Ratusan Anak Muda Bandung Antusias Belajar Investasi dari Warren Buffett Indonesia Lo Kheng Hong

Oleh Elga Nurmutia pada 24 Jun 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 24 Jun 2022, 18:00 WIB
PT Sinarmas Sekuritas meluncurkan aplikasi investasi SimInvest.
Perbesar
PT Sinarmas Sekuritas meluncurkan aplikasi investasi SimInvest.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan anak muda mendatangi Auditorium Universitas Maranatha untuk belajar keuangan dan investasi dari Warren Buffett Indonesia. Para anak muda ini merupakan profil Milenial dan Gen Z asal Bandung, Jawa Barat. 

Mereka menunjukkan antusiasme dalam mengikuti gelaran acara SimInvestival Goes to Campus dengan judul Investasi Terarah, Masa Depan Cerah.

Direktur Sinarmas Asset Management, Jamial Salim mengatakan, SimInvest berkomitmen mendukung Strategi Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia 2021-2025. 

"Tidak hanya literasi, sebagai investor ritel, SimInvest juga turut berpartisipasi dalam meningkatkan inklusi keuangan dan memperkuat pasar modal dalam menghadapi ketidakpastian perekonomian global, serta mendorong pendalaman pasar keuangan,” kata Jamial dalam keterangan resminya, Jumat (24/6/2022).

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia 2019 menyebutkan indeks literasi keuangan sebesar 38,03 persen dan indeks inklusi keuangan sebesar 76,19 persen yang menunjukkan masyarakat Indonesia secara umum belum memahami dengan baik karakteristik berbagai produk dan layanan jasa keuangan yang ditawarkan oleh lembaga jasa keuangan formal.

Tak hanya itu, kehadiran Lo Kheng Hong yang selalu menjadi buah bibir, baik di mata investor, trader, maupun emiten, paling ditunggu para peserta. Pengalaman Lo Kheng Hong berinvestasi dimulai sejak usia 30 tahun. Hingga saat ini, Lo Kheng Hong selalu menjadi rujukan para investor karena kesuksesannya berinvestasi di dunia pasar modal. 

Selain Lo Kheng Hong, narasumber lain juga hadir dalam acara ini, di antaranya Head of Strategic and Business Development Sinarmas Sekuritas, Eyfrel Likuajang dan Mahasiswa Bisnis Universitas Maranatha, Sekar Perbayun. Para narasumber ini juga ikut berbagi pemahaman dan pengalaman di dunia investasi. 

SimInvestival  secara rutin digelar untuk mengedukasi generasi muda Indonesia terkait keuangan dan investasi menuju masa depan finansial yang lebih baik. Hal ini sejalan dengan komitmen SimInvest, brand aplikasi investasi saham online dari Sinarmas Sekuritas, untuk memperkuat literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

Selain itu, di akhir acara, para peserta menikmati penampilan band terkenal Indonesia asal Bandung, Juicy Luicy, yang juga berpartisipasi dalam menyebarkan semangat yang sejalan dengan SimInvest. 

Acara tersebut berlangsung secara gratis dan terbuka untuk umum, baik online maupun offline ini,  digelar dengan protokol kesehatan yang ketat dan pembatasan kapasitas ruangan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ingin Belajar Investasi Saham hingga Mahir? Begini Caranya

Investor kawakan, Lo Kheng Hong hadir dalam acara makan malam Sinarmas Sekuritas dengan nasabahnya pada Selasa, 21 Desember 2021. (Foto: Sinarmas Sekuritas)
Perbesar
Investor kawakan, Lo Kheng Hong hadir dalam acara makan malam Sinarmas Sekuritas dengan nasabahnya pada Selasa, 21 Desember 2021. (Foto: Sinarmas Sekuritas)

Sebelumnya, memasuki tahun baru, kita sering membuat resolusi, harapan dan target. Akan tetapi, rasanya tidak lengkap jika pada 2022 belum memasukkan investasi sebagai daftar yang harus diwujudkan. Terutama dalam kondisi pandemi COVID-19, investasi penting dimiliki setiap kalangan. 

Terlebih harapan pemulihan ekonomi mulai nyata, sejalan dengan vaksinasi yang hampir merata di Indonesia, sehingga tak ada alasan untuk menunda investasi, berikut  memanfaatkan January Effect yang disebut sebagai bulan terbaik memulai investasi saham, karena nilainya yang biasa meningkat pada awal tahun.

Seperti dikemukakan investor kawakan, Lo Kheng Hong dalam acara dinner bersama nasabah SimInvest, aplikasi dari Sinarmas Sekuritas, bahwa salah satu keuntungan berinvestasi di bursa saham adalah kesempatan untuk mendapatkan keuntungan besar.

"Kesempatan orang memiliki sesuatu yang mahal, tapi membelinya dengan harga murah, itu hanya ada di bursa saham,” ujar Lo Kheng Hong dikutip dari keterangan tertulis Jumat (7/1/2022).

Untuk meraihnya, investor harus memiliki wawasan tentang ekonomi, mengenal situasi pasar modal, mengenal emiten dan memiliki strategi yang cocok ketika masuk ke pasar modal.

Belajar Berinvestasi

Ibarat bertempur tanpa senjata, sulit untuk bertahan hidup. Begitu juga investasi tanpa wawasan membuat investor rentan mengalami kegagalan.

"Kunci keberhasilan investor itu cuma satu, yaitu membaca. Membaca semua informasi yang berkaitan dengan ekonomi dan emiten tersebut,” ujar Lo Kheng Hong.


Belajar Melalui SimInvestLab

Pembukaan-Saham
Perbesar
Pengunjung tengah melintasi layar pergerakan saham di BEI, Jakarta, Senin (13/2). Pembukaan perdagangan bursa hari ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tercatat menguat 0,57% atau 30,45 poin ke level 5.402,44. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Salah satu platform yang membantu investor, baik pemula maupun kawakan belajar ekonomi serta seluk beluk saham adalah SimInvestLab.

Di sana, tersedia referensi sesuai dengan grade investor atau calon investor, guna membantu mereka mengambil keputusan keputusan investasi.

Bahkan selain dapat belajar langsung dari pakar pasar modal, mulai dari analis Sinarmas Sekuritas hingga tokoh yang sudah malang melintang di dunia investasi, penggunanya juga berkesempatan mendapatkan beragam hadiah menarik, jika mampu menyelesaikan kuis yang muncul di setiap level. Hadiah utama atau grand prize yang tersedia adalah unit apartemen di BSD City, Tangerang Selatan.

Sosok yang dijuluki Warren Buffett Indonesia ini, mengingatkan agar investasi dilakukan bukan karena rekomendasi teman atau orang lain, tapi karena sang investor telah melakukan analisis mendalam. Sehingga tidak timbul penyesalan di masa depan atas keputusan investasi yang telah dilakukan.

"Bila tidak belajar dan membaca serta sabar. Jangan harap bisa sukses menjadi investor,” kata Lo Kheng Hong.

Belum lama ini SimInvestLab baru saja melakukan pengundian untuk peserta level beginner dengan total ratusan hadiah seperti : Sepeda Polygon Strategos S5, Saldo Rekening Dana Nasabah (RDN), Voucher Belanja MAP, dan Reksa Dana Sinarmas Asset Management, Danamas Rupiah.

Kapan lagi berinvestasi sekaligus mendapatkan hadiah dengan nilai total miliaran Rupiah? Segera mulai belajar investasi di SimInvestLab.

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya