Sukses

Tesla Lanjutkan Perekrutan Karyawan di China

Tesla memiliki 224 lowongan saat ini di China untuk manajer dan insinyur

Liputan6.com, Shanghai - Tesla sedang melanjutkan acara perekrutan online di China pada Kamis, 9 Juni 2022 dan menambahkan lowongan pekerjaan baru untuk negara itu.

Hal ini seminggu setelah Elon Musk mengancam pemutusan hubungan kerja (PHK) di pembuat mobil listrik dan mengatakan perusahaan itu kelebihan staf di beberapa daerah.

Melansir Channel News Asia, ditulis Sabtu (11/6/2022), Tesla berencana mengadakan acara secara online mulai dari pukul 7 malam waktu Shanghai dan akan merekrut staf untuk posisi manufaktur pintar, menurut sebuah unggahan online.

Tesla memiliki 224 lowongan saat ini di China untuk manajer dan insinyur di bawah kategori itu, menurut unggahan terpisah di akun WeChat-nya, 24 di antaranya baru diposting pada 9 Juni 2022.

Di antara posisi yang ditempatkan adalah manajer dan insinyur untuk mengawasi pengoperasian mesin die casting 6.000 ton yang dikenal sebagai Giga Press, salah satu yang terbesar di dunia.

Tesla secara teratur mengadakan acara perekrutan semacam itu secara online di China, dengan yang terbaru diadakan pada Mei untuk pekerja magang musim panas.

Sementara itu, pendapatan Tesla di China meningkat lebih dari dua kali lipat pada 2021 dari tahun lalu, berkontribusi pada seperempat dari total pendapatan pembuat mobil AS.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pabrik di Shanghai

Pabrik Shanghai, yang memproduksi Model 3 dan Model Y untuk penjualan dan ekspor domestik, memproduksi lebih dari setengah mobil yang dibuat tahun lalu dan Tesla juga berencana untuk memperluas pabrik.

Namun, produksi di pabrik itu sangat terpukul oleh lockdown COVID-19 selama dua bulan di Shanghai yang membuatnya berhenti bekerja selama 22 hari dan kemudian berjuang untuk kembali ke produksi penuh.

Sebelum ini, Tesla telah merencanakan untuk meningkatkan produksi di pabrik menjadi 22.000 mobil seminggu pada pertengahan Mei.

Elon Musk mengatakan dalam email yang dilihat oleh Reuters pekan lalu dia memiliki perasaan yang sangat buruk tentang ekonomi dan perlu memotong 10 persen staf yang digaji di pembuat mobil listrik.

Dalam email lain kepada karyawan pada Jumat, Musk mengatakan Tesla akan mengurangi jumlah pegawai yang digaji sebesar 10 persen, karena telah menjadi kelebihan staf di banyak bidang tetapi menambahkan bahwa jumlah pegawai per jam akan meningkat. Meski demikian, Musk belum berkomentar secara khusus tentang kepegawaian di China.

3 dari 5 halaman

Elon Musk Batal PHK Karyawan, tapi Gaji Bakal Datar

Sebelumnya, CEO Tesla Elon Musk  mengatakan, pada Sabtu, 4 Juni 2022,  total jumlah karyawan pembuat kendaraan listrik akan meningkat selama 12 bulan ke depan, tetapi jumlah staf yang digaji harus sedikit diubah. Hal ini berbeda dari email dua hari lalu mengatakan, pemutusan hubungan kerja (PHK) dari 10 persen yang dibutuhkan.

"Total jumlah karyawan akan meningkat, tetapi gaji harus cukup datar," tweet Elon Musk dalam balasan ke akun Twitter yang tidak diverifikasi yang membuat prediksi  jumlah karyawan Tesla akan meningkat selama 12 bulan ke depan.

Melansir Channel News Asia, Elon Musk dalam email kepada para eksekutif Tesla pada Kamis, yang dilihat oleh Reuters pada Jumat, mengatakan dia memiliki perasaan yang sangat buruk tentang ekonomi Amerika Serikat (AS) dan perlu pemutusan hubungan kerja (PHK) sekitar 10 persen.

 

4 dari 5 halaman

Saham Tesla Merosot

Dalam email lain kepada karyawan pada Jumat, Musk mengatakan, Tesla akan mengurangi jumlah pegawai yang digaji sebesar 10 persen, karena telah terjadi kelebihan staf di banyak bidang. Namun, jumlah pegawai per jam akan meningkat.

Seperti yang diketahui, saham Tesla merosot 9,2 persen pada Jumat di tengah berita tersebut. Menurut pengajuan peraturan Tesla AS, perusahaan dan anak perusahaannya memiliki hampir 100.000 karyawan pada akhir 2021.

Menjelang emailnya tentang tingkat kepegawaian, Musk pada Rabu dalam email kepada karyawan Tesla mengeluarkan ultimatum untuk kembali ke kantor minimal 40 jam seminggu. Kegagalan untuk melakukannya akan dianggap sebagai pengunduran diri, tulisnya.

Musk pada Kamis mengatakan hari AI Tesla telah didorong ke 30 September, dan mengatakan prototipe Optimus, robot humanoid yang merupakan prioritas perusahaan, bisa siap saat itu dan dapat diluncurkan tahun depan.

5 dari 5 halaman

Elon Musk Tak Izinkan Karyawan Tesla Kerja Jarak Jauh

Sebelumnya, CEO Tesla Elon Musk dikabarkan tidak mengizinkan karyawannya untuk bekerja dari rumah (Work From Home/WFH) atau kerja jarak jauh. Elon Musk disebut-sebut mengharuskan karyawan untuk bekerja dari kantor (Work From Office/WFO)

Hal ini seperti dilaporkan oleh Bloomberg dan Electrek, berdasarkan sebuah email (surel) yang kemungkinan dikirim ke staf eksekutif perusahaan. Di situ, terdapat subyek: "Pekerjaan jarak jauh tidak lagi diterima."

Dikutip dari The Verge, Kamis (2/6/2022), bos SpaceX itu menyebut, karyawan harus menghabiskan minimal 40 jam per minggu di kantor, atau "pergi dari Tesla." Musk mengatakan, kantor seharusnya menjadi "kantor utama Tesla" dan bukan "kantor cabang yang jauh."

Elon Musk juga sudah menanggapi tangkapan layar email yang bocor tersebut yang diunggah oleh seorang warganet di Twitter.

Melalui cuitannya, Musk tidak menyebut tentang keasliannya. Selain itu menurutnya, siapa pun yang tidak setuju dengan kebijakan untuk bekerja di kantor harus berpura-pura untuk kerja di tempat lain.

"Mereka harus berpura-pura kerja di tempat lain," katanya melalui akun Twitternya.

Melalui email tersebut, Elon Musk menambahkan, dirinya akan mempertimbangkan permintaan untuk kerja jarak jauh dalam beberapa situasi, yang kemungkinan bersifat "luar biasa" untuk disetujui.

"Jika ada kontributor luar biasa yang tidak memungkinkan, saya akan meninjau dan menyetujui pengecualian itu secara langsung," tulis Elon Musk.

Selain itu, Musk juga mengklaim bahwa WFO 40 jam secara langsung, "tidak lebih dari yang kami minta pada pekerja pabrik."

Dalam surel lanjutan yang dilihat oleh Electrek, Musk juga mengatakan, para pekerja senior adalah alasan di balik kelangsungan hidup perusahaan. "Semakin senior Anda, semakin terlihat kehadiran Anda," ujarnya.

Dalam surel tersebut, Elon Musk juga mengatakan: "Jika Anda tidak muncul, kami akan menganggap Anda telah mengundurkan diri."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.