Begini Perkembangan Kolaborasi Bukalapak dan AlloFresh

Oleh Pipit Ika Ramadhani pada 29 Jun 2022, 23:23 WIB
Diperbarui 29 Jun 2022, 23:23 WIB
Ilustrasi allofresh (Dok: Bukalapak)
Perbesar
Ilustrasi allofresh (Dok: Bukalapak)

Liputan6.com, Jakarta - PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) bekerja sama dengan PT Bank Allo Tbk (BBHI) atau AlloBank untuk menyediakan layanan keuangan digital.

Direktur PT Bukalapak.com, Tbk, Teddy Oetomo mengatakan, saat ini perseroan tengah melakukan integrasi agar layanan Allo Bank dapat menjangkau seluruh ekosistem Bukalapak.

"Saat ini kita dalam proses integrasi supaya dapat ditawarkan secara menyeluruh kepada seluruh konsumen dan pengguna baik di Bukalapak maupun Mitra Bukalapak," kata Teddy dalam paparan publik Bukalapak, Rabu (29/6/2022).

Di segmen grocery, Bukalapak memperkuat penawarannya untuk Mitra dan pelanggan melalui AlloFresh. Kerjasama ini memperkuat kehadiran Bukalapak secara offline untuk memperluas touch points sekaligus menawarkan variasi produk yang lebih beragam.

AlloFresh merupakan buah kerja sama dengan Trans Retail Indonesia, yang masih satu grup dengan Allo Bank, dan didukung Growtheum Capital Partners. AlloFresh menawarkan lebih dari 150.000 SKU dari sekitar 10.000 pemasok dengan pengiriman cepat dalam waktu 3 jam serta layanan quick commerce dengan opsi pengiriman 30 menit di seluruh Indonesia.

"Allo Fresh saat ini sudah terkoneksi untuk jaringan di sekitar Jakarta. Kita akan terus melakukan konektivitas tersebut untuk mencakup seluruh dari 128 store yang dimiliki oleh Trans retail,” kata Teddy.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Diharapkan Jangkauan Luas

PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) umumkan kinerja keuangan untuk kuartal IV yang berakhir Desember 2021 (Dok:Bukalapak)
Perbesar
PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) umumkan kinerja keuangan untuk kuartal IV yang berakhir Desember 2021 (Dok:Bukalapak)

Ke depan, diharapkan AlloFresh dapat melebarkan sayapnya ke wilayah yang lebih luas lagi, sehingga dapat menjangkau lebih banyak Mitra Bukalapak. Menurut Teddy, aksesibilitas Mitra Bukalapak terhadap produk AlloFresh, dibarengi pengiriman yang cepat, akan mendongkrak pendapatan Mitra Bukalapak.

"Semakin cepat pengiriman tersebut maka para mitra tidak harus menggelontorkan modal kerja yang besar untuk mendapatkan inventory yang banyak. Karena mereka dapat memesan menjadi lebih sering dan mendapatkan pertukaran dari bisnis mereka yang lebih tinggi,” kata dia.

Dalam paparannya, Teddy menyampaikan hingga kuartal I 2022, Bukalapak telah mendukung lebih dari 13,1 juta UMKM dan 6,8 juta pelapak online.

Perseroan juga telah memperluas jangkauan kepada Mitra, pelapak online, dan pelanggan dengan menyediakan solusi terbaik melalui fokusnya pada pengembangan specialized platforms atau platform-platform yang diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan tertentu, yaitu marketplace, online-to-offline (o2o), solusi pelapak, serta platform keuangan.


Investasi Bukalapak di AlloFresh

Ilustrasi Bukalapak (Dok: Bukalapak)
Perbesar
Ilustrasi Bukalapak (Dok: Bukalapak)

Sebelumnya, PT Bukalapak.com atau Bukalapak (BUKA) dengan PT Trans Retail Indonesia dan Berani Investment Pte. Ltd (BIP) telah membentuk perusahaan usaha patungan (joint venture). Entitas hasil penggabungan tersebut bernama PT Allo Fresh Indonesia atau AlloFresh.

Corporate Secretary PT Buklapak.com Tbk, Perdana A Saputro menyampaikan, nilai investasi yang dilakukan oleh Perseroan sebesar Rp 777,78 miliar.

"Dana setoran modal yang dipergunakan oleh Perseroan untuk melakukan investasi pada PT Allo Fresh Indonesia adalah berasal dari kas internal yang tersedia di perseroan,” ujar Perdana dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Kamis (3/3/2022).

PT Allo Fresh Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha perdagangan kebutuhan sehari-hari secara daring melalui platform AlloFresh. Platform itu resmi diluncurkan Rabu, 2 Maret 2022, dan dapat diunduh baik untuk pengguna IOS maupun Android.

 

 


Kolaborasi

Bukalapak
Perbesar
Bukalapak akhirnya melantai dengan kode BUKA di BEI. (Ist.)

Perseroan memiliki 35 persen atau 77.531.126 lembar saham AlloFresh senilai Rp 77,53 miliar. Selanjutnya Trans Retail Indonesia sebanyak 121.834.627 lembar senilai Rp 121,83 miliar atau 55 persen. Serta sisanya 20 persen atau 22.151.750 lembar senilai Rp 22,15 miliar dimiliki oleh BIP.

Trans Retail yang memiliki rangkaian produk yang luas dan hubungan lebih dari 25 tahun dengan pemasok dan produsen produk makanan dan rumah tangga paling populer di Indonesia.

Bukalapak menilai hal itu akan menciptakan kerja sama yang baik dan menguntungkan saat dikombinasikan dengan kekuatan teknologi Perseroan. Pelanggan AlloFresh dapat dengan mudah melakukan pemesanan baik melalui aplikasi/website online maupun melalui fitur “Click & Go” di toko-toko TRANSMart di seluruh Indonesia.

"Kolaborasi ini juga akan semakin meningkatkan kepemimpinan Perseroan di platform online to offline (O2O) dan memperluas titik kontak bagi pelanggan yang lebih luas,” kata Perdana.

Inisiatif ini juga akan memperlebar jangkauan Perseroan ke ekosistem ritel sebagai bagian dari ekspansi perusahaan dari platform umum ke platform khusus (specialty platform).

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya