Sukses

Elon Musk Sebut Masih Ada Masalah yang Belum Terselesaikan dengan Tawaran Twitter

Liputan6.com, Doha - Elon Musk mengatakan masih ada beberapa masalah yang belum terselesaikan dengan tawaran Twitter nya termasuk jumlah pengguna spam di sistem dan porsi utang dari kesepakatan.

Melansir Channel News Asia, ditulis Rabu (22/6/2022), Elon Musk selaku orang terkaya di dunia menurut majalah Forbes, akan membeli Twitter seharga USD 44 miliar atau setara dengan Rp 651,7 triliun (asumsi kurs Rp 14.812 per dolar Amerika Serikat).

Dia berbicara dalam Forum Ekonomi Qatar yang diselenggarakan oleh Bloomberg. Sebelumnya, Twitter mengantisipasi pemungutan suara pemegang saham atas penjualan senilai USD 44 miliar atau setara Rp 640 triliun (asumsi kurs 14.546 per dolar Amerika Serikat)  kepada Elon Musk dapat dilakukan pada awal Agustus.

Seiring perseroan terus bekerja secara konstruktif untuk menyelesaikan kesepakatan dengan orang terkaya di dunia. Hal itu disampaikan eksekutif perusahaan media sosial kepada karyawan pada Rabu, 8 Juni 2022.

Melansir Channel News Asia, pengacara Elon Musk memperingatkan Twitter pada Senin, ia mungkin meninggalkan akuisisi jika perusahaan gagal memberikan data yang dicari di akun spam dan palsu. Twitter mengatakan, terus berbagi informasi dengan Musk.

Bagian dari data itu adalah "firehose," satu set yang terdiri dari semua tweet di platform yang dianalisis dengan parameter yang berbeda, seperti perangkat pengguna atau profil akun yang menerbitkan tweet, menurut orang yang mengetahui masalah tersebut.

Twitter menjual data ini ke perusahaan pemantau media sosial sebagai bagian dari bisnis lisensinya tetapi berencana untuk memberikannya kepada Musk secara gratis sebagai bagian dari pertukaran informasi, kata sumber tersebut.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Langkah Twitter

Firehose tidak mengandung informasi rahasia, seperti detail pribadi pengguna Twitter yang tidak bersifat publik atau seberapa sering mereka memverifikasi akun mereka, tambah sumber tersebut. Chief Executive Twitter Parag Agrawal bulan lalu membuat tweet dia tidak percaya perhitungan akun palsu dan spam dapat dilakukan di luar perusahaan, karena itu akan memerlukan informasi pribadi yang tidak dapat dibagikan oleh Twitter.

Tidak jelas berapa banyak informasi rahasia tentang basis penggunanya yang akan dibagikan Twitter dengan Musk. The Washington Post pertama kali melaporkan firehouse. Seorang juru bicara Musk tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Pengacara top Twitter Vijaya Gadde mengatakan pada pertemuan karyawan perusahaan mengantisipasi dapat mengadakan pemungutan suara pemegang saham pada kesepakatan Musk pada akhir Juli atau awal Agustus.

Selama pertemuan internal, top eksekutif perusahaan mengatakan Twitter sedang bekerja untuk meningkatkan pertahanannya terhadap akun palsu dan akun yang menyebarkan spam cryptocurrency.

 

3 dari 4 halaman

Elon Musk Isyaratkan Twitter Bakal Terintergasi dengan Pembayaran Kripto

Sebelumnya, CEO Spacex dan Tesla, Elon Musk yang mungkin menjadi pemilik baru Twitter Inc, mengadakan pertemuan pertama dengan karyawan Twitter pada Kamis pekan lalu. 

Pada pertemuan itu, Musk menjawab banyak pertanyaan tentang bagaimana dia berencana menjalankan perusahaan media sosial jika tawarannya untuk membeli Twitter berhasil. 

Namun, kesepakatan senilai USD 44 miliar atau sekitar Rp 652,2 triliun saat ini ditahan, dan Musk menuduh Twitter melakukan pelanggaran material terhadap perjanjian merger.

Selama pertemuan tersebut, Musk menyebutkan kripto beberapa kali, menurut transkrip pertemuan dan video bocor yang diposting oleh Project Veritas. Kepala pemasaran Twitter Leslie Berland, bertanya kepada Musk: "Bisakah Anda berbicara sedikit tentang Twitter dan pembayaran?".

Bos Tesla memulai dengan menyatakan "uang pada dasarnya adalah bentuk informasi," menambahkan, "itu pada dasarnya digital”. 

“Saya pikir masuk akal untuk mengintegrasikan pembayaran ke Twitter sehingga mudah untuk mengirim uang bolak-balik, dan mata uang fiat serta kripto pada dasarnya, apa pun yang menurut seseorang berguna,” ujar Musk dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (21/6/2022). 

“Jadi tujuan saya adalah memaksimalkan kegunaan layanan semakin bermanfaat, semakin baik. Jika seseorang dapat menggunakannya untuk melakukan pembayaran yang nyaman, itu adalah peningkatan kegunaan,” lanjut Musk.

4 dari 4 halaman

Penipuan Kripto dan Akun Spam

Berland juga bertanya kepada Musk tentang beberapa masalah yang dia lihat dengan Twitter. Menanggapi pertanyaan tersebut, Musk menjawab, [asti ada tantangan berkelanjutan dengan Twitter dengan akun bot dan akun spam. Ada cukup banyak penipuan kripto di Twitter.

"Sudah lebih baik, tapi masih ada sedikit dari itu. Ada juga orang yang belum tentu bot, tetapi mereka mungkin beroperasi. Anda tahu, satu orang mengoperasikan ratusan akun dan mencoba membuatnya terlihat seperti individu, tetapi sebenarnya tidak,” jelas Musk.

Musk sebelumnya mengatakan bot spam adalah satu-satunya masalah yang paling menjengkelkan di Twitter dan dia bersumpah untuk mengalahkannya "atau mati mencoba," jika upayanya untuk membeli platform media sosial itu berhasil.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.