Sukses

Total Emisi Obligasi dan Sukuk Tembus Rp 69,20 Triliun

Dengan pencatatan tersebut maka total emisi Obligasi dan Sukuk yang tercatat di BEI berjumlah 498 emisi

Liputan6.com, Jakarta Bursa Efek Indonesia (BEI) melaporkan jika total emisi obligasi dan sukuk yang sudah tercatat sepanjang tahun 2022 adalah 53 Emisi dari 41 Emiten senilai Rp 69,20 triliun.

Dengan pencatatan tersebut maka total emisi Obligasi dan Sukuk yang tercatat di BEI berjumlah 498 emisi dengan nilai nominal outstanding sebesar Rp 456 triliun dan USD 47,5 juta, diterbitkan oleh 122 Emiten.

Sementara Surat Berharga Negara (SBN) tercatat di BEI berjumlah 150 seri dengan nilai nominal Rp 4.816,65 triliun dan USD 205,99 juta.

"EBA sebanyak 10 emisi senilai Rp 4,31 triliun," mengutip keterangan BEI di Jakarta, Sabtu (25/6/2022).

Di sisi lain, tren suku bunga acuan yang meningkat akan dongkrak imbal hasil obligasi. Hal itu dapat menjadi katalis positif untuk investasi di obligasi.

Head of Research and Market Information Department PT Penilai Harga Efek Indonesia (PHEI), Roby Rushandie menuturkan,  kondisi itu mendorong potensi keuntungan bagi investor untuk masuk ke pasar.

"Sebenarnya, bagi investor, bisa dibilang ini ada potensi gain (keuntungan) buat investor baru untuk masuk ke pasar, karena dengan tren suku bunga meningkat maka tren imbal hasil nya meningkat, maka returnnya lebih yang bisa diperoleh investor lebih tinggi," kata Roby dalam Edukasi Wartawan terkait Proyeksi Obligasi pada Semester II Tahun 2022 secara virtual ditulis Kamis (23/6/2022).

Dia menambahkan, sebenarnya kalau kondisi tren suku bunga turun justru bisa dimaknai dengan potensi return yang dihasilkan itu rendah.

"Kalau di pasar saham mungkin terdampak dari kenaikan suku bunga tadi apakah akan mendorong terjadinya resesi, karena kalau di pasar saham lebih ke sektor riil, suku bunga naik sektor rill turun. Umumnya ketika kondisi ini memang investor beralih ke investasi yang lebih rendah risiko kalau terjadi ekspektasi resesi,” kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Potensi Resesi AS

Ia juga menyampaikan mengenai, potensi resesi di Amerika Serikat menjadi hal positif bagi pasar obligasi karena  secara risiko lebih rendah memberikan pendapatan yang stabil, dibandingkan instrumen yang lebih tinggi risikonya.

"Jadi, sikap investor tentunya tetap perlu dilihat sebagai  portofolio, tidak hanya di bonds (obligasi), kalau di saham apakah saham sektor mana yang memiliki peluang potensi yang baik kalau dilihat dari sektornya,” ujar Roby.

Sedangkan, di kondisi saat ini bisa dilihat yang jangka pendek, seperti tren kenaikan harga komoditas atau harga energi menjadi sentimen yang bagus bagi emiten di sektor komoditas atau energi. Namun, yang jadi pertanyaan apakah hal itu jangka pendek, karena ada perputaran.

"Inflasi yang tinggi itu ke sektor ritel, ini menandakan belanja masyarakat mulai pulih. Ini sentimen bagus untuk sektor ritel dan tourisme, food and beverages dan lain-lain,” ujar dia.

Selain itu, Roby menambahkan, obligasi merupakan bagian dari portofolio investasi yang dapat menjadi alternatif investasi. Dengan demikian, investor tidak hanya investasi di satu keranjang saja.

"Bonds (obligasi) ini sebagai menjaga cash flow ketika saham turun, ketopang cash in flow dari bonds (obligasi), lebih ke jangka pendek, lebih ke perspektif investasi portofolio,” ungkapnya.

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

Potensi Penggalangan Dana dari Pasar Modal Masih Ramai

Sebelumnya, sejalan dengan pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19, penggalangan dana di pasar modal, baik melalui penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) maupun right issue, diperkirakan masih ramai.

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat total potensi penghimpunan dana dari pasar modal mencapai Rp 84,2 triliun. Penghimpunan dana itu dari penawaran saham perdana (IPO), rights issue dan penerbitan surat utang.

Sebelumnya, BEI kantongi 43 perusahaan dalam proses IPO dengan perkiraan total dana yang dihimpun Rp 14,1 triliun. Kemudian terdapat 33 perusahaan yang akan melakukan aksi korporasi itu hingga 3 Juni 2022. Perkiraan dana yang akan dihimpun dari rights issue mencapai Rp 25,2 triliun.

Selanjutnya pada pipeline pencatatan efek bersifat utang dan sukuk terdapat 36 emisi yang akan diterbitkan oleh 30 perusahaan dengan perkiraan total dana yang akan dihimpun Rp 44,9 triliun

Kepala Riset Praus Capital Marolop Alfred Nainggolan menilai baik dari sisi emiten, selaku pihak yang membutuhkan dana, maupun investor selaku penyedia dana, akan mengacu pada seberapa besar pertumbuhan ekonomi pada paruh kedua tahun ini.

"Karena dengan kondisi pertumbuhan ekonomi yang terus berlanjut, emiten akan berani ekspansi sehingga akan mencari pendanaan di pasar modal. Sementara dari sisi investor dengan kondisi ekonomi yang baik maka dana yang mereka berikan baik melalui penawaran saham maupun obligasi bisa digunakan oleh emiten secara produktif. Sehingga investasi investor berjalan dengan baik,” ujar Alfred kepada Liputan6.com, Rabu, 8 Juni 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.