Simak Cara Investasi di SimInvest

Oleh Elga Nurmutia pada 24 Jun 2022, 21:33 WIB
Diperbarui 24 Jun 2022, 21:33 WIB
PT Sinarmas Sekuritas meluncurkan aplikasi investasi SimInvest.
Perbesar
PT Sinarmas Sekuritas meluncurkan aplikasi investasi SimInvest.

Liputan6.com, Jakarta - Investasi di pasar modal termasuk saham menjadi alternatif investasi bagi masyarakat. Hal ini ditunjukkan dari jumlah investor pasar modal yang meningkat.

Berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jumlah investor pasar modal mencapai 8,85 juta hingga Mei 2022 dari 2021 sebesar 7,48 juta. Head of Strategic Business Development Sinarmas Sekuritas, Eyfrel Likuajang mengatakan, kehidupan sehari-hari tidak terlepas dari saham

"Hidup kita sehari-hari tidak terlepas dari saham," ujar dia dalam acara SimInvestival Goes to Campus pada Jumat (24/6/2022).

Dia menuturkan, Sinarmas Sekuritas memberikan akses untuk memulai berinvestasi di saham melalui aplikasi mobile SimInvest dan SimInvest desktop. Lalu, untuk aplikasi mobile bisa diunduh melalui Play Store dan App Store.

"(Aplikasi mobile) untuk para pemula dan desktop ini biasanya digunakan para trader yang Pro,” kata dia. 

Sinarmas Sekuritas juga memiliki komitmen yang sangat kuat sebagai bagian dari konglomerat terbesar di Indonesia yang sudah melayani masyarakat Indonesia dalam investasi dan keuangan lebih dari 30 tahun. 

"Telah ada 160 ribu investor di Sinarmas Sekuritas dengan nilai transaksi tahun lalu 2021 sebanyak 122 triliun dan kami didukung oleh Sinar Mas Group," kata Eyfrel.

Tak hanya itu, Eyfrel juga menjelaskan cara memulai investasi melalui SimInvest sebagai berikut:

 · Download dan login ke SimInvest

· Buka Akun investor (isi form online)

· Dibuatkan SID dan Sub Rek di KSEI

· Dibuatkan Rekening Dana Nasabah (RDN) di Bank Sinarmas

· Top Up RDN dan mulai coba saham di SimInvest

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kampanye SIMInvest

FOTO: PPKM Diperpanjang, IHSG Melemah Pada Sesi Pertama
Perbesar
Karyawan mengambil gambar layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (22/1/2021). Sebanyak 111 saham menguat, 372 tertekan, dan 124 lainnya flat. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Adapun campaign SimInvest yang bernama 4D, yakni Diajarin, Dimodalin, Digratisin dan Dibonusin. Berikut ini merupakan isi dari campaign 4D SimInvest:

1. Diajarin investasi pakai cara seru dan menyenangkan dan yang tidak tahu sama sekali sampai menjadi jago investasi. Semuanya gratis ditambah diberikan hadiah total miliaran rupiah dengan grand prize 1 unit apartemen Sinarmas Land di BSD, Tangerang.

2.Dikasih tambahan modal investasi Rp 100 ribu untuk nasabah baru yang melakukan transaksi pertama nya di SimInvest. Modal investasi ini ditransfer ke Rekening Dana Investor di Bank Sinarmas.

3.Digratisin saham asli di Bursa Efek Indonesia (bukan saham virtual) kalau mengajak temak untuk investasi di SimInvest. Semakin banyak teman yang diajak berinvestasi, semakin banyak saham gratis yang didapatkan.

4.Dibonusin StarPoin setiap kali transaksi di SImInvest di mana StarPoin ini dapat digunakan untuk pembelian merchant-merchant seperti, Tokopedia, ACE Hardware, Gojek dan lain-lain. Bahkan, bisa ditukarkan jadi saldo RDN untuk tambah beli saham.


Manfaat Investasi

IHSG Awal Pekan Ditutup di Zona Hijau
Perbesar
Pejalan kaki melintas dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di kawasan Jakarta, Senin (13/1/2020). IHSG sore ini ditutup di zona hijau pada level 6.296 naik 21,62 poin atau 0,34 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, Mahasiswi Universitas Kristen Maranatha, Sekar Perbayun menjelaskan, tentang keuntungan berinvestasi, yakni potensi pengembalian jangka panjang, memberikan penghasilan tetap, menyesuaikan dengan kebutuhan yang berubah-ubah.

Bahkan, Sekar juga memberikan tips bagi yang baru memulai investasi. Salah satunya adalah jangan terburu-buru ingin memiliki keuntungan yang besar, yang penting mengetahui cara untuk menghindari risiko investasi tersebut.

"Bagi orang-orang yang baru memulai investasi ada satu tips, jangan terburu-buru untuk pengen dapet keuntungan yang besar, yang penting kalian tahu dulu cara menghindari risiko,” ungkap Sekar.


Lo Kheng Hong Sebut Syarat Jadi Investor Hanya Satu, Apa Itu?

FOTO: IHSG Akhir Tahun Ditutup Melemah
Perbesar
Pengunjung melintasi papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (30/12/2020). Pada penutupan akhir tahun, IHSG ditutup melemah 0,95 persen ke level 5.979,07. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, investor yang dikenal sebagai Warren Buffet Indonesia, Lo Kheng Hong mengatakan, syarat menjadi investor saham itu hanya satu. Investor mesti baca laporan keuangan.

"Mau jadi investor saham? Syaratnya cuma satu, baca laporan keuangan jadi kita tahu apa yang kita beli,” kata Lo Kheng Hong dalam acara SimInvestival Goes to Campus pada Jumat (24/6/2022).

Lo Kheng Hong menuturkan, cara menjadi kaya itu mudah dengan investasi pada waktu yang kurang baik dan menjualnya pada waktu yang baik.

"Mau jadi kaya mudah, kalau in bad time semua murah, kita beli invest. Nanti suatu hari dia pindah good time, semua mahal naik, kita jual naik, kita jadi orang kaya. Jadi orang yang as simple as that, semudah seperti itu," katanya.

Tak hanya itu, dia juga menyebutkan, investor saham yang tidur sekalipun bisa menghasilkan keuntungan yang besar jika memiliki saham perusahaan hebat.

"Ketika kita sudah memiliki saham perusahaan yang hebat, yang terbaik adalah tidur. Investor saham yang tidur, bukan saja akan mendapatkan cuan yang besar, tidur juga bisa meningkatkan imunitas, sehingga bisa terhindar dari COVID-19,” kata dia.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya