflix  sebagai pembayaran berlangganan yang mudah.  

5 dari 6 halaman

Kolaborasi

Pelanggan datang ke gerai Alfamart dan meminta voucher prabayar Netflix di kasir. Setelah melakukan  pembayaran, kode voucher Netflix akan muncul pada struk tanda terima pembelian yang tercetak.  Pelanggan kemudian dapat menukarkannya (redeem) di Netflix.com dan menikmati berbagai konten  Netflix.  

"Kerja sama dengan Netflix tentu saja  menghasilkan produk digital yang menarik dan terkini bagi pelanggan kami. Dengan metode print on  receipt, pelanggan dapat melakukan pembelian berbagai jenis voucher Netflix di Alfamart dan  melakukan redemption pada akun Netflix nya dengan mudah, cepat, dan nyaman,” kata Direktur Marketing Alfamart, Ryan Alfons Kaloh dalam keterangan resminya Senin (4/7/2022).

Dia menambahkan, Alfamart memiliki  lebih dari 17.000 gerai di seluruh Indonesia, dengan profil pelanggan yang sebagian besar masih  menggunakan pembayaran tunai. Hal ini akan menjadi touchpoint yang sangat kuat bagi Netflix untuk  menjangkau segmen pelanggan baru.

6 dari 6 halaman

Selanjutnya

Voucher Netflix didistribusikan di Indonesia melalui kemitraan strategis antara Euronet Worldwide  dan AAP. AAP merupakan aggregator produk digital dan telah bekerja sama dengan Alfamart dalam  mendistribusikan beragam variasi produk digital di Indonesia.

Euronet Worldwide merupakan perusahaan teknologi global yang menggabungkan dan mendistribusikan konten global termasuk  Netflix, Sony Playstation, Microsoft Xbox, dan banyak lainnya. 

Lalu, dengan fokus terkini di Asia Pasifik, khususnya Indonesia, Euronet merilis voucher prabayar Netflix ke  pasar Indonesia melalui Alfamart. Ini merupakan inisiatif baru untuk metode pembayaran  berlangganan Netflix berupa voucher pertama di Indonesia.  

"Kami bangga menjadi mitra Euronet  untuk melakukan pendistribusian produk voucher Netflix pertama di Indonesia melalui Alfamart.  Dengan platform aggregator produk digital yang kami kembangkan dan jaringan Alfamart yang kuat,  kami berkomitmen membawa produk voucher Netflix lebih dekat bagi masyarakat Indonesia,” ujar Direktur Utama NFCX, Abraham Theofilus.

Sedangkan, Direktur Utama PT Euronet Technologies Indonesia, Melissiana K menuturkan, melihat  pertumbuhan signifikan pelanggan Netflix, khususnya di Indonesia, pihaknya berinisiatif untuk  meluncurkan metode pembayaran langganan Netflix dalam bentuk voucher. 

“Dengan pendistribusian  voucher Netflix di gerai Alfamart yang tersebar di seluruh Indonesia, kami berharap dapat  memberikan kemudahan dan kenyaman bagi masyarakat Indonesia untuk berlangganan Netflix,” ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.